Perbedaan Fitur Suzuki GSX R dan GSX S

RPMSUPER.COM – SUZUKI GSX 150 SERIES merupakan senjata terbaru dari pabrikan Suzuki yang baru saja lahir beberapa bulan yang lalu dan mendapatkan respon yang positif dari pasar.

Suzuki sendiri langsung meluncurkan dua varian yaitu 

 Suzuki GSX R150 untuk versi fairing dan Suzuki GSX S150 untuk versi nakednya. Pada umumnya jika ada varian seperti ini perbedaan mendasarnya hanya bentuk saja tidak ada perbedaan fitur.

Tapi, untuk keluar GSX 150 ini ternyata ada sedikit perbedaan antara suzuki GSX R dan S yang mungkin belum banyak diketahui orang. Hal ini juga yang menjelaskan kenapa selisih harganya cukup jauh.

Di sini kita kesampingkan perbedaan yang mendasar yaitu dari jenisnya fairing dan naked. Hal lain seperti jenis stang dan posisi berkendara dari kedua motor ini tidak dibahas, yang dibahas hanya fiturnya saja bray.

  1. Ignition Sistem

Ternyata kunci pada GSX R dan S memiliki perbedaan, yaitu pada varian R menggunakan keyless ignition system. Sedangkan, untuk tipe S menggunakan kunci biasa yang dilengkapi pelindung.

Mungkin ini faktor utama kenapa rentang harganya cukup jauh dan pada varian GSX S menggunakan kunci biasa ditambah secure key system mungkin untuk menekan harga agar dapat lebih bersaing dengan kompetitor.

2. Standar Tengah

Sudah lazim kita temui pada semua motor fairing tidak terdapat standar tengahnya, mungkin ditiadakan agar tidak menghalangi motor saat hendak manuver ataupun cornering.

Pun pada varian GSX R yang tidak memiliki standar tengah, sedangkan untuk GSX S diberikan standar tambahan yaitu standar tengah. Jadi GSX S150 lebih prefer untuk daily-use.

3. Tuas Gear

Pada tuas gear ada juga perbedaanya bray, pada tuas gear GSX R150 hanya terdapat bagian depan. Jadi, untuk menambah dan mengurangi gear hanya bisa dilakukan dengan di cukil.

Berbeda dengan GSX S 150 yang terdapat tuas depan dan belakang. Jadi jika sayang kepada sepatu dapat menginjak tuas belakang untuk menambah gear dan menginjak tuas depan untuk gear satu dan mengurangi gear.

4. Kick Starter

Untuk GSX S masih terdapat kick starter untuk jaga-jaga bila starter elektrik sedang tidak berfungsi normal. Sedangkan, pada GSX R keberadaan kick starter dihilangkan bray. Memang motor fairing sekarang rata-rata melengserkan keberadaan kick starter.

5.  Panjang Suspensi Depan

Panjang suspensi pada kedua varian ini ternyata juga sedikit berbeda, pada GSX S mempunyai panjang yang lebih panjang dibandingkan dengan milik GSX R. Memang GSX S didesain untuk kearah kenyamanan.

6. Berat

Karena berbeda jenisnya, yang satu mengusung full fairing dan yang satunya adalah pure naked bike, membuat terdapat selisih berat dari kedua motor ini. Memang tidak terlalu signifikasi, yaitu hanya berbeda 1 kg saja.


Last.. masih ada beberapa perbedaan fitur lain, tetapi tidak terlalu mencolok dan pentig. Selain perbedaan di atas, part lain seperti mesin dan rangka adalah sama saja. GSX R lebih dirancang agar lebih terlihat sporti, sedangkan GSX S lebih kearah kenyamanan.

fb gif

Sekain artikel kali ini, semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Semoga dapat membantu dalam menentukan pilihan apakah akan meminang GSX R150 ataupun GSX S150 – RPMSUPER.COM – PERBEDAAN SUZUKI GSX R DAN S 150 –

Tulisan ini dipublikasikan di Info, RPMSUPER.COM, Suzuki, Teknologi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Perbedaan Fitur Suzuki GSX R dan GSX S

Tinggalkan Balasan