Cara Cek Pajak Motor

3 Cara Cek Pajak Motor atau Mobil

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Pajak kendaraan bermotor adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor. Juga perlu diperpanjang secara berkala agar kendaraan kita tetap sah digunakan. Kali ini akan saya bahas 3 Cara Cek Pajak Motor atau Mobil.

Saya sendiri masih sering melihat orang-orang yang menanyakan besaran pajak suatu kendaraan. Padahal pajak kendaraan motor ini sangat variatif walaupun model kendaraannya sama. Faktor-faktor seperti lokasi, jumlah kepemilikan dan lainnya dapat mempengaruhi besaran pajak yang digunakan.

Cara Cek Pajak Motor atau Mobil

Lihat di STNK

Cara paling mudah adalah dengan melihat nominal yang ada pada STNK kita. Besaran pajak setiap tahunnya memang berbeda-beda. Namun, kecenderungannya akan turun setiap tahunnya. Sebab, pengenanaan pajak berdasarkan besaran nilai kendaraan.

Kita tinggal melihat besaran yang ada pada kolom PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Kemudian dtiambahkan dengan SWDKLJJ. Untuk SWDKLJJ ini besarannya sama setiap tahunnya.

Pencekan dengan cara memang sangat mudah. Namun, kita tidak bisa mengetahui berapa jumlah pasti yang harus kita bayarkan. Apalagi saat kita hendak membayar pajak 5 tahunan. Nominalnya akan berbeda karena muncul biaya-biaya lain.

BACA JUGA : Ditilang Karena Pajak Mati, Bolehkah ?

Cek Pajak Samsat Online

Cara Cek Pajak secara online

Di era digital ini juga membawa dampak pada pemungutan pajak. Yang untungnya dapat mempermudah kita. Cara Cek Pajak Motor atau Mobil selanjutnya ada dengan memanfaatkan aplikasi atau web resmi. Pajak kendaraan bermotor, khususnya yang tahunan akan masuk ke kas masing-masing daerah.

Bahkan setiap daerah juga memiliki pembagian wilyah lagi. Misalnya untuk Kota  Semarang di bagi menjadi 3 wilayah samsat. Cara cek pajak secara online adalah dengan memanfaatkan aplikasi atau web resmi yang sudah disediakan masing-masing samsat.

Misalnya saja untuk daerah Jawa Tenga terdapat aplikasi Sakpole. Aplikasi ini sangat komplit, tidak hanya bisa mengecek besaran pajak secara spesifik dan akurat. Kita juga bisa melakukan pembayaran pajak secara online, mengecek harga kendaraan bermotor.

Cara penggunaannya sendiri juga sangat mudah. Untuk aplikasi dari Sakpole tinggal memasukan nomor plat nomor saja. Semua detail biaya dan besaran pajak akan muncul. Contoh dari daerah lain ada di Jawa Barat yang memiliki aplikasi Sambara.

Website dan Blog

Cara Cek Pajak Motor atau Mobil yang terakhir adalah mengecek pada blog atau website. Sekarang ini sudah banyak blog yang membahas tentang besaran pajak setiap kendaraan. Bahkan sampai spesifik pada model dan tahun pembuatan tertentu.

Namun, lagi-lagi pengecekan seperti ini hanya untuk perkiraan saja. Setiap daerah memiliki pengenaan yang berbeda-beda. Jumlah kepemilikan juga sangat memperngaruhi besaran pajak. Cara cek pajak secara online melalui blog atau website ini memudahkan kita yang hendak membeli kendaraan bekas.

One thought on “3 Cara Cek Pajak Motor atau Mobil

Silahkan Masukan Komentar