Komparasi All New Rush TRD Sportivo Vs Xpander Ultimate

4
Komparasi All New Rush TRD SPortivo Vs Xpander Ultimate

Komparasi All New Rush TRD SPortivo Vs Xpander Ultimate

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Sekarang ini penjualan mobil kelas menengah bawah semakin bergairah. Bukan hanya persaingan yang semakin ketat dari setiap produsen. Tapi, juga semakin selektif para konsumen dalam menentukan pilihan mobil.

Nah, produk yang memiliki hype yang 

adalah Toyota All New Rush dan Mitsubishi Xpander. Sebenarnya keduanya berada di kelas yang berbeda.

Namun, karena kebanyakan orang Indonesia hanya melihat dari harganya. Jadilah kedua mobil ini dibandingkan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas Komparasi All New Rush TRD SPortivo Vs Xpander Ultimate.

Agar sama-sama adil kita hanya akan membahas tipe tertingginya saja. Sebab, Mitsubishi Xpander memiliki tipe yang lebih banyak. Juga agar memudahkan dalam komparasinya bray.

Disclaimer, di sini kita tidak akan membahas bagaimana brand dan sebagainya. Sebab, Komparasi All New Rush TRD SPortivo Vs Xpander Ultimate ini murni di atas kertas saja.

Komparasi All New Rush TRD SPortivo Vs Xpander Ultimate

all new rush vs xpander

Eksterior

Hal yang pertama yang dibahas adalah pada sektor eksterior atau desain secara keseluruhan antara Xpander Vs All New Rush. Masing-masing memiliki karakter desain sendiri. Untuk All New Rush hadir lebih fresh dibandingkan dengan pendahulunya.

Sekarang tampilan All New Rush lebih modern dengan desain yang dikatakan aman dan mainstream. Mengapa mainstream ? Ya karena sudah banyak desain yang mirip, misalnya lampu yang menyipit dan lain-lain.

Namun, secara pribadi secara overal desain saya lebih suka tampilan depan dari All New Rush dibandingkan dengan Xpander. Terlebih pada bagian lampunya. Pada All New Rush sudah mengadopsi lampu Full LED. Mulai dari lampu senja, dan lampu utamanya.

Lalu pada bagian belakang juga tidak kalah cantik. Sebab, garis desain yang digunakan dari All New Rush ini diturunkan dari kakaknya, All New Fortuner. Dipadukan dengan lampu LED.

Karena sebanarnya mobil SUV, All New Rush TRD Sportivo juga ada beberapa bodi kit yang menguatkan kesan SUV look-nya. Misal saja over-fender pada bagian depan belakang. Juga ditambah dengan underguard depan belakang yang membuat tampilan semakin manis.

Sedangkan desain dari Mitsubish Xpander bisa dikatakan sangat out of the box. Karakter desain yang kuat akan sangat mudah dikenali orang. Bahkan untuk orang awam sekalipun. Garis desain Xpander sendiri juga diturunkan dari All New Pajero Sport.

Namun yang disayangkan, dengan desain yang sudah anti-mainstream. Pada lampu utama masih menggunakan lampu halogen biasa. Menurut saya lay out lampunya juga cukup unik dan aneh.

Pada bagian belakang saya juga desain dari Mistubishi Xpander ini. Sudah dilengkapi dengan LED Bar sebagai lampu senja. Juga pada bagian kaca penumpang baris ketiga menyaitu dengan kaca belakang yang meembuatnya semakin elegan.

Interior Xpander vs All New Rush

Komparasi All New Rush TRD Sportivo Vs Xpander Ultimate selanjutnya adalah pada bagian interior. Lagi-lagi saya lebih suka desain pada Toyota All New Rush sob. Desainnya yang lebih sederhana dan elegan.

Apalagi pada beberapa panel juga sudah dilengkapi dengan material kulit dan juga diberikan aksen jahitan asli. Ditambah dengan adanya arm-rest membuat tampilan semakin elegan dan juga lebih nyaman dalam pengguaan.

Tidak hanya itu, dengan warna dominan warna hitam dan dipadu warna putih. Membuat tampilan interior dari Toyota All New Rush terlihat lebih mewah. Namun dengan bentuk kisi AC yang membulat, mengurangi kesan premium dalam mobil ini.

Berbeda dengan Rush 2018 yang menggunakan warna dominan hitam. Interior Mitsubishi Xpander menggunakan warna beige untuk tipe tertingginya, yaitu tipe ultimate. Sebab, untuk tipe sport menggunakan warna hitam.

Dengan warna yang terang ini memang membuat suasana kabin lebih lega. Namun, penggunaan material full hard plastik pada dashboard dan dortrim mengurangi kesan premium pada Mitsubishi Xpander.

” Baca Juga : Kelebihan All New Toyota Rush 2018 “

Namun, yang membuat interior sedap dipandang mata adalah perpaduan warnya yang apik. Ditambah dengan beberapa material panel kayu yang ada. Sayangnya, pada bagian dashboad diberikan jahitan palsu.

Jika dilihat pada baris penumpang tengah. Keduanya ada plus dan minusnya sendiri. Jika pada Mitsubishi Xpander terdapat arm-rest tanpa head-rest untuk penumpang tengah baris kedua . Berbanding terbalik, All New Rush memiliki head-rest, tetapi hadir tanpa arm-rest.

Mesin Xpander Vs All New Rush

Sekarang kita akan bahas pada dapur pacunya. Keduanya sama-sama menggunakan mesin 1.500 CC dengan empat silinder. Masing-masing sudah dilengkapi dengan teknologi katup variabel.

