Ciri Rantai Sudah Aus

0

rantai

 

RPMSUPER.COM – Rantai  adalah sebuah perangkat yang akan meneruskan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin. Energi gerak dari mesin akan memutar gear motor yang ada di sebelah depan dan rantai akan menyalurkan energi gerak ini ke gear bagian belakang. Terakir, roda belakang akan berputar

Gear bagian belakang dihubungkan ke roda belakang motor dan menyebabkan roda belakang berputar. Perputaran roda belakang akan mendorong  roda depan untuk berputar dan hasilnya adalah kendaraan kita bisa bergerak.

Rantai sendiri bisa diatur tingkan kekecangan dan kendurnya lewat pengencang rantai untuk disesuiakan sesuai kebutuhan. Rantai sendiri juga memiliki batas maksimal pakai tidak selamanya bisa dipakai. Nah, kali ini RPM ingin berbagi tentang mengenali ciri-ciri rantai yang sudah aus dan harus diganti maupun bisa memotongnya.

Yuk kita bahas Ciri Rantai Sudah Aus

  • Tidak Bisa Di-Setel Lagi

Penyebab Rantai Cepat Kendur

Seperti yang tertulis diatas bahwa rantai bisa diatur tingkat kencang dan kendurnya. Untuk rantai yang sudah aus walaupun sudah disetel tingkat kekencangan yang maksimal rantai akan kembali kendur 😀 . Biasanya kalau sudah tidak bisa disetel sobat masih bisa memotong mata rantai. Maksimal sobat memotong dua mata rantai. Diatas dua mata rantai tidak rekomendasikan karena rantai sudah sangat aus dan berisiko putus bila dipaksakan lagi/

  • Berisik

Rantai yang sudah aus akan menimbulkan suara brisik (jawanya kemricik), karena memang sudah kendur dan tidak bisa dikencangkan lagi. Walaupun sudah disetel kencang maksimal tetap saja brisik 😮 . Sobat masih bisa mengakalinya dengan membersihkan rantai. Tapi, kalau masih terdengar bunyinya, ada baiknya segera diganti.

” Baca Juga : Cara aman bersihkan rantai motor

  • Berkarat

rantai karat

Rantai yang sudah aus juga akan mulai berkarat karena sudah dipakai jangka waktu yang lama. Mungkin, karena faktor lingkungan juga mempengaruhi. Rantai yang sudah berkarat apalagi seperti contoh diatas akan beresiko putus 😮 . Rantai yang sudah berkarat sama sekali tidak direkomenasikan untuk digunakan.

  • Akselerasi Menurun

Masih akibat dari rantai menjadi kendur yang menjadikan tingkat akselerasi menurun. Karena, ketika gas ditarik rantai harus menunggu untuk menegang dulu agar mau berakselerasi. Selain akselerasi menurun, hal ini juga menyebabkan bahan bakar lebih boros karena tarikan mesin yang selalu membutuhkan putaran lebih tinggi.

  • Tidak Stabil

Ciri Rantai Sudah Aus bisa dilihat pada gerak rantai. Jika diputar, pergerakan rantai akan mengencang dan mengendur secara terus menerus.  Kemudian pada ada motor menggunakan kopling manual rantai akan seperti meloncat-locat jika kopling dilepas dan dalam keadaan gear masuk.

” Baca Juga : Penyebab Rantai Cepat Kendur

Nah, untuk mengatasinya rantai harus diganti :mrgreen: karena rantai yang sudah aus walaupun sudah dipotong mata rantainya akan sama saja hasilnya. Saran saat mengganti sebaiknya satu paket agar tidak memperngaruhi umur dari gear maupun rantai dan biasanya lebih murah satu paket dari pada eceran 😀 .

Last… mengenali ciri rantai yang sudah aus ini hanyalah opini dari RPM jika ada kesalahkan mohon direvisi. Jika ada yang kurang mungkin ada yang mau menambahkannya ? .Sekian dari saya silahkan dibaca-baca mohon kritik dan saran .Semoga berguna dan bermanfaat 😀  – RPMSUPER.COM – Ciri Rantai Sudah Aus –

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here