Perbedaan Suzuki Ertiga Lama dan Terbaru

0
Perbedaan Suzuki Ertiga Lama dan Terbaru

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Hadirnya All New Suzuki Ertiga membawa refreshment untuk pasar dan untuk pecinta Suzuki. Sebab, sekarang semakin banyak pilihan mobil LMPV dan membuat konsumen bingung.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan  membahas Perbedaan Suzuki Ertiga Lama dan Terbaru atau bisa dikatakan apa saja upgrade Suzuki Ertiga Terbaru model 2018 ini. Yang akan saya bandingkan adalah yang sama-sama tipe GX ya.

Sebab, sebelum facelift ada varian yang paling atas dengan nama Suzuki Ertiga Drezza. Sekarang saat artikel ini ditulis tidak ada varian Drezza melainkan ada varian GX ESP. Perbedaan Ertiga GX ESP dan yang biasanya hanya ada pada fitur Eletronik Stabilty Programme yang ada pada varian GX ESP.

Tambahan, yang kita bahas adalah Perbedaan Suzuki Ertiga Lama dan Terbaru yang bagus-bagus saja alias poin yang positif saja. Di artikel selanjutnya akan kita bahas downgrade yang terjadi pada mobil ini.

Perbedaan Suzuki Ertiga Lama dan Terbaru

Perbedaan Suzuki Ertiga Lama dan Terbaru

  1. Desain

Hal yang paling terlihat adalah pada desainnya. Jika dulu Ertiga hadir dengan desain serba membulat. Sekarang Ertiga hadir dengan desain yang lebih modern dan dinamis dengan hadirnya banyak garis meruncing pada desainnya. Sekarang secara tampilan juga lebih segar dan mengikuti tren pasar yang ada.

2. Dimensi

Selain desain, dimensi mobil ini juga mengalami pemelaran. Jika Ertiga model 2017 memiliki dimensi 4265x1695x1685. Untuk dimensi Ertiga model 2018 menjadi 4392x1735x1690.

Dengan membesarkannya ukuran mobil, membuat kelegaan dalam kabin juga bertambah. Juga pada bagian bagai mengalami penambahan ukuran. Seperti yang kita ketahui Ertiga adalah salah satu LMPV dengan bagasi paling sempit. Sekarang sudah ada perbaikan.

Untuk ground clearance juga mengalami penurunan walaupun tidak signifikan. Ground clearance All New Ertiga turun 5 mm menjadi 180 mm. Memang sangat tidak signifikan sih, tetapi masih tergolong tinggi.

Walaupun secara bodi membesar, tetapi secara berat mengalami penurunan bray. Jika pada Ertiga lama memiliki berat 1175 kg untuk varian manual dan 1.185 kg untuk varian yang otomatis. Sekarang mengalami penurunan berat yang signifikan.

Berat kosong dari Suzuki All New Ertiga adalah 1.115 kg untuk varian yang manual. Sedangkan untuk varian matiknya menjadi 1.135 kg. Turun 60 kg untuk varian manual dan turun 50 kg untuk varian yang otomatis.

” Baca Juga : Prakiraan Harga Suzuki Ertiga 2018

3. Mesin Suzuki Ertiga Lama vs Eriga Baru

Selanjutnya ada perbedaaan dari dapur pacunya. Sekarang Ertiga 2018 sudah menggunakan kubikasi mesin 1.500 cc walaupun masih sama-sama 4 silinder dengan teknologi VVT.

Sedangkan untuk Suzuki Ertiga lama masih menggunakan mesin 1.400 cc. Walaupun hanya berbeda 100 cc secara di atas kertas. Namun, pada bagian mesin mengalami kenaikan yang cukup siginifikan.

Sekarang All New Suzuki Ertiga memiliki tenaga maksimal 104 ps dan torsi 138 nm. Berbeda dengan mesin lama yang hanya mampu menghasilkan tenaga 92 ps dan torsi maksimal 130 nm.

4. Lampu

Lampu juga mengalami sedikit peningkatan. Pada model lama masih menggunakan lampu yang standar pada semua instrumen. Sekarang menggunakan projektor walaupun masih halogen untuk bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang sudah dilengkapi dengan LED bar untuk lampu kota dan lampu led titik-titik untuk lampu rem.

5. Interior Ertiga lama dan Ertiga Baru

Sekarang interior All New Suzuki Ertiga hadir dengan desain dan lay out yang lebih mewah dibandingkan dengan generasi sebeluimnya. Sekarang terdapat banyak aksen wood panel yang memiliki finshing glosy. Mulai dari doortrim hingga pada bagian tengah dahsboard.

Pada bagian stir juga mengalami peningkatan. Dari segi desain sekarang menggunakan flat bottom steering wheel. Jika sebelumnya hanya ada audio steering swith sekarang sudah ada bluetooth telephoning. Tidak lupa penambahan aksen kayu pada stir menguatkan kesan mewah pada interior mobil ini.

5. Keyless Ignition System

Sekarang All New Suzuki Ertiga juga sudah dilengkapi denga keyless ignition system yang kekinian. Selain lebih aman dibandingkan dengan kunci immobilizer yang ada divarian sebelumnya. Juga lebih praktis dalam pengguaan. Oh ya, sistem keyless pada mobil ini sudah teringrasi dengan tombol start-stop engine.

6. Head-Unit

Dari sisi hiburan dalam mobil juga mengalami peningkatan. Jika sebelumnya belum menggunakan layar monitor. Sekarang sudah menggunakan layar monitor berkururan 6,8 inchi yang memiliki beberapa fitur seru.

Sebut saja sudah bisa navigasi dengan aplikasi Waze yang ada di dalamnya. Juga sudah terhubung dengan audio steering switch dan bisa terkoneksi dengan bluetooth. Ya walaupun dari desain frame head unit menurut saya agak kurang cantik.

7. Perbedaan Suzuki Ertiga Lama dan Terbaru lain

Ada beberapa improvement kecil yang cukup bermanfaat. Misalnya terdapat cup holder yang terdapat lubang ventilasi AC. Membuat minuman Anda lebih dingin atau dingin lebih lama selama perjalanan.

Selanjutnya ada penambahan ukuran MID atau multi information display pada speedometer pada bagian tengah. Walapun dari sisi kelengkapan sama saja dan juga masih menggunakan layar monocrhome. – RPMSUPER.COM – Perbedaan Suzuki Ertiga Lama dan Terbaru – Apa saja Upgrade fitur pada All New Suzuki Ertiga 

Lihat dalam video untuk lebih detail Daftar Upgrade All New Suzuki Ertiga 2018

 

Referensi : pricelistsuzuki.comB-Channel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here