Review Suzuki GSX R-150

Review Suzuki GSX R-150

RPMSUPER.COM – SUZUKI salah satu pabrikan raksasa dari Jepang yang ada di Indonesia dan memiliki banyak sekali produk yang sudah menjadi legenda. Suzuki kembali mengeluarkan varian sport terbaru dikelas motor 150cc.

Setelah sekain lama hanya  mengandalkan varian Satria Fu mereka. Suzuki merilis GSX 150 series dan kini sedang gencar-gencarnya melakukan promosi untuk varian baru ini.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan full Review Suzuki GSX R-150. GSX R ini adalah versi fairingnya dan R disini adalah singkatan dari kata “Racing” yang memang desainnya cukup racing. Sedangkan yang seri S, adalah versi nakednya.

Saya mencoba unit ketika acara launching GSX Series di Kota Semarang pada tanggal 4 Maret 2017 dan dicoba ketika melakukan city touring mengitari Kota Semarang. Saya menggunakan sebagai pengendara dan pembonceng. Review Suzuki GSX R-150

Tampilan & Built Quality

Suzuki GSX R-150

Tampil dengan sedikit melawan arus, yaitu dengan menggunakan headlamp single sedangkan kompetitornya menggunakan dual headlamp model. Tapi, headlamp pada GSX R sudah mengusung tipe LED yang akan membuat cahay lebih terang.

Jika sobat meremehkan tampilan si-GSX R ini dari foto, berarti kita sama :mrgreen: . Namun, setelah melihat unit langsung di depan mata, ternyata tampilannya ciamik bro n sis. Detailingnya yang juga cukup mantap dan ntuk tampilannya sangatlah racing.

Yang menarik pada fender belakang ada tambahannya. Jadi saat kita ingin mengeluarkan aura racing sepenuhnya bisa melepas fender extender (ngasih nama sendiri :mrgreen: ) ini. Review Suzuki GSX R-150

Tapi, jika sedang menghadapi musim hujan bisa memasang kembali fender ekstender ini dengan memasang beberapa baut yang menempel. Mengingat cipratan air akan cukup ganas jika tidak menggunakan fender ekstenter.

Bagaimana dengan built quality dari komponennya. Tidak usah ditanyakan lagi bro, karena memang bulit quality ini memang top. Plastik yang digunakan terlihat solid dan kokoh. Saat diketuk juga suaranya cukup adem.

FYI (for your information) Suzuki GSX R150 ini memiliki bobot paling ringan dikelasnya yaitu diangka 131 kg dan hal ini membuat motor ini memiliki power to ratio yang bagus. Mungkin secara di atas kertas kalah secara spesifikasi, tetapi jika di jalan langsung kenyataannya bisa berbeda.

Riding Position

Mengusung konsep racing dan menggunakan stang underyoke membuat posisi berkendara motor ini sangat menunduk. Tapi jangan khawatir bro, dalam hitungan waktu yang tidak lama sobat akan menyetel menjadi satu dengan kuda besi ini.

Memang pada bagian telapak tangan akan terasa nyeri akibat menahan beban hidup :mrgreen: , akibat menahan beban pengendara apalagi riding dengan membawa boncengan beban akan menambah.

Untuk pembonceng sama sekali tidak nyaman, joknya super kecil dan super keras. Hal ini akan membuat pantat akan cepat sakit. Rasanya motor ini lebih tepat untuk para jomblo yang ada di luar sana :mrgreen: .

Tinggi jok hanya 785 mm ditambah dengan lebar tangki yang kecil membuat rider bertubuh pendek tetap pede dan kaki bisa menapak. Untuk penulis sendiri kaki bisa menapak dengan sempurna dan lutut menekuk.

Performa

Menggunakan mesin DOHC 150 cc satu silinder fuel injection, performanya bisa dikatakan bagus. Walaupun DOHC permbagian power pada putaran bawah hingga menengah sangat linear dan sesuai dengan bukaan gas.

Baru pada putaran tinggi putaran mesin cepat naik dan tenaga yang dikeluarkan cukup narik. Maklum torsi motor maksimum GSX R150 ini berada di angka 9000 rpm dengan angka 14,0 N/m. Dengan bobot yang ringan power motor tersalurkan secara sempurna.

Review Suzuki GSX R-150. Pendinganan pada motor ini sudah menggunakan pendinginan dengan air atau disebut dengan water cooler. Sayangnya suhu mesin pada GSX R cukup tinggi apalagi digunakan dalam keadaan macet.

Fitur

Fitur pada motor ini cukup kekinian dan bahkan bisa dikatakan eksklusif untuk motor kelas 150 cc. Salah satu fitur andalan dari Suzuki GSX R ini adalah Key-less ignition system.

Sistem kunci ini meningkatkan keamanan motor karena tidak perlu menggunakan kunci lagi. Tinggal nyalakan remot, putar kunci ini (pengoperasiannya mudah kok seperti menggunakan kompor gas :mrgreen: ) kemudian tekan tombol start.

Fitur yang lain ada menggunakan headlamp full-LED, speedometer LCD full-digital yang sangat mudah dibaca dan cukup komplit (sayang sekali minus indikator suhu). Motor ini  juga dilengkapi dengan answer back system yang memudahkan mencari motor dalam parkiran.

Handling & Pengereman

Dengan bobot motor yang ringan memungkinkan pengendara untuk melakukan manuver lebih mudah dan lebih ringan. Apalagi ditambah dengan stang jepit underyokenya yang memudahkan handling.

Pengereman menggunakan sistem cakram pada bagian depan dan belakang yang memiliki performa bagus. Pada bagain depan menggunakan rem Brembo yang made in India (kalau tidak salah di sebut Bybre (by brembo)). Ditambah dengan model petal disc brake yang lebar.

Kesimpulan

Motor ini sangat tepat bagi anda yang performance-oriented karena performa motor ini cukup menjanjikan. Ditambah anda lebih sering riding sendiri dan digunakan pada kondisi lalu lintas yang tidak terlalu ramai, mengingat suhu mesinnya cukup tinggi.

Kelebihan :

  1. Performa bagus.
  2. Bulit quality mantap.
  3. Ringan.
  4. Fitur kekinian.
  5. Harga terendah dikelasnya.

Kekurangan :

  1. Kurangnya kenyamanan baik bagi pendendara maupun pembonceng.
  2. Suhu mesin yang tinggi.

Last… GSX R 150 layak menjadi list motor baru anda. Full review ini murni opini saya tidak ada yang saya tambah ataupun kurangi. Jika anda mendapatkan hasil yang berbeda itu sangatlah wajar bray 😀 .

 

Sekian dari saya, penulis mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua. RPMSUPER.COM – FULL REVIEW SUZUKI GSX R 150 –

Untuk melihat versi videonya bisa dilihat langsung melalui video dibawah ini :

Baca juga bray

2 Comments

Masukan komentar Anda