Spesifikasi dan Harga Honda Super Cub 125

0
Spesifikasi dan Harga Honda Super Cub 125

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Masih ingin membahas seputar Honda Super Cub 125 atau disingkat dengan Honda C125. Kali ini saya akan memberikan Spesifikasi dan Harga Honda Super Cub 125.

Sudah beberapa kali saya  bahas motor ini. Namun, masih saja menarik karena memang motor ini unik. Baik dari segmentasi maupun dari Spesifikasi dan Harga Honda Super Cub 125 nya.

Spesifikasi dan Harga Honda Super Cub 125

Spesifikasi Honda Super Cub 125

spesifikasi honda super cub 125

Secara desain motor ini mengusung desain klasik. Secara desain keseluruhan hampir semuanya diterapkan dikonsep motor Honda C125. Namun, tetntunya ada beberapa perubahan yang dilakukan guna menyesuaikan jaman.

Desain motor ini mempertahankan desain Honda super Cub yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1958. Pada tahun ini, sudah berusia 60 tahun dan juga sudah diproduksi 100 juta unit di seluruh dunia.

Bodi yang digunakan bukan bodi plastik. Tapi, menggunakan bodi dari bahan plat besi. Jadi secara bobot motor ini emang agak berat untuk motor bebek. Berat motor ini mencapai 107 kg.

Honda mengklaim bahwasannya Honda C125 ini memiliki desain yang timeless alias tidak termakan oleh waktu. Motor ini juga menjadi tredsetter baru di segmen premium. Pasarnya juga ditujukan untuk orang yang memiliki gaya hidup orang yang premium juga.

Nah, jok Honda Super Cub 125 ini hanya satu saja. Hanya ada pada bagian depan saja. Kenapa jok Honda C125 cuma satu ? Ya, karena memang seperti itu desain Honda C125 saat dikenalkan kala itu.

Pada kaki-kaki menggunakan suspensi teleskopik dan dual shok untuk bagian belakang. Untuk velg menggunakan velg racing berwarna chrome. Di apit ban dengan profil 70/90 untuk depan dan 80/90 untuk belakang. Diamaternya sama, yaitu 17 inci.

Fitur Honda C125

fitur honda c125

Walaupun tampilannya klasik alias jadul. Namun, secara fitur tidak bisa dianggap remeh bray. Sebut saja sudah menggunakan lampu LED dari semua panel. Mulai dari hedlamp, stoplamp dan signal turn depan dan belakang.

Selain itu, motor ini juga sudah dilengkapi denga fitur keyless. Honda memberikan nama fitur ini dengan Honda Smart Key System. Fitur keyless ini sama persis dengan Honda PCX dan Forza 250.

Pada bagian dashboard ada sentuhan teknologi modern. Pada bagian panel speedometer menggunakan perpaduan antara analog dan digital. Untuk penunjuk kecepatan menggunakan jarum analog.

Mesin Honda Super Cub 125

Saya rasa performa bukan menjadi incaran atau jualan dari motor ini. Motor ini menggunakan mesin 125 CC dengan PGM FI. Yup, motor ini sudah menggunakan injeksi untuk proses pembakarannya.

Motor ini memiliki karakter overstroke dengan ukuran bore x stroke 52.4 x 57.9 mm. Rasio kompresinya cukup rendah, yaitu 9.3;1. Tenaga maksimal motor ini adalah 6.76 kW atau sekitar 9 hp. Torsi maksimal Honda Super Cub 125 adalah 9.79 Nm para 5.000 rpm.

Apakah Mesin Honda C125 sama dengan Honda Supra 125 ?

Nah, mulai nih, ada gosip-gosip seputar motor ini. Motor ini dianggap memiliki mesin yang sama dengan Honda Supra 125. Sebab, dari sisi kubikasi sama persih dan powernya juga mirip-mirip.

Apakah hanya beda bodi saja dan membuat harganya bisa melejit. Ternyata tidak sepenuhnya sama bray. Menurut petinggi AHM, ada perbedaan pada satu set kopling pada C125 dan Supra 125. Hal ini menyebabkan transmisinya lebih halus.

BACA JUGA : Kenapa Honda Super Cub 125 Mahal ?

Harga Honda C125

Kenapa Honda Super Cub 125 Mahal ?

Selanjutnya adalah berapa harga Honda Super Cub 125 atau Honda C125 ? Memang agak mahal, apabila kita bandingkan dengan motor 125 cc. Harga Honda C125 adalh Rp 55 juta, Untuk pemesanan bisa dilakuak di Dealer Honda Wing atau Honda Big Wing – RPMSUPER.COM – Spesifikasi dan Harga Honda Super Cub 125

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here