Kaca Helm Akrilik Vs Plastik (Polycarbonat)

0
Kaca Helm Akrilik Vs Plastik (Polycarbonat)

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Sebuah helm pasti dilengkapi dengan visor atau kaca helm. Bahan kaca helm untuk saat ini ada dua, yaitu akrilik dan plastik (polycarbonat). Lalu mana yang lebih baik antara Kaca Helm Akrilik Vs Plastik.

Untuk selanjutnya  kita menggunakan istilah plasti untuk Polycarbonat agar lebih mudah saj. Sebab, Polycarbonat memang merupakan salah satu dari keluarga plastik 😀 .

Kaca Helm Akrilik Vs Plastik (Polycarbonat)

Kaca Helm Plastik ( Polycarbonat )

Visor helm ini merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk saat ini. Kaca Helm Plastik ( Polycarbonat ) memiliki kelebihan dan kekurangan bray. Pertama kita akan membahas kelebihan kaca helm plastik.

Satu, yang menjadi keunggulan dari visor plastik adalah kelenturannya. Kelenturan yang dimiliki membuatnya jadi lebih tahan bentur atau lebih baik dalam menerima impak benturan saat terjadi insiden.

Perbedaan Pinlock dan Tear Off

 

Menurut data dari sumber yang saya dapatkan. Polycarbonat mampu menahan benturan 30 kali lebih baik dibandingkan dengan kaca. Itulah mengapa helm sekarang kebanyakan menggunakan bahan ini.

Jadi kaca helm tidak akan mudah pecah walaupun harus berbenturan. Misalnya saat benturan dengan aspal. Pengendara akan jauh lebih aman menggunakan kaca helm dengan bahan polycarbonat.

Namun, kekurangan visor plastik ada beberapa juga bray. Pertama, kaca helm ini tidak tahan gores. Walaupun produsen sudah memberikan lapisan tambahan agar visor tidak mudah tergores. Namun, tetap saja bahan ini lebih mudah tergores.

Kedua, kaca helm plastik biasanya lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan akrilik. Biasanya harganya lebih mahal 2-3x dibandingkan dengan visor akrilik. Hal ini wajar karena harga bahan bakunya lebih mahal dan proses pembuatannya lebih sulit.

Visor Akrilik

Visor akrilik dulu pernah digunakan sebagai standar kaca helm. Namun, sekarang sudah digeser oleh bahan plastik. Penyebab utamnya adalah faktor safety yang tidak sebagus bahan plastik. Itulah yang menjadi kekurangan kaca helm akrilik.

Bahan akrilik jauh lebih mudah pecah dibandigkan bahan polycarbonat. Akrilik mampu menahan impact hanya 12 kali lebih baik dibandingkan kaca. Tidak ada separuh dari kaca helm plastik.

Fungsi Menggunakan Tear Off

Apabila visor akrilik menerima benturan saat terjadi insiden akan lebih mudah pecah. Lalu pecahannya bisa masuk dan mengenai wajah dari pengendara. Serem sekali ya, apalagi bila terkena mata bisa menyebabkan kebutaan.

Kekurangan kaca helm akrilik adalah lebih mudah retak. Apalbila kita tempatkan helm pada bawah terik matahari bisa membuat kaca helm dengan bahan akrilik retak. Apabila sudah retak sudah tidak bisa digunakan lagi.

Namun, ada beberapa kelebihan visor akrilik. Pertama, harganya jauh lebih murah. Kedua, Visor akrilik memiliki tingkat transparan yang lebih bagus. Jadi tidak tidak akan mendapatkan pantulan dari kaca helmnya.

Kelebihan visor akrilik yang selanjutnya adalah lebih sulit untuk tergores dibandingkan dengan visor biasanya. Namun, apabila sudah tergores visor akirlik harus diganti karena mengganggu pandangan dalam helm.

Terakhir, kaca visor akirlik lebih mudah untuk dibentuk. Jadi tidak heran apabila banyak orang yang bisa membuat custom kaca helm. Misal kita jauh lebih mudah mendapatkan flat visor dengan bahan akrilik. Apalagi pada helm yang tidak memiliki flat visor bawaan.

” Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Flat Visor Untuk Harian

Lalu bila ditanya, mana yang lebih bagus antara Kaca Helm Akrilik Vs Plastik (Polycarbonat). Saya pribadi lebih memilih visor dengan bahan plasti atau polycarbonat bray.

Memang dari sisi harga jauh lebih mahal. Akan tetapi, keselamatan dan kenyaman menjadi jauh lebih aman. Walaupun jika dilihat dari jumlah poin kelebihan visor akrilik lebih banyak dibandingkan dengan visor plastik.

Namun, poin kelebihan jika dibuat rasio yang berpengaruh pada keselamatan tidak sebagus helm dengan visor plastik. Sebab, fungsi utama dari helm sendiri untuk keselamatan pengendara itu sendiri – RPMSUPER.COM 

sumber dan referensi ada di sini.

RPMSUPER.COM juga ada di :

Youtube Channel : RPMSUPER ( Update Rabu dan Sabtu )

Facebook Fanspage : RPMSUPER-MotoBlog ( Daily Update )

Instagram : rpmsuper_ ( Daily Update )

- ALL ABOUT AUTOMOTIVE - RACING - TECHNOLOGY -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here