Mitos Ban Harus Lurus Saat Parkir

Mitos Ban Harus Lurus Saat Parkir

Diposting pada

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Di dunia ini dipenuhi dengan banyak sekali mitos. Mulai dari mitos yang masih rasional. Hingga ada mitos yang tidak masuk dalam logika pikir manusia normal.

Namun, umumnya  mitos dibuat agar seseorang tidak melakukan sesuatu hal yang “dianggap” tidak baik atatupun dapat merugikan. Baik merugikan diri sendiri dan juga dapat merugikan orang lain.

Begitu pula di dunia otomotif, banyak sekali mitos yang tersebat. Salahnya satunya adalah Mitos Ban Harus Lurus Saat Parkir. Ada banyak pendapat dari hal ini dan tentu saja ada yang percaya maupun tidak.

Mitos Ban Harus Lurus Saat Parkir

Mitos Ban Harus Lurus Saat Parkir

Mitos ini adalah menempatkan roda dalam keadaan lurus saat parkir. Tujuannya sih agar tidak merusak perangkat hidraulis atau elektrik power steering bagi mobil-mobil yang sudah memiliki fitur tersebut.

Menurut pembahasan yang saya lansir dari CnnIndonesia, yang bersumberkan dari Kepala Mekanik Daihatsu, Dolf Valentino. Menyatakan bahwa membelokan posisi ban saat berhenti tidak akan merusak perangkat tersebut.

” Baca Juga : Mitos Saat Seputar Bahan Bakar “

Namun, ada baiknya hal tersebut tetap dilakukan saat sobat parkir paralel. Tujuannya agar mobil mudah dipindahkan dengan didorong baik maju ataupun mundur. Jika ban tidak lurus, maka juru parkir akan susah memindahnya.

Justru saat kita memutar ban dalam keadaan berhenti dipermukaan yang kasar akan membuat ban bisa rusak jika dilakukan secara terus menerus. Namun, kalau tidak terlalu sering tidak bermasalah sob.

Untuk beberapa kasus, malah kita direkomendasikan untuk sedikit membelokan roda. Misalnya saat kita parkir di tanjakan ataupun diturunan. Harapannya agar aman saat mobil meluncur dengan sendirinya dan akan berhenti saat benturan di bibir trotoar jalan.

Selain itu, parkir dengan sedikit membelokkan roda dapat membantu mengurangi stres di rem parkir alias park brake. Juga pada mobil yang sudah terdapat kunci stir pasti harus memutar stir agar dapat mengunci.

So kesimpulan dari Mitos Ban Harus Lurus Saat Parkir agar power steering tidak rusak kurang tepat. Namun, juga tidak ada salahnya bila kita ikuti. Ada baiknya lihat situasi dan kondisi, kalau memang memungkinkan dilaksanakan tidak masalah tidak ada yang dirugikan juga. – RPMSUPER.COM

Ikut dan Hubungi saya di :

-----

Silahkan Masukan Komentar