Fakta Menarik Sirkuit Brno Ceko

2

brno

RPMSUPER.COM – MOTOGP balapan motor paling terkemuka di muka bumi ini diselenggarakan di banyak negara. Mulai dari benua Amerika hingga benua Australia (Indonesia kapan ya :mrgreen: )

Sirkut yang ditunjuk adalah  sirkuit yang memenuhi standar yang telah ditentukan oleh penyelenggara motoGP. Mulai sekarang Mas Riski akan memuat fakta menarik setiap sirkuit yang akan diadakan balapan motoGP :D. Pada kesempatan kali ini adalah fakta-fakta unik seputar Sirkuit Autodrom Brno, Ceko .

Sirkuit Brno di bangun layaknya menyerupai mangkuk dengan pemandangan yang sangat keren dan dikelilingi bukit serta hutan ditambah dengan trek dan sudut yang cepat dan bergelombang..

Sirkuit Brno terletak di 23 km dari Pusat Brno Kota dan 30 km dari Bandara Brno, 200 km dari Bandara Praha dan 170 km dari Bandara Wina. Nah, tidak usah banyak basa-basi lagi langsung saja kita simak 😀 .

  • MotoGP pertama kali digelar di Brno pada tahun 1965. Balapan saat itu adalah balapan kelas 500cc  dan berlangsung sebanyak lebih dari 13 laps di sirkuit dengan panjang 13,94 km. Pada balapan itu, balapan dimenangi oleh Mike Hailwood yang mengendarai MV Agusta, dengan catatan waktu 1 jam 11 menit dan 23,2 detik.
brno lama
Sikuit Brno sebelum rekonstruksi
  • Karena Sirkut Brno dianggap sebagai sirkuit yang terlalu berbahaya untuk motor dengan mesin berkapasitas besar, maka balapan MotoGP di sirkuit ini sempat dihapus  dari kalender pada tahun 1978, dan menghelat balapan terakhir pada tahun 1977. Balapan terakhiritu dimenangi oleh Johnny Cecotto, yang mengendarai Yamaha.

 

  • Motor yang memiliki mesin berkapasitas kecil terus berkompetisi di Sirkuit Brno hingga 1982, sebelum dicoret dari kalender Grand Prix karena alasan keselamatan pada tahun berikutnya.

 

  • Sirkuit Brno terakhir kali dipakai untuk menggelar balapan Grand Prix pada 1987 dan menjadi tuan rumah di Rep. Ceko hingga 1991. Brno tidak masuk dalam kalender musim 1992. Tapi, pada 1993, Grand Prix di Rep. Ceko kembali masuk dalam kalender dan sejak saat itu rutin menggelar balapan setiap musim.

 

  • Sirkut paling banyak nomor 2 yang menggelar balapan motoGP dan juga salah satu sirkuit tertua di motoGP setelah Assen.

 

  • Pembalap yang paling banyak meraih kejayaaan di Sirkuit Brno adalah Max Biaggi dan Valentino Rossi, masing-masing berjumlah tujuh kali, adalah Max Biaggi (4 x 250cc, 2 x 500cc, 1 x MotoGP) dan Valentino Rossi (1x 125cc, 1 x 250cc, 1 x 500cc, 4 x MotoGP).

biaggi brno rossi

  • Pedrosa merupakan pembalap asal Spanyol pertama yang berhasil meraih dua kemenangan di Brno pada kelas primer Grand Prix. Sebelumnya, pembalap 28 tahun itu menjadi juara musim 2012.

 

  • Pedrosa merupakan pembalap asal Spanyol yang paling sering naik podium di Brno (10 kali), dengan enam di antaranya terjadi di kelas primer. Pedrosa bersama Lorenzo, menjadi dua pembalap asal Spanyol dengan koleksi kemenangan terbanyak di Brno (4 kali).

brno pedrosa

  • Belum pernah ada pembalap asal Spanyol yang mampu meraih dua kemenangan beruntun kelas primer Grand Prix di Brno: Alex Criville (1996), Sete Gibernau (2004), Jorge Lorenzo (2010), Dani Pedrosa (2012, 2014), Marc Marquez (2013).

 

  • Andrea Iannone adalah pembalap yang menorehkan top speed tertinggi pada tahun 2015 yaitu dengan catatan 316.4 km/j.

 

  • Rekor tercepat di Sirkuit ini dibukukan oleh Jorge Lorenzo (2015) dengan waktu 1’54.989 (169.1 km/j). Dan baru saja dipecahkan oleh Marc Marques saat Q2 2016 dengan catatn 1:54,791 😮 .

Last.. Itulah beberapa fakta menarik yang terjadi di Sirkuit Brno yang berhasil Mas Riski dapatkan, setelah riset berkepanjangan si google search :mrgreen: . Semoga bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER.COM –

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here