Mivec disematkan pada Mitsubish Xpander. Sedangkan teknologi dual VVT-i dibenakan ke mesin Toyota all New Rush. Tenaga maksimal dari kedua mobil ini juga hampir mirip-mirip bray.

Power maksimal Mitusbishi Xpander dan Toyota All New Rush sama-sama 104 daya kuda. Juga sama-sama didapat pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimal terdapat perbedaan diantara keduanya.

Torsi maksimal All New Rush hanya 136 nm pada 4.200 rpm. Sedangkan torsi maksimal Mitsubish Xpander adalah 141 nm pada 3.600 rpm. Memang secara di atas kertas lebih besar. Namun, jangan lupa mempertimbankgna powert to weight ratio. Sebab, Mitsubishi Xpander lebih berat 75 kg dibandingkan Toyota all New Rush.

Perbedaan mesin Xpander dan All New Rush juga pada penggerak rodanya. Pada Mitsubish iXpander menggunakan FWD atau penggerak roda depan. Sedangkan All New Rush menggunakan penggerak roda belakang atau RWD.

Transmisi Xpander Vs All New Rush

Transimsi dari Xpander Vs All New Rush tidak ada yang istimewa sob. Sebab, keduanya masih menggunakan transmisi konvesional. Untuk Mitsubishi Xpander tipe Ultimate hanya tersebut transmisi otomatis 4 percepatan tanpa CVT.

Sama halnya dengan Xpander. All New Rush juga menggunakan transimis 4 percepatan tanpa CVT untuk varian matiknya. Namun, All New Rush memiliki varian manual 5 percepatan.

Fitur Xpander Vs All New Rush

 Xpander Vs All New Rush

Fitur dari kedua mobil ini hampir mirip-mirip bray. Sama-sama menggunakan head-unit monitor yang juga sudah terintegrasi dengan kamera mundur. Namun, pada Xpander tidak terdapat sensor parkir.

Kedunya juga sudah menggunakan keyless smart enty. Juga keduanya sudah menggunakan fitur push start stop button. Namun pada bagian panel AC, Xpander kalah premium.

Pada Toyota All New Rush menggunakan panel digital yang sudah dilengkapi dengan fitur auto-climate. Pada Toyota All New Rush juga terdapat elemen pemanas pada bagian kaca belakang atau kita kenal dengan nama Defogger. Di mana fitur ini absen di Xpander.

Namun, walaupun pada Mitsubishi Xpander masih menggunakan analog dan tombol model putar-putar. Mitsubishi Xpander memiliki keleluasan dalam pengaturan semburan AC. Walaupun pengaturannya juga standar saja.

” Baca Juga : Hasil Crash Test Mitsubish Xpander Tipe GLS “

Komparasi All New Rush TRD SPortivo Vs Xpander Ultimate pada Fitur keselamatan keduanya sama-sama menggunakan rem ABS. Cakram untuk bagian depan dan rem drum untuk bagian belakang. Juga sudah teringrasi dengan EBD dan BA. Keduanya juga sudah menggunakan electronic stabilty control yang terintegrasi dengan hill-start-assist.

Pada sisi fitur keselamatan lagi-lagi All New Rush lebih unggul dibandingkan dengan Xpander. Jumlah air-bag pada Toyota Rush 2018 terdapat sebanyak 6 buah. Sedangkan Xpander hanya dua buah saja.

Dari fitur keselamatan antara Xpander Vs All New Rush. Mitsubishi Xpander juga harus mengaku kalah. Sebab, pada All New Rush terdapat seat-belt indicator di setiap tempat duduk hingga penumpang bari ke tiga.

Kesimpulan Komparasi All New Rush TRD Sportivo Vs Xpander Ultimate

Jika kita lihat secara fitur antara Xpander Vs All New Rush di atas kertas. Memang Toyota All New Rush lebih unggul. Namun, kalau melihat dari segi harga memang wajar saja karena Toyota All New Rush lebih mahal dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander.

Dengan perbedaan rentang harga. Dananya mungkin bisa dibuat untuk mempercanti tampilan Mitsubish Xpander dengan berbagai variasi. Memang jika fitur fungsional semacam air-bag tidak bisa ditambahkan.

Namun, pilihan kembali lagi ditangan Anda. Di atas hanyalah fitur di atas kertas. Sobat memang harus meencobanya sendiri-sendiri untuk menentukan siapa pilihan yang cocok di antara keduanya – RPMSUPER.COM

Referensi : autonetmagz.com

RPMSUPER.COM juga ada di :

Youtube Channel : RPMSUPER ( Update Rabu dan Sabtu )

Facebook Fanspage : RPMSUPER-MotoBlog ( Daily Update )

Instagram : rpmsuper_ ( Daily Update )

- ALL ABOUT AUTOMOTIVE - RACING - TECHNOLOGY -

4 KOMENTAR

  1. Untuk mobil keluarga jelas XPander lbih nyaman, lapang dan berkarakter. NewRush sempit sesempit mobil yg desainnya dia copas dari depan sampe belakang (BRV). Buat mereka yg cari Real SUV, New Rush bukan pilihan karena ia lbih berkarakter MPV. (ngikut BRV, cuma ditinggiin). Chevrolet Track malah lbih kerasa karakter SUVnya.

  2. Gagahan xpander,kesan gede mirip suv nya dapet bgt,kalo rush diliat dari jauh gagah,tapi diliat detail&deket kok kecil ya,malah jadi mirip avanza yg mukanya dibikin sangar,padahal justru sisi itu yg lebih dqri xpander

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here