Mitos Tentang Pengisian Bahan Bakar

 

ngisibbm

 

RPMSUPER.COM โ€“ Bahan bakar merupakan bagian terpenting untuk kendaraan bermotor. Dikarenakan bahan bakar sebagai alat laju kendaraan (kecuali kendaraan listrik dan angin lho ya ๐Ÿ˜€ ). Sekarang yang akan kita bahas bukanlah kenaikan harganya, namun tentang MITOS waktu pengisian bahan bakar minyak pada kendaraan kita. Namun, ย hipotesa nanti kemungkinan belum bisa dipercaya 100% maka dari itu mari kita bahas ๐Ÿ˜€ .

Mitos Tentang Pengisian Bahan Bakar

  • Jangan Mengisi Saat Terik

Yup, ini adalah mitos yang paling terkenal dikalangan para bikers, yaitu jangan mengisi bahan bakar minyak saat matahari terik. Alasannya, yang akan dikeluarkan dari pompa BBM bukanlah 100% BBM, namun sebagian adalah uap dari BBM tersebut.

Untuk mitos yang satu ini saya sendiri belum tahu benar dan tidaknya :mrgreen: . Namun, menurut beberapa sumber yang saya baca. BBM sangat sensitive dengan suhu dan cuaca . Jika dalam keadaan terik makan BBM akan melar dan menguap. Walaupun tidak signifikan dan sebaliknya saat suhu bumi rendah BBM menjadi memadat. Walaupun tidak signifikan.

  • Jangan Mengisi ketika Tangki SPBU sedang diisi

Ini juga merupakan mitos cukup terkenal, yaitu jangan mengisi bahan bakar ketika ada truk tangki yang hendak mengisikan ke tangki SPBU. Mitosnya kotoran atau endapan yang ada di dasar tangki akan tercampur dan menaik .

Ternyata mitos ini salah, karena pada tangki SPBU terdapat semacam filter atau penyaring. Yang berfungsi sebagai penyaring kotor bahan bakar minyak yang akan dipompa keluar dan diisikan ke kendaraan konsumen .

  • Jangan Mengisi BBM Ketika Hujan

Mitos ini saya ketahui dari tabloid Motoplus. Konon katanya, jangan mengisi bahan bakar ketika sedang atau sehabis hujan. Dikarenakan embun air yang menempel ke tangki dapat masuk dan masuk menjadi satu dengan bahan bakar. Jadi bahan bakar yang kita beli tidak murni lagi melainkan sudah tercampur dengan air ๐Ÿ˜ฎ . Namu,n mitos ini mungkin belum bisa dipastikan kebenarannya .

  • Permainan Handle Operator SPBU

Nah ini mitos yang cukup unik, yaitu jika handle dari poompa pengisian ditekan-tekan atau bisa disebut dimainkan oleh operator SPBU. Bisa-bisa bahan bakar yang kita dapat tidak sesuai takaran karena ketika handle dilepas bahan bakar kembali ke mesin pompa dan tidak keluar lagi. Padahal selama ini saya mengisi ketika handle tersebut dilepas masih bisa keluar sedikit mungkin dari sisa yang ada diselang pompa .

Dan ternyata Mitos Tentang Pengisian Bahan Bakar ini tidak bernar. Pompa bensin sudah terdapat sensor jika penuh otomatis akan memutus aliran bahan bakar. Apabila BBM di dalam kendaraan sudah terisi penuh dan menyentuh ujung nozzle. Sehingga menekan-nekan tuas handle selang tidak berpengaruh terhadap jumlah angka liter BBM yang dikeluarkan.

Last..memang cukup banyak mitos saat pengisian bahan bakar namun hanya sedikit saja yang RPM sampaikan ,bagaimana tanggapan sobat RPM tentang beberapa mitos diatas ,apakah bisa dipercaya atau tidak .Untuk beberapa ada yang RPM tidak percaya karena telah mendapat penceran dari beberapa sumber .Sekian mohon undur diri,semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ . – ย – RPMSUPER.COM – Mitos Tentang Pengisian Bahan Bakar –

 

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )ย  lapak rpmsuper

Baca juga bray

29 Comments

Masukan komentar Anda