Perbedaan Yamaha Xabre Vs MT15

Perbedaan Yamaha Xabre Vs MT15

Diposting pada

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Yamaha belum lama ini mengenalkan Yamaha Mt15 di Thailand. Motor ini akan menggantikan Yamaha Xabre (di Indonesia) atau M-Slaz di Thailand. Lalu apa saja Perbedaan Yamaha Xabre Vs MT15

Dari sisi  penjualan, memang Yamaha Xabre tidak selaris saudaranya. Dilihat dari sisi harga memang lebih tinggi dibandingkan dari Yamaha Vixion.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan Yamaha Xabre dari sisi desain. Tampilan sudah serba gambot mengikuti tren motor sekarang. Suspensi up side down juga sudah diterapkan lebih awal dibandingkan dengan Yamaha R15 V3.

Perbedaan Yamaha Xabre Vs MT15

Bagian Depan

tampilan xabre vs mt15

Yang menjadi Perbedaan Yamaha Xabre Vs MT15 utama adalah desain headlamp yang menjadi agak radikal. Desain headlamp Yamaha Xabre sekarang ini memang sudah lumayan keren, tetapi dari sisi karakternya malah terkesan kalem.

Berbeda dengan Xabre yang membawa desain kalem. Pada headlamp Yamaha MT15 dibuat lebih garang dengan model robot-look. Selain itu, pada spesifikasi lampu masih menggunakan  spesifikasi yang sama, yaitu LED.

speedometer xabre vs mt15

Kemudian pada speedometer juga mengalami perubahan. Secara ukuran menjadi lebih besar, jadi jauh lebih mudah membaca informasi yang ditampilkan speedometer.

Bodi Xabre Vs MT 15

Bodi Xabre Vs MT 15

Kemudian dari sisi tangki saya rasa Xabre generasi terbaru ini terlihat lebih proporsional. Jika dilihat kembali sudah mirip dengan generasi MT series. Selain itu, pada desain undercowl juga dibuat lebih kecil, tetapi menurut saya malah lebih selaras.

Kita beralih pada joknya, ternyata ada perubahan pada sektor ini. Pada Yamaha Xabre  menggunakan jok model pisah. Pada Yamaha Mt15 menggunakan model jok tandem.

Mungkin hal ini diterapkan untuk kenyaman dan kepraktisan untuk penumpang. Sebab, saat saya lihat pembonceng Yamaha Xabre posisi duduknya sangat tinggi, walaupun ukuran joknya sudah cukup pas.

Bodi belakang Xabre Vs MT 15

Pada belakang bisa dikatakan banyak sekali perubahan. Karena penggantian model jok membuat desain belakgnya berubah total. Secara desain tetap menyempit, tetapi lagi-lagi saya anggap lebih manis dan proporsional. Apalagi pada desain spakbor belakangnya yang sekarang lebih mini dan panjang.

Mesin Yamaha Mt15

Perbedaan Yamaha Xabre Vs MT15 selanjutnya ada pada mesin. Yamaha Xabre sekarang menggunakan basis mesin Yamaha R15 V2. Diperkirakan juga akan mengikuti mesin Yamaha R15 V3.

Mesin Yamaha MT15 akan menggunakan mesin 155 cc dengan VVA. Mesin yang berganti juga membuat knalpotnya ikut berubah. Namun, hal inilah yang menurut saya kurang bagus dari keseluruhan perubahan Yamaha MT15.

BACA JUGA : Senjata Mematikan New Yamaha R15

Knalpott Yamaha R15 VVA ini saya rasa kurang pas dipasangkan pada motor ini. Mungkin ada baiknya jika sedikit diberikan revisi dari sisi penempatan, dimensi ataupun desain secara keseluruhan. Jika perlu menggunakan knalpot underbelly akan membuat motor ini lebih selaras.

Mungkin hanya itu saja Perbedaan Yamaha Xabre Vs MT15. Jika kita lihat pada sektor kaki-kaki seperti suspensi, velg dan sebagainya masih menggunakan part yang sama. Mungkin ada baiknya menunggu spesifikasi resmi dari pihak Yamaha langsung – RPMSUPER.COM