4 Mobil Manual Tanpa Kopling

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Transmisi mobil umumnya dibagi menjadi dua, yaitu manual dan otomatis. Seiring berkembangnya zaman, kedua transmisi ini berkembang. Sekarang sudah ada Mobil Manual Tanpa Kopling.

Hadirnya mobil ini memang ingin mendapatkan celah pasar yang ada. Di mana menargetkan orang yang lebih memilih transmisi manual tapi tidak mau ribet. Apalagi orang-orang yang masih memiliki mindset lama tentang transmisi otomatis di mobil. So, langsung saja kita bahas mobil transmisi manual tanpa kopling.

BACA JUGA : 3 Mitos Mobil Transmisi Otomatis

Mobil Manual Tanpa Kopling

Suzuki Karimun / Ignis AGS

List pertama ada dua mobil Suzuki sekaligus. Ada Suzuki Karimun Wagon dan Suzuki Ignis. Keduanya tersedia varian tranmisi AGS atau Automatec Gear Shift/. Mungkin mobil ini bisa dikatakan salah satu pioner dalam mobil manual yang bisa digunakan seperti mobil matik.

Mobil ini bisa digunakan seperti halnya pada mobil transmisi otomatis. Kita bisa masukan ke gigi D dan mobil akan berjalan tanpa berpindah gear tanpa tuas. Maka transmisi manual yang ada secara komputerisasi berfungsi secara otomatis.

Memang kelemahan utama dari transmisi ini adalah lamanya delay saat perpindahan gigi. Sebab, komponen yang menggerakan seperti Transmission Control Module (TCM), aktuator hidrolik dan ECU membutuhkan waktu untuk bekerja. Namun kita bisa gunakan sebagai transmisi manual yang menambah dan mengurangi gearnya cukup dengan mendorong atau menarik tuas saja.

Wuling Cortez 1.8 i-AMT

Wuling Cortez 1.8 i-AMT

List Mobil Manual Tanpa Kopling selanjutnya diisi oleh merek baru, yaitu Wuling. Wuling saat pertama mengeluarkan produknya hanya menghadirkan varian manual saja. Namun, seiringnya waktu mulai beragam pilihan transmisi produknya.

Wuling Cortez versi 1800 cc hadir dengan varian i-AMT atau Intelegent- Automatic Manual Transmission.  Untuk cara kerja mirip dengan AGS-nya Suzuki. Bedanya, fitur i-AMT lebih banyak dengan hadirnya mode ECO dan Sport yang bisa digunakan berdasarkan kebutuhan. Tidak lupa juga bisa digunakan secara manual dengan menggunakan mode M.

Wuling Confero S ACT

Wuling Confero S ACT

Mobil Manual Tanpa Kopling terkakhir, lagi-lagi dari Wuling. Wuling Confero S ACT menjadi tipe tertinggi dari varian mobil Wuling. Mobil yang dibandero dengan harga Rp 190 jutaan ini menggunakn transmisi automatic clutch transmission.

Secara fisik mobil ini menggunakan H shifter layaknya mobil manual. Bedanya mobil ini tidak terdapat kopling. Jika Wuling Confero biasa menggunakan manual 5 percepatan, mobil ini dibekali dengan 6 percepatan. Elektronik akan secara otomatis mengatur saat kita hendak memindahkan gear sehingga tidak terjadi hentakan.

So itulah 3 Mobil Manual Tanpa Kopling yang ada di Indonesia. Memang target pasar yang dituju bisa dikatakan tidak terlalu banyak. Tapi sangat bagus untuk memberikan opsi untuk pasar – RPMSUPER.COM

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

2 thoughts on “4 Mobil Manual Tanpa Kopling

  1. wah ignis gak dimasukin padahal selain karimun ignis juga populer sebagai mobil berteknologi amt dan masih dijual dan cukup laku, lainnya ada proton savy yang sudah discontinue…

Silahkan Masukan Komentar