Efek Gonta – Ganti Oli

RPMSUPER.COM – OLI adalah sebuah cairan yang berguna untuk melindungi komponen mesin agar tidak saling bergesekan. Berguna juga untuk pendingan mesin dan beberapa fungsi lainnya.

Sekarang ini, oli memiliki  memiliki jenis dan merk yang sangat beragam. Terkadang, hal ini membuat konsumen bingung. Mana oli yang paling bagus untuk tunggangannya.

Berawal dari hal itu, banyak orang melakukan eksperimen terhadap kendaraannya. Dengan cara menggonta-ganti oli dengan berbeda merk. Memang hal ini cukup lumrah, karena kalau tidak mencobanya langsung kita tidak akan mengetahui bagaimana performanya.

Lalu, apakah ada efek dari ganti oli berbeda merk ? Selama ini saya belum pernah melihat ada kerusakan akibat efek dari gonta-ganti merk oli (Mohon jika ada ditulis di kolom komentar).

Tapi, hal ini mengakibatkan beberapa efek yang berakibat pad performa oli itu sendiri. Setiap brand oli pasti memiliki racikannya sendiri-sendiri. Kemungkinan besar formula dari setiap brand tidak kompitabel dengan oli lainnya.

Jika oli lama menggunakan brand A, kemudian mengganti dengan oli brand B. Performa dari oli baru yang menggunakan oli brand B akan tidak maksimal. Dikarenakan sisa oli brand A tidak bisa sepenuhnya bersih dari mesin.

Jadi, itulah efek dari gonta-ganti oli berbeda merk. Tiap periode pengganti oli, berganti pula merk dan jenis yang digunakan. Hal ini akan membuat performa oli yang baru, tidak bisa maksimal.

Saran dari saya saja. Jika ingin melakukan eksperimen dengan gonta-ganti brand oli jangan setiap periode ganti oli. Saran saya, paling tidak menggunakan brand oli yang sama untuk dua periode penggantian oli. Jika ada, sekalian ganti dengan filter olinya.

Hal itu ditujukan agar performa dari oli benar-benar maksimal dan bisa dirasakan secara signifikan. Jadi, kita benar-benar bisa merasakan oli yang mana yang sekiranya cocok untuk kendaraan kita.


Kesimpulan

Mengganti brand oli setiap periode penggantian oli tidak akan berngaruh pada kerusakan komponen yang ada dikendaraan. Hanya saja, hal itu akan membuat performa oli yang baru tidak akan diraskan secara maksimal.

Kecuali, oli tersebut mempunyai kualitas yang jauh berbeda dengan oli sebelumnya. Jika seperti itu, memang perbedaan langsung bisa terasa secara baik. Sekian artikel kali ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀 – RPMSUPER.COM – EFEK GONTA-GANTI MERK OLI YANG BERBEDA –

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

6 Komentar

  1. Jadi ingat dulu astrea legenda saya dari bawaan dealer selalu pakai federal, trus setelah 3 tahun termakan omongan temen kalau top one lebih bagus. Pas nyoba ganti eh mesin malah serasa ngeden, akhirnya balik lagi federal

Masukan komentar Anda