Proses Perakitan Moto GP

Proses Perakitan Moto GP

RPMSUPER.COM – MOTOGP kasta balapan sepeda motor tertinggi di muka bumi ini menyimpan sejuta hal yang sangat menarik untuk diikuti perkembangannya. Balap jet beroda dua ini memang tidak ada bosannya untuk dilihat (apalagi umberalla girlnya :mrgreen: ).

Sebuah sepeda motor yang berlaga motoGP  pastilah bukan sepeda motor sembarangan, karena motor tersebut adalah motor prototype yang tidak dijual apalagi digunakan di jalan raya. Motor yang digunakan haruslah memiliki daya tahan yang luar biasa agar mampu bersaing dan bertahan hingga akhir balapan.

Pernahkah kita terpikir bagaimana sebuah unit motor MotoGP dirakit ? Nah, pada kesempatan kali ini RPM ingin menyampaikan tentang Proses Perakitan Moto GP. Unit yang dibuat patokan adalah motor dari pabrikan Aprilian yaitu Aprilia Gresini Racing dan pabrikan Ducati dengan Ducati Desmosedici-nya. Langsung saja cek it dot 😀

Mungkin kita berpikir bahwa Proses Perakitan Moto GP dirakit dengan mesin yang supercanggih, ternyata hal itu salah besar bro. Motor MotoGP dirakit sepenuhnya menggunakan tenaga manusia, disusun satu persatu dan dikombinasikan dengan part yang lain. Mulai dari penyambungan swing arm ke rangka, hingga pemasangan bodi luar motor.

Robot dianggap lebih cepat dalam mengerjakan sesuatu, tetapi tidak berlaku disemua hal. Beberapa aspek tidak bisa dilakukan oleh sebuah robot. Proses produksi dengan menggunakan tenaga manusia dianggap lebih cepat dibanding menggunakan tenaga mesin (robot) (proove 1,2)

Dengan menggunakan manusia detailing dalam proses produksi bisa lebih sempurna, ya walaupun manusia tempatnya salah dan dosa :mrgreen: . Selain lebih cepat. menggunakan tenaga manusia juga lebih hemat biayanya 😀 . Untuk yang penasaran bisa langsung cek video dibawah ini 😀

Link download : klik

Setelah proses perakitan, tibalah proses painting. Sedikit berbeda dengan tim Aprilia yang sudah melakukan pengecatan pada unit, tim Ducati hanya menggunakan satu warna saja di motor pacuan mereka (polos tanpa sponsor).

Ternyata proses pengecatan cukup unik bro, mungkin kita masih mengira robot yang melakukannya, ternyata tidak 😀 . Proses pengecatan dimulai dengan membentuk pola dengan menggunakan cutting stiker, seperti tukang cutting stiker di pinggir jalan, mereka menggunakan cutter dan beberapa alat, tetapi mereka tidak menggunakan korek apik:mrgreen: .

Kemudian di semprot cat sesuai pola, dan dipasang stiker sponsor dan lain-lain. Untuk jelasnya silahkan cek video dibawah ini 😀 .

LAST.. Itu lah proses perakitan sebuah motor Aprilia di MotoGP dan proses pengecatan Desmosedici 15, disaat kita berpikir robot mulai mengambil alih pekerjaan manusia, ternyata tenaga manusia lebih bisa diandalkan, bahkan untuk ajang besar seperti motoGP. Sekian RPM mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER.COM – Proses Perakitan Moto GP –

 

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

6 Comments

Masukan komentar Anda