Penyebab Aki Cepat Tekor

Penyebab Aki Cepat Tekor dan Soak

Diposting pada

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Aki berfungsi untuk memberikan aliran listrik pada perangkat elektronik yang ada di motor ataupun mobil. Namun, aki bisa saja tekor dan soak. Inilah Penyebab Aki Cepat Tekor.

Ada beberapa  penyebab yang dikarenakan waktu. Ada juga yang disebabkan karena pemakaian yang bisa dikatakan kurang bagus.

Penyebab Aki Cepat Tekor

  1. Usia / Batas Pemakaian

Aki menjadi salah satu komponen yang aus. Namun, aki termasuk dalam komponen low-moving alias perangkat yang bisa dipakai jangka Panjang. Umur atau batas pemakaian aki ada bermaca-macam tergantung jenis aki yang digunakan.

Pada aki kering biasanya batas pemakaiannya adalah 2-3 tahun tergantung bagaimana pemakaiannya. Nah, untuk aki basah bisa bertahan 4-5 tahun. Tergantung bagaimana kita merawatnya agar tidak rusak sel yang ada di dalamnya.

 ” BACA JUGA : Jenis-Jenis Aki Sepeda Motor “

2. Modifikasi Berlebihan

Modifikasi yang berkaitan dengan kelistrikan bisa saja mengurangi umur pemakaian dari aki. Mungkin ini adalah Penyebab Aki Cepat Tekor yang Utama. Biasanya menambahkan lampu tambahan yang memiliki daya yang besar.

Pemakaian lampu HID juga bisa menjadi penyebab aki cepat soak. Alasannya adalah adanya kenikan daya oleh ballast. Yang kemudian menyerap energi listrik hingga puluhan kilo watt.

Bisa juga karena pemasangan klakson yang tidak semestinya. Namun, selama tidak berlebihan memakai aksesors yang berkaitan dengan aki. Juga proses pemasangan dilakukan secara benar tidak membuat aki soak secara drastis.

3. Konslet / Masalah kelistrikan

Konseleting bisa saja terjadi. Kemungkinan besar saat melakukan penggantan atau pemasangan barang yang berkaitan dengan kelistrikan. Di mana ada hubungan arus pendek dimana arus dari kutub positif baterai langsung terhubung dengan arus negatif baterai dengan hambatan cukup kecil.

Masalah kelistrikan biasanya hadir dalam bentuk tidak terjadi pengisian daya dalam aki. Dalam hal ini adalah tugas spull dan juga kiprok. Jika salah satu saja dari mereka bermasalah, bisa menjadi Penyebab Aki Cepat Tekor.

Tugas dari kiprok adalah mengatur tegangan yang dihasilkan yang keluar dan masuk aki. Sedangkan spul tugasnya adalah untuk menghasilkan tegangan listrik dari input putaran mesin.

4. Tidak / Jarang Di Pakai

Hal ini menjadi masalah sepele, tetapi bisa membuat aki soak. Hal tersebut adalah tidak menggunakan motor dalam jangka Panjang. Sebenarnya hal yang lebih tepat adalah sama sekali tidak menghidupkan motor dalam jangka waktu yang lama.

Penyebabnya, adalah ada pada kabel dan konektor. Meski tidak ada hubungan ke masa karena motor tidak dihidupkan, tetapi tetap terdapat  aliran listrik kecli walaupun hanya dengan satuan mili volt. Memang cukup kecil tapi jika digunakan dalam waktu lama maka besar juga daya yang hilang dari aki. – RPMSUPER.COM – Penyebab Aki Cepat Tekor dan Soak

Referensi : autoexpose.org

 

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

Silahkan Masukan Komentar