Tips Membeli Motor Bekas

dealer

RPMSUPER.COM – Motor merupakan transportasi nomor satu di Indonesia. Sekarang model dan bentukpun mulai berfariatif dan semakin kesini motor yang ditawarkan oleh pabrikan motor semakin menggiurkan serta harga yang semakin terjangkau. Namun, tidak semua warga Indonesia membeli motor baru .

Bukan perkara mampu atau tidaknya membeli motor baru, tetapi  mungkin tidak mau direpotkan dengan motornya seperti harus rajin service pertama dan seterusnya. Menunggu plat nomer, surat kelengkapan motor keluar yang sekarang makin lama dll. Nah, agar tidak salah arah membeli motor bekas ,RPM ingin berbagi sedikit tips tentang membeli motor bekas.

Pada dasarnya hampir semua orang sudah tahu bahkan sobat RPM sendiri. Namun, tak ada salahnya memperhatikan beberapa cara berikut agar tidak tertipu atau terjadi hal yang diinginkan .Cekidot bro 😀

1.Harga Pasaran

harga motkas
Contoh daftar harga motor bekas

Cara ini penting untuk diketahui agar kita tidak mendapatkan harga yang terlalu mahal. Ini bisa dilakukan dengan menyurvei lewat situs jual beli online maupun langsung menuju dealer yang terdekat. Ya walaupun harga masih dipengaruhi oleh kondisi motor sendiri, setidaknya kita bisa menghindari mendapat harga yang over. Namun, harus diingat tiap daerah berbeda ya 😀 .

2.Periksa Kondisi Motor

Pastikan motor yang akan dibeli dalam kondisi prima agar kita tidak banyak PR setelah kita membelinya. Antara lain cek beberapa komponen seperti : kaki-kai (ban ,as swing arm dll), pengereman, bagian mesin perhatikan tidak ada oli yang bocor, setelan klep kondisi kelistrikan dan tanyakan juga bagaimana perawatan motor tersebut. Serta jangan lupa tanyakan apakah motor yang akan sobat beli pernah kecelakaan belum. Jika sudah harus cek bagian rangka atau langsung saja test ride motor tersebut .

3.Perhatikan Speedometer

speedo
Yang diperhatikan trip meternya 😀

Langkah ini dilakukan agar anda tahu apakah motor tersebut sering digunakan atau tidak. Cara ini juga penanda apa saja yang harus dipersiapkan setelah membelinya. Biasanya jika sudah lama digunakan beberapa part sudah mulai aus. Misal seperti, kampas rem, gear set dan mungkin melakukan servis besar .

4.Bodi Motor

images (9)

 

Perhatikan bodi motor apakah ada kecacatan maupun tidak. Sebenarnya cara ini masuk cara ke nomor 2 😀 . Pastikan tidak ada lampu dan spion yang pecah, perhatiakan juga setiap bodi siapa tahu anda menemukan bekas baret maupun bekas kecelakaan .

5.Kelengkapan Surat-Surat

bpkb-dan-stnk-_130424152545-915
Wajid ada !

 

Yup, surat-surat seperti BPKB , STNK itu sangat penting dan harus dimiliki untuk setiap pemiliki kendaraan ,jangan sampai motor yang anda beli bodong (tanpa surat-surat) karena bisa saja motor bodong adalah motor curian 😮 . Cek juga plat nomernya apakah asli mapun tidak. Jika masih kurang yakin bisa mengeceknya dengan mengirimakan SMS ke center kepolisian terdekat.

  • Untuk wilayah Jakarta kamu bisa memeriksa plat B dan BK caranya, ketik: Metro<spasi>nomor polisi kirim ke 1717. Contoh : Metro B8118HJ
  • Wilayah Jawa Timur, ketik : JATIM<spasi>nomor polisi kirim ke 1717
  • Wilayah Jawa Barat, ketik: poldajbr<spasi>nomor polisi kirim ke 3977
  • Wilayah Jawa Tengah, ketik: jateng<spasi>nomor polisi kirim ke 7070
  • Wilayah Yogyakarta, ketik: DIY<spasi>nomor polisi kirim ke 9600

Perhatikan juga masa berlakunya jangan sampai melewati batas lho ya 😀 .

6.Nomer Mesin dan Rangka

nomor mesin

nomor rangka

Nomor rangka dan mesin wajib ada dan sama dengan yang ada di surat nomor tanda kendaraan dan bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Bila tidak sama, sebaiknya tidak usah dibeli bray. Kemungkinan besar motor tersebut bermasalah.

 

7.Menentukan Lembaga Penyalur Kredit

Jika sobat RPM tidak ingin membeli motor tersebut dengan cash, atau dengan kata lain kredit terlebih pembeliannya di dealer motor bekas. Menutur Carmudi Indonesia  tentukan lembaga penyalur kredit yang ditentukan jika sudah deal harga. Langkah ini juga dimaksudkan untuk  mengetahui besanya uang muka, besarnya bunga dan jangka waktu pembayaran .

8.Belajar Tentang Motor

Hal ini cukup penting terlebih untuk mengetahui kondisi motor luar dalam ,tidak perlu dengan sekolah motor. Namun, hanya cukup mengajak teman yang tahu akan kendaraan saat hendak membeli kendaraan bekas. Hal yang paling mudah dengan browsing di internet atau tanya-tanya di mbah google :mrgreen: tentang kelebihan dan kekurangan motor tersebut 😀 .

Langkah ini juga penting, periksalah nomer rangka dan nomer mesin motor tersebut. Sesuai atau tidak dengan yang ada di STNK .Cara dimaksud untuk mengetahui motor tersebut sudah dipermak ataupun belum 😀 .

Last… mungkin hanya sedikit yang dapat RPM sampaikan semoga dapat membantu dalam proses pembelian motor bekas .Jangan lupa siapkan dana yang sesuai dengan kantong dan carilah motor yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda 😀 .Sekian mohon undur diri ,semoga berguna dan bermanfaat 😀  -RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

No Comments

Masukan komentar Anda