Pasang Lampu Cree U7 Transformer

  • 5

RPMSUPER.COM – LAMPU merupakan perangkat vital yang ada dalam sebuah kendaraan. Lampu digunakan untuk sumber pencahayaan saat keadaan gelap. Lampu juga berpengaruh kepada keselamatan dan kenyamanan berkendara

Lampu juga menjadi aturan yang wajib ada dalam sebuah kendaraan sepeda motor. Lampu juga dapat digunakan untuk memberikan signal kepada pengendara lain.

Untuk beberapa alasan, bikers melakukan penambahan jumlah lampu pada kendaraanya. Penambahannya biasanya diluar dari lampu asli dari motor.

Beberapa alasan mereka antara lain, untuk menambah pencahayaan agar lebih terang saat malam hari karena memang benar-benar gelap atau mata yang mengalami minus, bisa juga untuk variasi tambahan 😀 .

Pada kesempatan kali ini, Mas Riski ingin berbagi tentang pemasangan lampu tembak berjenis cree u7 transformer yang beberapa waktu kemarin dipasang, tepatnya sih pada tanggal 15 Juli 2016. Untuk pertama kita bahas spesifikasinya.

Lampu ini memiliki lampu berjenis LED dengan daya 15 watt, yang setara dengan lampu bohlam biasa dengan daya 125 watt yang berarti tidak membuat aki tekor.

Lampu ini dilengkapi dengan angle eye berwarna biru dan demon eye berwarna merah. Untuk lampu utamanya memiliki warna putih dengan 3000 lumens. Jarak cahaya maksimasl 200 meter dan pemasangannya dikhususkan pada motor yang berarus fullwave atau DC dengan tegangan 12V.4

Mode lampunya ada 4 jenis yaitu, lampu senja (hanya angle dan demon eye), terang, redup dan blits (kedip-kedip). Mempunyai 3 kabel, yaitu kabel merah (untuk lampu utama), kabel kuning ( untuk lampu senja) dan hitam untuk kabel masa.

Lampu U7 transformer ini memiliki dimensi 12x10x9 cm. Dibungkus dengan casing yang berbahan alumunium alloy. Yang lebih asyik lampu ini diklaim tahan air. Merknya saya kurang tahu, karena ditulis dengan bahasa alien :mrgreen:

Harganya sendiri bervariasi tergantung lokasi dan penjual. Mas Riski mendapat barang ini online dari salah satu pedagang di tokopedia seharga Rp 180.000 termasuk ongkos kirim dari Tangerang :D.

Untuk pemasangan Mas Riski serahkan ke bengkel karena memang sama sekali tidak tahu tentang kelistrikan motor. Permintaan saya sih, arus terhubung dengan aki, saklar satu untuk lampu senja dan saklar dua untuk lampu utama.
Pasang lampu seperti ini apakah membuat pengendara dari arah berlawanan silau ? Ternyata tidak, karena saya atur ketinggiannya sama dengan lampu low beam, malah masih kalah tinggi dengan lampu high beam motor.

Ketebalan cahaya juga lebih bagus dibanding lampu halogen bawaan motor. Untuk keadaan sore sekitar jam 5 sore, cahaya lampu lebih jelas walaupun warna cahanya putih.

3
Perbandingan cahaya

Kurangnya lampu ini adalah, 3 mode lampu hanya memiliki 1 kabel yang berarti satu saklar. Memang terlihat simple dan tidak membuat mempunyai banyak saklar. Tapi, hal ini membuat lebih kesusahan saat hendak menggunakan salah satu mode.

Misal, untuk lampu mode blits yang berada diurutan nomor 3. Kita harus mengidupkan dan mematikan lampu utama dua kali. Hidup pertama lampu terang, kemudian dimatikan, dihidupkan lagi lampu redup, dimatikan dan dihidupkan lagi baru mendapat lampu blits. Sedikit repot bro 😮 .

Kekurangan lain adalah cahaya yang tidak menyebar sama sekali. Memang fungsi lensa pada lampu untuk memfokuskan cahaya, tetapi lampu ini tidak menyebar sama sekali dan hasil cahayanya hanya ada di satu titik saja.

Plus :

  1. Murah :mrgreen:
  2. Tampilan keren.
  3. Waterproof.
  4. Hemat daya.
  5. Casing alumunium (jadi lebih aman).
  6. Bisa 3 mode

Minus :

  1. Cahaya tidak menyebar.
  2. 3 mode dalam 1 kabel.
  3. Hanya bisa dipasang di motor berarus fullwave (DC)

Last.. lampu ini menurut Mas Riski 40% hanya untuk tampilan, sisanya untuk fungsi :mrgreen: . Cocok untuk sobat yang hanya membutuhkan sedikit tambahan lampu dengan tampilan yang wah.

Silahkan simak hasil pemasangan lampu tembak atau lampu cree u7 transoformer di motor Mas Riski 😀 .

1

2

– ORIGINAL POST BY RPMSUPER.COM –

Baca juga bray

2 Comments

Masukan komentar Anda