Honda Bikers Day Story 1

Honda Bikers Day Story 1

Diposting pada

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Honda Bikers Day adalah gelara akbar berkumpulnya semua komunitas motor Honda se Indonesia Raya. Saya mengikuti gelara ini dan ingin membagikan perihal perjalanan saya. Pada artikel kali ini adalah Honda Bikers Day Story 1.

Honda Bikers Day Story 1
 tepatnya pada tanggal 16 November 2018 atau satu hari sebelum gelara HBD 2018. Pada hari ini agendanya adalah gathering Blogger, Vlogger dan Media yang diadakan di Kota Cilacap, Jawa Tengah.

Honda Bikers Day Story 1

benteng pendem cilacap

Acara ini adalah serangkaian acara yang diadakan oleh Astra Honda Motor dan Astra Motor. Saya dan mas Bukhori Muslim BMspee7.com mewakili blogger otomotif Jawa Tengah (JatengMotoBlog) untuk ikut acara ini.

Sebenarnya perjalanan saya lakukan sehari sebelumnya dari Semarang. Menggunakan kereta dengan pemberhentian pertama Purwakarta karena tidak ada kereta yang langsung ke Cilacap.

Setelah sampai di Purwokerto sekitar jam 16.30. Istirhat sejenak dan untuk makan sebelum melanjutkan perjalanan. Perjalanan dilanjutkan ke Cilacap dengan menggunakan mobil sekitar satu jam.

Rombongan blogger, vlogger dan media menginap di Hotel Atrium, Cilacap. Saya sendiri sudah sampai pada hari kamis malam. Sedangkan rombongan yang lain baru sampai pada hari Jumat pagi.

Honda Bikers Day Journey Day 1 adalah gathering saja. Tempat yang kunjungi hari ini adalah Benteng Pendem, Cilacap dan mampir ke Pulau Nusa Kambangan bagian Timur kalau saya tidak salah ingat.

Berkunjung ke Benteng Pendem, Cilacap

Di Benteng Pendem ini, tour guide menceritakan bagaimana sejarah berdirinya tempat ini dan apa saja cerita menarik yang ada di tempat ini. Tempatnya sendiri sangat luas, tetapi sayangnya dibeberapa tempat digenangi air.

Tempat yang paling banyak malahan penjara dan juga gudang amunisi. Penjaranya sendiri digunakan untuk para pribumi jaman dulu saat terjadi kerja paksa atau kerja rodhi jama Belanda yang berlanjut ke Jaman Jepang (Romusha).

Memang saat melihat penjara memang terlihat tidak masuk akal dan sama sekali tidak manusiawi. Tangan tahanan diborgol ke tembok yang sudah terdapat besi. Pemberian makan hanya melalui lubang kecil. Itupun entah makanan apa yang diberikan.

Tidak hanya itu, ada beberapa bagian tempat tahanan, khususnya yang dekat dengan bagian laut. Digunakan untuk melakukan eksekusi para tahanan dan untuk langsung dibuang ke laut :o .

Bentuk Benteng Pendem, Cilacap

bentuk benteng pendem cilacap

Benteng ini dibangun pada awal tahun 1800-an. Benteng ini dibangun dan kemudian ditimbun dengan tanah dan itulah yang menjadi asal mula benteng ini. Tujuannya adalah untuk mengelabuhi musuh saat itu.

Bangunannya rata-rata sudah menggunakan batu-bata. Lay outnya dibangun sedemikian rupa agar dapat efektif dalam menyerang dan bertahan. Tembok yang dibuatpun sangatlah tebal, hingga 3 jengkal pria dewasa.

Pada bagian luar dibuat parit buatan yang cukup dalam. Tujuannya adalah untuk mempersulit masuk jika pertahanan terluar jebol. Kemudian ada tempat-tempat untuk para penembak jitu saat itu beraksi.

Yang agak menarik di sini terdapat banyak rusa yang dilepaskan begitu saja agar seperti alam liar. Rusa-rusa tersebut ada sekitar 30an ekor. Seperti mereka sudah jinak dan terbiasa dengan kehadiran manusia.

Mampir ke Pulau Nusa Kambangan

Agenda Honda Bikers Day Journey Day 1 setelah itu adalah mengunjungi Nusa Kambangan dengan menyebrang laut dengan kapal. Namun, saya sendiri tidak ikut karena anginnya yang sangat kencang yang bisa membuat kondisi fisik saya tidak prima :mrgreen:

Tujuannya sih hampir sama, di sana terdapat beberapa benteng. Tapi, benteng yang dibangun di sana adalah buatan dari Portugis yang mana lebih tua lagi. Mungkin cukup itu saja untuk Honda Bikers Day Story 1. Semoga esok hari masih banyak hal yang menyenangnkan untuk dilakukan :D – RPMSUPER.COM

One thought on “Honda Bikers Day Story 1

Silahkan Masukan Komentar