Kekurangan Ban Tahu Untuk Harian

3 Kekurangan Ban Tahu Untuk Harian

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Jenis ban pada sepeda motor ada cukup banyak. Salah satunya adalah block pattern atau yang biasa kita kenal dengan ban pacul. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas 3 Kekurangan Ban Tahu Untuk Harian.

Pecinta motocross sekarang ini sangat banyak. Bahkan tidak sedikit orang yang mengganti jenis bannya ke model ban pacul. Ada juga yang menggunakan motor motocross untuk harian. Walaupun sekarang sudah ada motor yang dapat digunakan untuk dual purpuse seperti Honda CRF150L. 

Ketiga hal ini terdapat satu benang merah, yaitu penggunaan ban pacul untuk harian. Penggunaan harian yang saya maksud adalah jalan yang didominasi aspal. Ban yang dimaksud juga adalah ban off-road, bukan ban dual purpose seperti di bawah ini.

ban dual purpose

Kekurangan Ban Tahu Untuk Harian

Traksi

Ban block pattern memang diciptakan untuk keperluan garuk tanah. Yang mana secara karakter permukaan jauh berbeda dengan aspal. Ban model seperti ini akan memberikan traksi yang lebih rendah bila dibandingkan dengan ban biasa.

Jika sobat menggunakannya untuk kecepatan rendah atau sedang tidak menjadi masalah yang besar. Namun, apabila digunakan untuk kecepatan yang relatif tinggi dan basah akan cukup membahayakan. Traksi ini juga berguna dalam membantu pengereman. Jika traksi ban baik maka akan membantu dalam mengurangi laju kendaraan. Namun apabila traksinya tidak bagus, ban hanya akan mengunci dan bahkan bisa terjadi hal yang diluar kendali kita.

BACA JUGA : Jenis Alur / Pattern Ban Motor

Kenyamanan

Saat saya menggunakan motor seperti Honda CRF150L dan CRF250 Relly. Menggunakan ban tahu untuk medan aspal adalah bukan ide yang baik. Getaran yang dihasilkan oleh ban sangat terasa sekali. Padahal hanya berjalan di atas 60 km/jam saja.

Selain getaran ke stang, Kekurangan Ban Tahu Untuk Harian yang berkaitan kenyamanan adalah suara ban. Suaran ban tahu saat bergesekan dengan aspal suaranya cukup keras. Apalagi saat digunakan dalam kecepatan yang lumayan tinggi.

Handling

Kekurangan Ban Tahu Untuk Harian yang terakhr adalah pada handling. Sebenarnya ini adalah akibat dari 2 hal di atas. Traksi yang kurang maksimal membuat handling di jalan aspal juga dirasa kurang baik. Terutama saat digunakan untuk berbelok.

Ada baiknya menggunakan barang sesuai dengan peruntukannya. Begitu juga dengan pemakaian ban tahu ini. Jika memang mau digunakan memang harus digunakan dalam kecepatan yang relatif rendah. Sebab, kemampuan ban ini tidak akan sebagus ban biasa saat di aspal – RPMSUPER.COM