Mobil Nasional Siap Meluncur Akhir Tahun

Mobil Nasional Siap Meluncur Akhir Tahun

Diposting pada

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Telah lama kita dengar wacana akan dibuat mobil yang dibuat di Indonesia. Tidak hanya perakitannya saja, tetapi dari konsep hingga produksi dilakukan di Indonesia.

Nah, kabar gembira  ini hadir bahwasannya Mobil Nasional Siap Meluncur Akhir Tahun. Bukan mboil ESEMKA, tetapi mobil untuk keperluan pedesaat yang dibuat oleh Bapak Sukiyat, melalui bengkel Kiat Motornya.

Mobil Nasional Siap Meluncur Akhir Tahun

Mobil Nasional Siap Meluncur Akhir Tahun

Menurut CNNIndonesia.com AMMDes atau Alat Mekanisasi Multiguna Pedesaan akan diluncurkan akhir tahun. Entah baru diluncurkan ke publik produk finalnya atau sudah bisa di jual di pasaran.

Mobil ini ada tiga jenis dan pernah di review oleh Sultan Ridwan Hanif di vlognya. Untuk vlog mobil nasionalnya bisa klik link merah ini. Di CNN disebutkan harganya akan berada di bawah 100 juta. Sedangkan dari video tersebut kisaran harganya adalah 70 jutaan.

Kementerian Perindustrian telah mengumumkan bahwa PT Astra Otoparts Tbk, melalui anak usahanya yaitu PT Velasto Indonesia bersama PT Kiat Inovasi Indonesia membentuk konsorsium dengan mendirikan PT Kiat Mahesa Wintor Nusantara (KMWN).

Nah, rencananya akan digelontorkan dana sekitar Rp 300 Milyar untuk membangun beberapa pabrik. Pabrik pertama yang akan dibangun adalah di Klaten, Jawa Tengah yang merupakan markas dari Kiat Motor.

Dari sumber tersebut bahwa produk finalnya akan berbeda dari produk yang masih dalam proses pengembangan. Untuk sekarang mereka masih berkerja sama dengan Quick untuk mensuplai mesin.

Mobil tersebut menggunakan mesin yang sama dengan traktor. Menggunakan mesin 650 cc diesel satu silinder. Inilah yang membuat saya agak pesimis dari mobil ini. Mungkin untuk petani akan lebih memilih mobil yang sudah ada dengan kondisi bekas.

Sebab, dari sisi kualitas sudah terjamin dan juga bisa dipastikan lebih bertenga. Namun, bukan berarti mesin ini buruk. Semoga saja ada pengembangan dari pengembangan mesinnya.

Nantinya juga akan dibuatkan  regulasi untuk AMMDes. Menurut rencana Kemenperin akan diumumkan sebelum waktu peluncuran mobil niaga tersebut akhir tahun ini. Dalam regulasi tersebut berisi poin-poin tingkat keamanan dan fitur-fitur pada kendaraan.

Dalam regulasi tersebut juga akan ditentukan harga jual kendaraan pedesaan ini berapa yang pas. Sehingga dapat dijangkau petani dan pengusaha dalam negeri yang ada di pedesaan – RPMSUPER.COM