RPMSUPER.COM – HONDA ADV 160 hadir dengan banyak hal yang baru. Sama seperti Honda ADV 150. Motor ini hadir dengan dua varian. Yakni varsi CBS dan ABS. Lalu apa saja Perbedaan ADV 160 CBS dan ABS?

Bedanya Honda ADV 160 CBS dan ABS ada cukup banyak. Sehingga bisa saja menjadi pertimbangan untuk sobat. Terutama dalam pemilihan unit untuk dibeli nanti. Yuk kita bahas daftar Perbedaan ADV 160 CBS dan ABS.

Perbedaan ADV 160 CBS dan ABS

Sistem Pengereman

Bedanya Honda ADV 160 CBS dan ABS

Perbedaan ADV 160 CBS dan ABS  yang pertama adalah sistem rem. Karena ini juga dari penamaan dari varian produknya.

Honda ADV 160 CBS menggunakan sistem rem Combined Braking System. Fitur ini sudah menjadi standar untuk motor matik Astra Honda Motor.

Jadi saat menarik tuas rem belakang. Maka secara otomatis dikombinasikan dengan rem depan. Karena masih cukup banyak pengendara yang belum bisa melakukan secara mandiri.

Sedangkan pada Honda ADV 160 ABS menggunakan sistem Anti-lock Braking System. Fitur ini mencegah terjadi roda mengunci saat terjadi pengereman.

Terutama saat pengereman keras dan mendadak. Bisa juga pengereman dijalanan yang licin. Tekanan rem akan diputus sepersekian mili detik. Untuk mencegah terjadinya penguncian roda.

Fungsi rem ABS tentu saja untuk keamanan. Sebab jika ban sudah terkunci. Motor akan lebih sulit dikendalilan.

ABS Honda ADV 160 berapa chanel? Sejauh informasi yang saya dapatkan. Honda ADV 160 ini hanya menggunakan single chanel.

Sistem ABSnya terdapat pada sistem pengereman depan saja.

BACA JUGA :

Lampu ESS

Perbedaan ADV 160 CBS dan  ADV 160 ABS adalah fitur ESS. Apa itu fitur ESS Honda? Merupakan singkatan dari Emergency Stop Signal. Fitur ini hanya ada varian ABS saja.

Fitur ini juga berguna untuk fungsi keselamatan. Bertujuan untuk menyalakan lampu hazard saat terjadi pengereman mendadak.

Fungsinya untuk memberikan sinyal ke pengendara di belakang kita. Agar tidak mendahului kita karena ada suatu hal di depan.

Fitur ESS ini tidak hadir pada Honda ADV 160 CBS

HSTC

Bedanya Honda ADV 160 CBS dan ABS selanjutnya. Pada Honda ADV 160 ABS terdapat fitur HSTC. Apa itu HSTC di motor ini?

HSTC adalah singkatan dari Honda Selectable Traction Control. Fungsinya untuk mengontrol traksi roda belakang. Agar tidak terjadinya selip pada roda belakang.

Fungsi HSTC Honda ADV 160 juga akan membantu mendapatkan traksi di jalanan yang licin. Untuk pengaturannya sendiri bisa diatur melalui saklar sebelah kiri.

Jadi 3 fitur di atas sama-sama untuk perihal safety. Jadi Honda ADV 160 lebih aman untuk digunakan berkendara.

Pilihan Warna ADV 160 CBS dan ABS

Perbedaan ADV 160 CBS dan  ADV 160 ABS ada pada pilihan warnanya.

Pada Honda ADV 160 CBS menggunakan warna glosy. Dengan tiga pilihan warna yang keren. Mulai dari Dynamic Red, Dynamic Black dan Dynamic White.

Sedangkan untuk Honda ADV 160 ABS hadir dengan warna doff. Pilihan warna yang ditawarkan memberikan kesan mewah. Juga hadir dengan 3 pilihan warna. Mulai dari Tough Matte Red, Tough Matte Black dan Tough Matte White.

Pilihan warna Honda ADV 160 adalah sama. Ada warna merah, hitam dan putih. Hanya saja yang versi CBS dengan finishing glosy. Sedangkan versi ABS dilabur dengan warna doff atau matte.

Emblem & Aksesoris

Perbedaan ADV 160 CBS dan  ADV 160 ABS

Perbedaan ADV 160 CBS dan  ADV 160 ABS selanjutnya pada hal-hal kecil.

Misalnya emblem pada ADV 160 versi ABS menggunakan warna gold. Sedangkan ADV 160 versi ABS hanya warna silver.

Kemudian ada perbedaan pewarnaan pada velg dan stang. Pada Honda ADV 160 ABS dilabur dengan warna titanium burnt. Sedangkan untuk Honda ADV 160 CBs hanya diberikan warna hitam saja.

Jadi secara warna memang Honda ADV 160 ABS dibuat lebih mewah secara keseluruhan. Tapi warna Honda ADV 160 CBS juga tidak kalah keren.

Harga ADV 160 ABS dan CBS

Perbedaan ADV 160 CBS dan ABS yang terakhir adalah harga. Dengan fitur-fitur yang berbeda. Kemudian finishing cat yang berbeda. Tentu saja akan menimbulkan Perbedaan Harga Honda ADV 160 ABS dan CBS.

Harga Honda ADV 160 CBS dibanderol diangka Rp 36.000.000. Sedangkan untuk harga Honda ADV160 ada diangka 39.250.000.

Jadi Perbedaan Harga Honda ADV 160 ABS dan CBS hanya Rp 3.250.000 saja. Padahal fitur ABS dan HSTC adalah fitur yang premium.

Setelah mengetahui Perbedaan ADV 160 CBS dan ABS. Kira-kira pilihan yang mana? Tentu saja pilihan kembali ke sobat.

Meskipun Perbedaan Harga Honda ADV 160 ABS dan CBS tidak banyak. Tapi jika sobat merasa fitur-fitur pembeda tidak terlalu sobat butuhkan. Tidak masalah mengambil versi CBS.

Namun, jika sobat ingin mendapatkan fitur safety terkini. Selain itu ingin tampil lebih elegan dan mewah. Bisa langsung memilih varian ABS saja.

Meskipun sudah keren. Saya sudah sediakan link pembelian aksesoris Honda ADV 160 di Shopee. Mungkin untuk awal-awal belum banyak.

Namun, lama kelamaan akan banyak pilihan aksesoris untuk satu ini. Jadi langsung cuss saja ya.

BELI AKESORIS HONDA ADV 160 [KLIK]

Baca artikel terbaru :

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar