Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

LedNempeldiReflektor_zps3855ccf5

RPMSUPER.COMΒ – Lampu LED kini kian menjadi trend modifikasi motor untuk sistem pencahayaan motor. Terlebih untuk lampu utama, karena dulu hanya tersedia untuk lampu fariasi dan lampu senja saja.

LED yang mempunyai kepanjangan Β Light Emitting Diode sudah lama ditemukan untuk peralatan rumah tangga, elektronik dll. Lampu LED sendiri terkenal dengan daya yang cukup kecil. Dibandingkan dengan
lampu bohlam biasa bahkan lampu HID serta mempunyai sorotan cahaya yang fokus dengan jangkauan cukup luas namun tidak membuat mata orang silau .

Kini lampu LED banyak sekali variannya mulai dari lampu senja hingga untuk lampu luxeon serta strobo :mrgreen: . Pancaran yang sangat terang namun daya yang rendah menjadikan lampu LED ini menjadi favorit untuk lampu fariasi atau lampu utama.

Hal ini juga telah diterapkan oleh beberapa pabrikan motor. Dimulai yang terbaru Honda Vario 110 yang menggunakan lampu utama dengan jenis lampu LED yang membuatnya semakin keren dan tetap Β fungsional. Untuk lampu rem juga sudah banyak diaplikasikan contoh Yamaha R15 dan R25 , Suzuki Shogun, Honda New Supra X 125 dan mungkin masih banyak lagi yang saya tidak tau.

Lampu LED juga kerap digunakan untuk lampu DRL. Namun, lampu LED membutuhkan beberapa syarat agar cahaya mampu bersinar terang dan awet atau tahan lama. Yang paling utama adalah sistem kelistrikan harus menggunakan sistem DC atau langsung mengambil daya dari aki tanpa harus menggunakan daya dari putaran dan spull motor.

Yang kedua jarang diperhatikan namun cukup ampuh agar cahayanya dapat menyebar dengan sempurna yaitu reflektor khusus untuk lampu LED. Kalau untuk lampu halogen atau biasa dapat menggunakan relektor dari mika / plastik. Sedangkan untuk LED sebenernya mempunyai konstrusi yang khusus seperti yang ada di Honda Vario 110.

dsc_0401

Lampu tidak langsung terekpose agak tersembunyi. Satu lagi kelebihan lampu LED, yaitu mempunyai umur yang cukup panjang dari 10.00 jam hingga 50.000 jam. Tergantung tipe dan harga pastinya :mrgreen: . Namun sangat disayangkan, harganya yang cukup tinggi. Dibandingkan, dengan lampu biasa.

Namun, lampu LED tidak berdiri sendiri. Biasanya ada beberapa titik lain mulai dari dua hingga puluhan titik. Terkadang, jika salah satu titik mati membuat pancaran cahaya menurun dan tampilan juga berkurang.

Untuk beberapa tipe lampu LED, cahayanya tidak mampu tembus hujan dan kadang pada saat cahaya matahari bersinar lampu LED ini kalah karena kebanyakan berwarna putih. Nah, jika kita simpulkan dan tambahkan lampu LED mempunyai kelebihan

  • Cahaya Terang
  • Rendah watt (18 watt setara 35 watt HID)
  • Umur Panjang
  • Tampilan Keren
  • Banyak pilihan warna (untuk lampu senja)
  • Pancaran cahaya dingin tidak seperti halogen dan bohlam biasa.

Namun,lampu LEDmemiliki beberapa kekurangan yaitu :

  • Mahal :mrgreen:
  • Tidak tembus hujan. (tidak semua lho ya)
  • Cahaya kalah saat cuaca terik.
  • Jika mati beberapa titik membuat rugi (ganti mahal dibiarin tampilan dan pancaran cahaya turun :mrgreen: )
  • Mudah membuat orang lain silau

Last… untuk kelebihan dan kekurangan tidak berlaku untuk untuk semua jenis LED hanya beberapa saja dan tidak semuanya sama. Untuk sayasendiri hanya menggunakan untuk lampu senja ,lampu rem f1,lampu fariasi kanan-kiri dan lampu rem saja πŸ˜€ .Sekian semoga berguna dan bermanfaat. Monggo jika ada yang mau menambahkan πŸ˜€ –Β RPM – RPMSUPER.COM – KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LAMPU LED –

Baca juga bray

39 Comments

Masukan komentar Anda