Jenis Tali Penguncian Pada Helm

4
Jenis Tali Penguncian Pada Helm

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Dalam membahas aspek keselamatan pada helm. Tentu, tidak hanya kekuatan pada cangkang atau shell dari helmnya. Tali penguncian pada helm juga sangat penting. Ternyata ada beberapa Jenis Tali Penguncian Pada Helm.

Peruntukkannya sendiri dibuat  berdasarkan kebutuhan dari helm tersebut. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Yuk, kita bahas Jenis Tali Penguncian Pada Helm beserta kelebihan dan kekurangannya.

Jenis Tali Penguncian Pada Helm

Micromatic Buckle

  1. Quick Release Buckle

Quick Release Buckle

Yang pertama adalah penguncian quick release buckle. Penguncian ini adalah yang lumrah atau sering digunakan pada helm yang diperuntukan untuk penggunaan harian. Ciri khas dari helm ini adalah suara klik saat penguncian dilakukan.

Bahkan, suara yang dihasilkan oleh sistem penguncian ini menjadi slogan dari polisi lalu lintas, yaitu “Pastikan helm terkunci hingga ‘klik’ “. Penggunaannya sangat mudah, tetapi untuk melepasnya cukup sulit apalagi kalau sobat sedang menggunakan sarung tangan. Contoh helm yang menggunakan penguncian ini adalah KYT R10, RC7 dan NHK GP1000.

Baca Juga :

Helm Full Face Keren dan Murah

2. Micro-lock

helm Micro-lock

Jenis Tali Penguncian Pada Helm selanjutnya model penguncian model micro-lock. Tali penguncian ini juga salah satu yang sering digunakan. Penguncian ini memanfaatkan geriga yang ada. Biasanya geriginya ada beberapa tingkatan agar memiliki kekuatan yang bagus. Contoh helm yang menggunakan penguncian ini adalah NHK RX805.

Penguncian model micro-lock masih keluarga dari mircomatic buckle. Dari segi kekuatan keduanya diklaim mampu menahan benturan dari 150 hingga 225 kg. Namun, pada helm ini jauh lebih mudah pemakaiannya. Entah saat memasang atau melepasnya. Saat melepasnya kita hanya perlu menarik talinya saja.

3. Double D Ring

Double D Ring

Terakhir adalah penguncian model Double D Ring atau DD Ring. Disebut seperti itu karena ada dua buah ring yang berbentuk seperti huruf “D”. Penguncian model ini diperuntukan untuk keperluan balap.

Namun, juga tidak ada salahnya untuk digunakan harian sob. Memang, dari sisi pemakaian tidak sepraktis micromatic buckle. Apabila belum terbiasa terlihat agak rumit saat pemakaiannya.

Bukan tanpa alasan penguncian model ini digunakan untuk keperluan balap. Sebab, Double D Ring memiliki kekuatan yang paling bagus. Untuk  yang berstandar DOT mampu menahan benturan 250-550 kg. Contoh helm yang menggunakan penguncian ini adalah KBC V-Series, KYT Vendetta 2 dan lainnya – RPMSUPER.COM

Referensi : gridoto dan blognyamitra

Baca Juga :

Kaca Helm Akrilik Vs Plastik (Polycarbonat)

Helm Fullface Harga Rp 500.000 an

Review Helm Honda CRF150L Versi Apparel

RPMSUPER.COM juga ada di :

Youtube Channel : RPMSUPER ( Update Rabu dan Sabtu )

Facebook Fanspage : RPMSUPER-MotoBlog ( Daily Update )

Instagram : rpmsuper_ ( Daily Update )

- ALL ABOUT AUTOMOTIVE - RACING - TECHNOLOGY -

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here