RPMSuper.com – Acara HBD atau Honda Bikers Day adalah acara yang selalu banyak bikers nantikan setiap tahunnya.

Bahkan, acara ini seperti hari raya bagi komunitas bikers Honda. Saya pun beruntung bisa berpartisipasi dalam acara ini dengan mengendarai CB150X yang disediakan oleh Astra Motor Ungaran.

Kali ini saya ingin sharing tentang pengalaman saya Ride to HBD 2023. Bersama dengan rekan-rekan blogger dan vlogger motor Jawa Tengah.

Honda Bikers Day 2023

Lokasi HBD 2023 kali ini berada di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur. Jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal saya. Tapi itu justru menambah tantangan dan keseruan bagi saya.

Sebab, perjalanan Ride to HBD 2023 with CB150X menjadi touring terjauh yang pernah saya lakukan.

Honda CB150X memang dirancang sebagai motor touring atau adventure. Sehingga cocok untuk menempuh perjalanan jauh dengan nyaman dan aman.

BACA JUGA :

Ride to HBD 2023

Ride to HBD 2023 Day 1- Solo

Trip to Honda Bikers Day 2023

Perjalanan pertama dimulai pada tanggal 26 Oktober 2023. Tujuan saya adalah kota Solo bersama dengan beberapa rekan blogger otomotif Semarang.

Rute yang kami lalui sebagian besar adalah jalan perkotaan. Sehingga tidak terlalu menantang untuk Honda CB150X.

Namun, kami sempat menghadapi badai angin yang membuat pasir dan kotoran beterbangan di jalan.

Anginnya juga cukup kencang sehingga membuat motor terdorong ke arahnya. Belum lagi hujan deras yang turun sebentar tapi lebat.

Meski begitu, kami tetap semangat dan sampai di dealer Honda Taruna Jaya Solo. Karena sudah malam, kami memutuskan untuk menginap di kota Solo.

Ride to HBD 2023 Day 2 – Batu

Hari kedua, Honda Taruna Jaya menjadi titik kumpul. Di sana, kami bertemu dengan rekan blogger & vlogger motor daerah Solo yang akan bergabung dengan kami.

Rombongan kami bertambah banyak. Total ada 15 motor honda CB150X yang ikut dalam perjalanan ini.

Selain blogger dan vlogger, ada juga instruktur safety riding dari Honda Jawa Tengah dan Bapak Erie Kurnia sebagai manajer HC3, Astra Motor Center Semarang.

Perjalanan kali ini lebih menantang karena kami harus naik turun gunung dengan perubahan suhu yang signifikan.

Stop pertama kami adalah di 0 KM Cemoro Kandang. Di sana, suhunya cukup dingin dan sejuk. Setelah istirahat sejenak, kami melanjutkan perjalanan ke Kota Madiun.

Di tengah jalan, kami melewati daerah Tawangmangu yang memiliki jalanan berliku-liku yang sangat menyenangkan untuk dicoba dengan Honda CB150X.

Handling motor ini sangat mudah dan responsif sehingga membuat cornering menjadi lebih lancar dan stabil.

Suspensi up side down dari Showa juga memberikan kenyamanan dan keamanan saat bermanuver di tikungan panjang maupun pendek.

Suspensinya tidak terasa keras saat kecepatan rendah tapi juga tidak limbung saat kecepatan tinggi.

Setelah puas menikmati jalanan Tawangmangu, kami harus bersiap menghadapi suhu panas yang ada di Kota Madiun.

Kami pun melanjutkan perjalanan ke Kota Batu yang merupakan tujuan akhir kami untuk hari ini. Kota Batu memiliki suhu dingin yang kontras dengan Kota Madiun.

Kami sampai di Kota Batu sekitar jam 5 sore dan beristirahat di penginapan sambil menunggu hari H Honda Bikers Day 2023.

MUNGKIN SOBAT SUKA :

Ride to HBD 2023 Day 3 Malang

Road to Honda Bikers Day 2023

Hari ketiga adalah hari puncak acara HBD 2023. Kami tidak banyak berkendara hari ini karena fokus pada acara utama.

Kami hanya sempat wisata kuliner pagi-pagi dengan mencoba Bakso Malang yang terkenal enak dan gurih.

Kemudian kami mengunjungi salah satu wisata alam, yaitu Coban Putri.

Di sana, kami bisa melihat air terjun dan pemandangan alam yang indah dan segar. Ada juga beberapa rute offroad yang biasanya digunakan untuk mobil jeep.

