tim Safety Riding dari Honda Motor Center Semarang melakukan edukasi tentang safety riding saat kondisi hujan. Yang membuat saya tertarik adalah 3 Masalah Kesehatan Berkendara Saat Hujan.

3 Masalah Kesehatan Berkendara Saat Hujan

Diposting pada

RPMSUPER.COM – Saat masuk dalam musim penghujan, terkadang kita tidak bisa menghindari berkendara dalam kondisi hujan. Beberapa waktu yang lalu, tim Safety Riding dari Astra Motor Center Semarang melakukan edukasi tentang safety riding saat kondisi hujan. Yang membuat saya tertarik adalah 3 Masalah Kesehatan Berkendara Saat Hujan.

Berkendara dalam kondisi hujan dan cuaca cerah berbeda. Mulai dari jalanan basah yang membuat jalan licin. Suhu yang rendah juga menjadi tantangan dalam konsentrasi saat berkendara. Lalu apa saja masalah Kesehatan yang bisa saja terjadi pada kita. Juga bagaimana cara mengatasinya Simak artikel ini sob,

Masalah Kesehatan Berkendara Saat Hujan

Dehidrasi

4 Alasan untuk Membawa Air Mineral Saat Berkendara - Otomotif Liputan6.com

Dehidrasi adalah kondisi tubuh saat terjadi penurunan cairan dalam tubuh. Berbeda dalam kondisi cerah atau panas yang akan mudah disadari saat kita mulai mengalami dehidrasi. Pada saat kondisi hujan, gejala dehidrasi tidak terasa seperti saat tenggorokan mulai kering. Dehidrasi ini dapat berakhibat kondisi badan menjadi lesu, kram otot dan menurunnnya tingkat konsentrasi. Solusi dehidrasi saat hujan adalah menggunakan jas hujan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, bahan yang nyaman agar tidak gerah serta tidak lupa menggunakan ukuran yang sesuai.

Ulkus Kornea

Ulkus kornea - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

Ulkus korena adalah kondisi dimana terjadinya luka pada bagian kornea mata. Ada beberapa hal yang menyebabkan kejadian ini. Hal yang paling sering adalah saat air hujan masuk ke mata secara langsung. Yang mana kita tidak tahu dari mana asal dari air hujan tersebut. Bisa saja air hujan tersebut membawa bakteri, kotoran, garam bahkan hal lainnya yang dapat menggores kornea mata. Gejala yang paling terlihat adalah mata menjadi merah.

Kejadian ini sering terjadi karena helm tidak memiliki visor, atau visor helm mengembun, bisa juga karena visor yang terlalu gelap yang memaksa kita membuat kaca helm. Untuk dari itu, dalam kondisi musim penghujan ini ada baiknya menggunakan visor bening. Bisa juga menggunakan helm yang memiliki system double visor yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Jangan lupa mengantisipasi kaca helm mengembun, seperti mengoleskan shampoo atau pasta gigi pada bagian dalam kaca helm sebelum bepergian. Sobat juga bisa membaca tips-tips untuk mengindari kaca helm mengembun pada artikel di bawah ini.

BACA JUGA : 3 Solusi Kaca Helm Mengembun

Hipotermia

Tips Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Hipotermia

Adalah sebuah keadaan tubuh mengalami penurunan suhu secara derastis. Kondisi hujan menurunkan suhu lingkungan secara singfinikan. Belum lagi untuk sobat yang berkendara pada daerah yang bersuhu dingi. Bisa membuat cuaca semakin tidak bersahabat untuk berkendara. Namun, bisa juga menghampiri pada sobat yang berkendara dengan pakaian basah saat kondisi hujan.

Akibat dari hipotermia ini tentu saja menurunkan focus saat berkendara, mengurangi kemampuan fisik bahkan bisa mempengaruhi tingkat kesadaran. Cara menghindari hipotermia saat berkendara adalah jangan menunda-nunda menggunakan perlengkapan. Gunakan perlengkapan hujan yang lengkap, seperti jas hujan, sarung tangan yang tahan air dan sepatu tahan air atau mantel sepatu. Selain menjaga suhu badan, perlangkapan itu juga membuat riding kita menjadi lebih nyaman.

So itulah 3 Masalah Kesehatan Berkendara Saat Hujan hasil sharing dengan tim Safety Riding Astra Motor Semarang. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terutama saat riding dalam kondisi hujan seperti ini. Karena tidak bisa kita hindari, maka kita harus meminimalisir resikonya. Stay safe dan tetap #cari_aman ­– RPMSUPER.COM

Silahkan Masukan Komentar