Motor Listrik Buatan Indonesia

4 Motor Listrik Buatan Indonesia

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Sepeda motor dengan tenaga listik mulai dikenalkan di Indonesia. Beberapa ATPM besar Indonesia juga sudah mencoba mencerapkan motor ini. Berikut adalah daftar 4 Motor Listrik Buatan Indonesia.

4 Motor Listrik Buatan Indonesia

Viar Q1

Viar Q1

Viar adalah produsen sepeda motor dari Indonesia yang berbasis di Semarang. Saat artikel ini ditulis, Viar Q1 ini sudah memasuki generasi kedua. Memang untuk motor listrik masih menggunakan keluaran dari BOSCH.

Untuk harga sekarang ini sudah mirip-mirip dengan kompetitornya. Viar Q1 ini mampu berjalan hingga 120 km dengan dua buah baterai. Sedangkan untuk kecepatan maksimalnya mencapai 60 km/jam. Motor ini bisa dikatakan salah satu pioner karena paling awal dijual secara masal.

Secara fitur memang sudah seperti motor matik low end pada umumnya. Viar Q1 ini sudah menggunakan lampu full LED untuk semua panelnya. Tidak lupa juga sudah menggunakan speedometer full digital. Untuk sobat yang ingin membaca lebih lengkap bisa langsung mampir ke link di bawah ini.

BACA JUGA : Spesifikasi dan Harga Viar Q1 2019

Gesits

gesits

Nomor 2 dari 4 Motor Listrik Buatan Indonesia adalah Gesits. Gesits juga merupakan salah satu motor listrik yang diinisiasikan tapi lama direalisasikan. Sebab, dari beritanya yang muncul dari tahun 2015 baru dihadirkan pada tahun 209 ini di ajang IIMS. Moitor ini adalah hasil dari kolaborasi beberapa BUMN. Sebut saja PT Gesits Technologies Indo PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi, PT Pindad, PT Len, PT Wika Industri Energi, PT Pertamina, dan PT PLN

Menurut saya, Gesits adalah motor listrik dengan basis desain yang paling keren dibandingkan dengan kompetitornya yang sudah ada. Walaupun secara garis desain mirip dengan Honda Vario. Tapi tidak bisa dibantah karena garis desainnya yang serba tajam sangat berbeda dengan kebanyakan motor listrik yang serba membulat.

Motor ini mampu melaju hingga 70 km/h dengan jarak tempuh maksimal 100 km dengan dua baterai. Memang secara kecepatan maksimal sedikit lebih baik. Dari taya tahan baterai memang tidak sejauh Viar Q1. Namun, kecepatan mengisi baterai Gesits  ini hanya butuh 3-4 jam saja. Untuk spesifikasi lengkapnya akan kita bahas di artikel terpisah.

BACA JUGA : Gesits Motor Listrik Indonesia

Yamaha E Fino

Yamaha E Fino

List Motor Listrik Buatan Indonesia selanjutnya adalah Yamaha E Fino. Untuk Indonesia, motor ini sudah diperkenalkan pada tahun 2017. Namun,  untuk pasar global sudah dikenalkan sejak tahun 2014.

Secara desain motor ini memang menggunkan basis desain Yamaha Vino. Namun, pada bagian belakangnya cukup berbeda dan khas motor listrik China. Entah mengapa saya rasa Yamaha tidak serius menggarap motor ini.

Bagaimana tidak, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan paling inferior bila dibandingkan dengan kompetitornya. Power outputnya hanya 0.58 kW dengan kecepatan maksimal 30 km/jam. Kemudian untuk baterai juga hanya bertahan maksimal 30 km saja.

Yamaha E Vino ini untuk pasar global merupakan kolaborasi antara Yamaha dan Gogoro. Gogoro sendiri merupakan pabrikan asal China yang fokus pada motor listrik.

Honda PCX Elektrik

Honda PCX Elektrik

List Motor Listrik Buatan Indonesia terakhir adalah Honda PCX. Honda benar-benar memberikan varian yang super lengkap pada PCX Series ini. Bagaimana tidak, terdapat varian mesin konvensional, hybrid dan yang full elektrik.

Motor ini memang tidak dijual secara bebas dipasaran. Melainkan hanya disewakan saja dengan tarif 2 juta perbulan. Bahkan, dari gosip yang beredar harga motor ini mencapai 120 juta per unitnya. Basis desain Honda PCX memang membuat motor ini terlihat semakin elegan. Fitur yang ditawarkan juga memang terbilang lengkap.

Untuk motor listrikya memang terbilang lumayan. Secara power memang hanya 37% saja dari mesin bensinnya. Tapi, untuk torsi yang mampu dikeluarkan bisa lebih besar daripada mesin 150 ccnya.

BACA JUGA : Spesifikasi Honda PCX Listrik atau PCX elektrik

So itulah 4 Motor Listrik Buatan Indonesia. Ada yang dibuat secara serius dan benar-benar baru. Semoga dengan adanya line up ini hadir motor listrik lainnya buatan Indonesia yang benar-benar dibuat secara proper. – RPMSUPER.COM