Tapi, Honda CB150X masih bisa melewatinya dengan mudah berkat suspensi yang panjang dan kuat.

Kami pun menikmati sensasi off-road dengan motor touring ini.

Setelah puas bermain di Coban Putri, kami kembali ke penginapan dan bersiap-siap untuk menghadiri acara HBD 2023 di Lapangan Rampal.

Di sana, kami akan bertemu dengan ribuan bikers Honda lainnya yang datang dari berbagai daerah.

Kami juga akan menyaksikan berbagai hiburan dan kegiatan yang disiapkan oleh Honda untuk para bikers setianya.

Setelah puas berwisata di Coban Putri, kami kembali ke penginapan dan bersiap-siap untuk menghadiri acara HBD 2023 di Lapangan Rampal.

Sebelum sampai di Lapangan Rampal, kami mampir sebentar ke warung yang menyajikan menu tulang lunak yang lezat dan empuk.

Kami menikmati makan siang kami sambil mengobrol dan bercanda dengan rekan-rekan kami. Setelah kenyang, kami melanjutkan perjalanan ke venue HBD 2023.

Di sana, kami sudah ditunggu oleh rombongan blogger dan vlogger nasional yang memiliki agenda tersendiri.

Salah satu agenda yang kami ikuti adalah press conference seputar acara HBD 2023. Kami mendapatkan informasi dan penjelasan dari pihak Honda tentang konsep dan tujuan acara ini.

Kami juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan mereka. Setelah press conference selesai, kami menikmati rangkaian acara yang ada di HBD 2023.

Salah satu acara yang paling meriah adalah penampilan bintang tamu OM Adella dan Happy Asmara.

Mereka membawakan lagu-lagu yang populer dan membuat suasana semakin bergairah. Kami pun ikut bernyanyi dan bergoyang bersama dengan bikers Honda lainnya.

Tidak ada beda antara kami, semua komunitas motor Honda bersatu menjadi satu. Tidak peduli daerah, gender, atau usia.

Semua hadir untuk melepas rasa rindu setelah acara ini harus absen karena adanya pandemi.

Jumlah peserta yang hadir tidak kurang dari 24 ribu orang. Dari berbagai daerah, bahkan ada peserta dari Aceh dan juga Papua.

Perjalanan Pulang – Tantangan Lebih Berat!

Jika perjalanan berangkat Ride to HBD 2023 with CB150X cukup santai karena kami singgah ke beberapa kota terlebih dahulu.

Untuk perjalanan pulang menjadi tantangan lebih berat bagi kami. Karena kami harus kembali ke rumah tanpa berhenti di kota lain.

Rute yang kami ambil juga agak berbeda dengan rute keberangkatan karena kami menyesuaikan dengan beberapa rekan yang terpisah terlebih dahulu dari rombongan.

Ada beberapa titik perhentian untuk beristirahat, seperti di daerah Nganjuk dan juga kembali mampir ke 0 Km Cemoro Kandang.

Kami harus menghadapi rintangan secara fisik yang sama, yaitu melalui daerah yang panas ke daerah dingin, kemudian kembali ke daerah panas.

Tapi, kami tidak perlu khawatir dengan kondisi mesin Honda CB150X. Karena motor ini sudah menggunakan sistem pendinginan radiator atau liquid cooler yang membuat performa mesin tetap stabil di segala kondisi jalan.

Motor ini tidak overheat saat berkendara dalam kota yang panas dan macet, tapi juga tetap maksimal saat berkendara pada daerah yang dingin.

Akhirnya kami sampai kembali ke Honda Taruna Jaya Solo. Di sini kami beristirahat sebentar dan berpisah dengan rekan-rekan dari Solo.

Lalu kami melanjutkan perjalanan ke daerah Bawen sebelum saya berpisah dengan rombongan Semarang.

Sebuah kesempatan yang luar biasa bisa mengikuti event sebesar Honda Bikers Day 2023.

Apalagi perjalanannya cukup jauh dan menjadi pengalaman saya riding motor sejauh ini.

Terima kasih atas semua pihak yang memungkinkan acara ini terlaksana.

Secara pribadi terima kasih ke Astra Motor Ungaran karena sudah mensupport dengan menggunakan unitnya untuk ke acara ini.

Pengalaman Ride to HBD 2023 With CB150X sangat luar biasa. Mungkin secara fisik terasa cukup melelahkan tapi berhasil mengukir banyak cerita bersama teman-teman lainnya.