Cara Mudah Membersihkan Rantai

Cara Mudah Membersihkan Rantai 2022

RPMSUPER.COM – Rantai adalah penghubung tenaga dari mesin yang kemudian disalurkan ke gear. Rantai sendiri dapat kotor entah itu karena debu, lumpur maupun oli bekas yang digunakan. Nah, kali ini RPM akan berbagi tips tentang Cara Mudah Membersihkan Rantai.

Motor jaman sekarang sudah tidak ada lagi yang menggunakan penutup rantai. Hanya ada cover rantai yang menutup rantai pada bagian atas. Jadi tidak terlindungi dari kotoran, debu dan lain sebagainya.

Rantai yang tidak dirawat bisa saja timbul karat. Karat akan membuat umur rantai menjadi lebih pendek. Rantai juga akan menjadi kaku dan tidak nyaman digunakan.

Alat Pembersih Rantai

sikat rantai u

Alat dan bahan yang perlu dipersipkan antara lain kuas/sikat gigi yang sudah tidak dipakai lagi (kalau memungkinkan menggunakan dua buah), wadah, bensin secukupnya,chainlube, sabun colek dan air secukupnya.

Tapi jika sobat memiliki budget yang belum digunakan. Cara Mudah Membersihkan Rantai yang aman adalah menggunakan cairan penetran atau chain cleaner. Karena kedua cairan ini bisa membersihkan tanpa merusak seal rantai.

Penggunaan bensin atau solar untuk pembersihan rantai sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan. Apalagi jika sobat menggunakan rantai o-ring karena bisa membuat rantai mulur.

Nah, untuk sikat juga sudah ada sikat khusus yang berbentuk rantai. Sikat rantai ini harganya juga cukup murah hanya 10 – 20 ribuan saja. Saya sendiri menggunakan yang bentuk U karena praktis. Dengan satu spot saja sudah bisa menjangkau semua sisi rantai. Lebih cepat dan juga lebih aman saat menyikat rantai.

Jika sobat tertarik membeli sikat ini. Saya sediakan link pembeliannya via Shopee.

BELI SIKAT RANTAI via shopee (klik)

Cara Mudah Membersihkan Rantai

1.Buka dulu tutup rantai atau spakbor kolong jika ada.

2.Buka juga tutup gear depan agar pembersihan maksimal.

3. Bersihkan bagian yang terdapat tumpukan oli (biasanya di gear depan, dekat standar samping. Bersihkan dengan sikat yang sudah dicelupkan ke bensin. Kemudian sikat hingga bersih. Jangan gunakan bensin pada rantai ya, karena dapat merusak rantai bila digunakan terlalu sering.

4. Bersihkan rantai dan gear dengan menggunakan sabun colek, mediumnya bisa dengan sikat atau kuas. Bersihkan tiap sisinya agar benar-benar bersih. Sikat juga pada bagian gear depan belakang dan area yang dibersihkan dengan bensin tadi (agar tidak bau bensin). Jika ingin lebih mudah dan aman bisa menggunakan sikat khusus untuk membersihkan rantai yang bisa di beli di ace hardware.

Cara Membersihkan Rantai

5. Bilas dengan air. Kalau dirasa belum maksimal bisa lakukan langkah ke-4 beberapa kali hingga dirasa bersih.

6. Diamkan sejenak dan biarkan rantai kering. Kalau mau lebh cepat, bisa dengan me-lap rantainya.

7. Berikan pelumas rantai (chainlube) pada rantai. Jangan terlalu banyak dan tunggu hingga kering dan selesai !

” Baca Juga : Alternatif Pelumas Rantai Motor

Nah setelah itu melakukan pembersihan ini, rantai akan terlihat bersih seperti baru dan umur rantai juga akan lebih lama serta tarikan yang ringan seperti sedia kala.

Untuk pelumas rantai ada cukup banyak pilihannya. Mulai dari chainlube, oli mesin yang baru dan oli gardan motor matik. Yang penting penggunaan rutin dan merata.

Tidak usah terlalu banyak karena akan terbuang saat roda berputar. Diamkan selama beberapa saat agar dapat meresap pada rantai.

Last.. Cara diatas sudah RPM lakukan dan hasilnya posistif. Mungkin ada yang mau menambahkan ?. Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,mohon kritik dan saran.Semoga berguna dan bermanfaat :D RPMSUPER.COM – Cara Mudah Membersihkan Rantai –

46 komentar untuk “Cara Mudah Membersihkan Rantai 2022”

  1. pake minyak tanah lebih ampuh utk bersihin rante lho.. cara nya sama, hanya bensin d ganti dg minyak tanah. sip dah

  2. Pingback: Pasang Stabilizer Rantai | RPMSUPER.COM

  3. Terimakasih sudah berbagi tips diatas. Membersihkan rantai motor memang penting. Tentunya agar kinerja motor tetap terjaga, apalagi untuk motor yang sudah memiliki usia tua atau sudah menempuh puluh ribuan kilometer. Lebih baik menjaga dan merawat, dari pada dibiarkan kemudian rusak, tentu ongkos dan biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal.

  4. Pingback: Ciri - Ciri Rantai Aus

Silahkan Masukan Komentar

Scroll to Top