RPMSuper.com – Oli pada kendaraan sudah bagaikan darah pada manusia. Sebab, oli juga memiliki banyak sekali fungsi penting. Kali ini akan kita bahas Kenapa Oli Harus Diganti Secara Berkala.

Mengganti oli merupakan salah satu perawatan kendaraan yang paling ringan. Pabrikan sudah memberikan rekomendasi kapan oli harus diganti.

Lalu Kenapa Oli Harus Diganti secara periodik? Padahal oli hanya bersirkulasi di dalam mesin saja. Harusnya tidak perlu diganti dong. Ternyata ada cukup banyak alasan sob. Tapi saya sajikan 2 alasan kenapa oli motor harus diganti.

Kenapa Oli Harus Diganti?

Penurunan Performa

kenapa oli mesin harus diganti

Kenapa Oli Harus Diganti secara periodik? Sebab oli memiliki masa pakainya tersendiri.

Apabila sudah melewati batas itu. Biasanya performa oli akan menurun atau tidak maksimal.

Penurunan Performa ini bisa terjadi di berbagai hal. Mulai dari menurunnya kemampuan dalam pelumasan. Tapi juga turunnya kemampuan oleh dalam menjaga kestabilan suhu mesin.

Belum lagi oli Yang sudah jelek biasanya mengalami penguapan. Sehingga dapat mengurangi volume oli yang ada di dalam mesin.

Apabila volume oli berkurang secara drastis. Maka akan sangat berbahaya untuk komponen di dalam mesin.

Yang paling marah bisa membuat dinding. Silinder baret. Sehingga harus turun mesin.

BACA JUGA :

Residu Mesin

kenapa filter oli harus diganti

Kenapa oli mesin harus diganti karena adanya residu dalam mesin. Saat proses bekerja, mesin menghasilkan residu atau sisa-sisa seperti gram logam.

Apabila dibiarkan bersirkulasi di dalam mesin. Dapat menyebabkan komponen di dalam mesin menjadi aus.

Itulah mengapa juga ada rekomendasi untuk mengganti feel there oli secara berkala. Agar olinya bocor Pulasi benar benar bersih. Tidak ada endapan kotoran ataupun residu gram gram garam

So itulah dua alasan utama kenapa oli mesin harus diganti. Mengganti oli mesin juga tidak terlalu ribet dan juga tidak terlalu mahal.

Itulah juga kenapa filter oli harus diganti secara berlaka juga. Jadi jangan lupa mengganti oli mesin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Agar performa motor tetap maksimal, irit bahan bakar dan juga bertenaga.

Jika perlu catat waktu penggantian oli mesin agar tidak lupa. Jika sobat ingin membeli oli secara online. Saya sudah sediakan lima belianya di Shopee.

Ada beragam jenis dan merk oli yang sobat bisa pilih. Sesuai dengan selera dan juga budget sobat.

Namun, jika membeli oli secara online. Harus berhati hati karena banyaknya oli palsu yang beredar. Ada baiknya sobat membeli ofisial store nya saja atau toko toko yang mendapatkan predikat 100% original.

Baca artikel terbaru sob :

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar