Senjata Mematikan New Yamaha R15

3

RPMSUPER.COM – YAMAHA baru saja mengenalkan produk baru mereka beberapa waktu yang lalu, yaitu New Yzf-R15. Yamaha R15 adalah senjata ujung tombang motor sport fairing kelas 150 cc yang dimiliki oleh pabrikan Yamaha. Untuk versi sebelum yang baru ini, dirasa penjualan R15 ini kurang berhasil dengan kalah telaknya dengan sang competitor Honda CBR 150.

Belajar dari keinginan konsumen dari segi tampilan maupun sisi engine, Yamaha merombak tampilan R15 hampir secara keseluruhan atau bisa disebut dengan Major-Change. Sekarang, Yamaha R15 menjelma menjadi predator yang siap memangsa lawannya.

Apa sih senjata yang dimiliki dari New R15 ini, sehingga penulis berani mengatakan bahwa R15 ini menjelma menjadi sosok predator ? Langsung saja kita bahas saja, tetapi artikel kali ini hanya opini penulis saja untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapat tidak ada niat negatif dari artikel ini.

Senjata Mematikan New Yamaha R15

  1. Tampilan yang Fresh

Tim riset dari Yamaha merombak beberapa hal yang besar, termasuk kekurangan utama dari Yamaha R15 ini, yaitu bentuk headlamp yang terlalu besar. Bahkan sering disebut dengan sebutan “lele” oleh netizen. Tapi, raut mukanya telah berubah menjadi lebih sporti, dan lebih dekat dengan kiblatnya yaitu Yamaha R6 atau sang kakak dari kelas supersport.

Tidak hanya bentuknya bagian depan saja, tetapi bagian belakang dan beberapa aspek tampilan lain juga ikut berubah menyesuaikan tampilan agar lebih proporsional. Jika dulu R15 lebih terlihat racing look, kini kuda besi ini tampil lebih elegan dan terlihat moge look.

2. Suspensi Up Side Down

Yamaha sudah menciptakan standarisasi baru untuk motor sport kelas 150cc, yaitu suspensi depan yang menganut sistem up side down. Tipe suspensi ini lebih awal diaplikasikan pada Yamaha Xabre dan kini sudah tertanam pada R15 versi 2017. Bukan tanpa alasan, suspensi up side down memiliki tampilan yang lebih keren dan rata-rata mempunyai performa diatas rata-rata suspensi teleskopik.

3. Performa Tertinggi di Kelas 150CC

Untuk mesin juga mengalami perubahan yang cukup signifikan meskipun masih sama-sama mengusung tipe SOHC. Tapi, R15 versi lawas mengusung kubikasi 150 CC sedangkan versi 2017 ini mengusung kubikasi 155 CC ditambah dengan VVA (teknlogi yang sama digunakan pada skuter Yamaha N-Max).

Hasilnya performa New R15 menjadi yang tertinggi, dibanding dengan pesaing dari produsen Jepang dan menggeser Suzuki GSX R150 dari tahta motor 150cc dengan power tertinggi, yaitu 19,3 hp pada putaran 10.000 rpm.

Ada hal yang unik disini, kita kenal dengan motor SOHC memiliki torsi dan power yang bagus pada putaran mesin menengah – bawah, tetapi pada New R15 ini peak powernya malah berada di putara yang cukup tinggi yaitu 10.000 rpm yang pasti mempunyai limiter mesin yang lebih tinggi dibanding motor  SOHC lainnya.

4. Slippery Clutch

Teknologi yang biasa digunakan pada motor besar, dan arena balap ini juga aplikasikan pada New R15. Slipper clucth adalah sebuah piranti yang berada dalam komponen clucth atau kopling yang berfungsi untuk memanipulasi kopling agar saat terjadi penurunan gear dalam putaran tinggi, roda belakang tidak mengunci dan gerakan motor bisa jadi lebih terkontrol.

5. Fitur Kekinian

Fitur kekini yang wajib dalam motor produksi 2015 ke atas juga ikut ditanamkan dalam kuda besi satu ini, antara lain :

a. Lampu full-LED, karena lampu LED sudah menjadi standar lampu motor zaman sekarang.

b. Ban lebih besar, sesuai dengan selera konsumen Indonesia yang suka serba gambot.

c. Shifting light, atau indkator untuk melakukan penggantian gear ke atas.

d. Gear indikator, fitur yang sering terlupakan di motor sport.

e. Average speed, atau pencatat kecepatan rata-rata motor.

Last.. Dengan lahirnya ujung tombak baru dari Yamaha ini, YZF R15 akan memberi lebih memberi warna baru pada pertarungan motor kelas 150 cc. Tinggal memasang harga yang tepat, dan menjadikan kompetitor memutar pikiran agar produk mereka tidak kalah saing.

Sehingga tidak kehilangan market share karena segment sport 150 cc semakin sengit dan berkelas tinggi. Sebagai konsumen kita dihadapkan dengan banyak pilihan jadi pilih yang sesuai selera dan sesuai kantong. Semoga berguna 😀 – RPMSUPER.COM – SENJATA MEMATIKA YAMAHA R15 –

Pict credit : iwanbanaran.com

 

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here