Kelebihan Menggunakan Aki Berampere Besar

Kelebihan Menggunakan Aki Berampere Besar

RPMSUPER.COM – AKI adalah sumber listrik utama yang ada dalam sepeda motor, dengan akilah komponen-komponen penting dalam sepeda motor seperti ECU/CDI dapat terpenuhi kebutuhan konsumsi listriknya dengan baik. AKi atau accu mempunya banyak jenis dan modelnya, tetapi pada kesempatan kali ini saya tidak ingin menulis jenis aki.

Dalam aki terdapat satuan ampere yang berarti banyaknya aliran listrik yang mengalir dalam satuan waktu. Ukuran aki dimulai dari 3.5 A, 5 A, 7,4 A 9 ampere dan seterusnya hingga angka belasan.

Nah, banyak orang beranggapan jika menggunakan aki dengan ukuran ampere yang lebih besar dari ukuran standar akan sangat bagus untuk performa kelistrikan motor, seperti lampu lebih terang dan sebagainya. Tapi, pendapat itu tidak sepenuhnya benar tergantung dengan keperluan setiap motor masing-masing. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang Kelebihan Menggunakan Aki Berampere Besarpada sepeda motor. Langsung saja kita bahas check this out 😀

Pertama, lihat dulu spesifikasi sepeda motor. Jika motor tersebut masih standar tidak ada ubahan sama sekali malah akan membuang-buang uang saja karena aki dengan ampere besar harganya relatif mahal. Tapi jika kondisi sepeda motor sudah terdapat beberapa upgrade, seperti penambahn jumlah lampu, memasang klakson tambahan dan sebagainya akan sangat bermanfaat.

Penambahan piranti kelistrikan dalam sepeda motor membutuhkan aliran listrik yang lebih besar, jika hanya menggunakan aki dengan ukuran ampere standar kemungkinan besar aki akan kewalahan dalam menyupai kebutuhan listrik. Jadi tergantung keadaan motor, jika sudah melakukan upgrade tambahan aki ampere besar sudah bisa menjadi kebutuhan.

Kedua, motor balap menggunakan ampere besar. Banyak orang melakukan modifikasi karena berkiblat dengan motor balap, tetapi tidak semua aplikasi pada motor balap bisa digunakan untuk kebutuhan harian. Memang motor setingan full balap menggunakan aki berampere besar karena untuk menyuplai perangkat elektronik seperti ECU atau CDI agar mempu beroprasi secara maksimal hingga putaran atas.

Kelebihan Menggunakan Aki Berampere Besar

Selain itu, pada motor balap menggunakan sistem pengapian full loss atau total loss yang tidak ada jalur pengisian untuk aki. Adanya spull juga dipangkas hingga menjadi sangat ringan dan tidak mampu menyuplai aliran listrik ke perangkat elektronik maupun memberikan aliran listrik.

Ketiga, membutuhkan modifikasi tambahan. Dalam menggunakan aki ampere besar membutuhkan beberapa modifikasi pada motor, yaitu dengan menggulung ulang spull dengan kawat yang berdiameter lebih besar. Jika spull masih standar pengisian aki akan menjadi lebih lama. Gulungan spull diibaratkan dengan keran air dan aki adalah bak mandi. Semakin besar bak, tetapi tidak menguprgrade jumlah aliran air maka pengisian akan menjadi lebih lama.

Kesimpulan Kelebihan Menggunakan Aki Berampere Besar

  1. Memperpanjang umur perangkat elektronik
  2. Menghindari aki cepat tekor.

Kekurangan Menggunakan Aki Berampere Besar

  1. Tidak ada manfaat jika motor dalam keadaan full standar.
  2. Membutuhkan biaya tambahan untuk modifikasi spul agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  3. Harga relatif lebih mahal

Last.. Penggunaan aki dengan ampere besar memang mempunyai manfaat, tetapi agar mendapatkan hasil  yang maksimal membutuhkan upgrade di sektor lain. Untuk motor yang masih full standar tidak direkomendasikan menggunakan accu dengan ampere besar karena tidak ada manfaatnya. Sekian artikel kali ini semoga bemanfaat 😀 – RPMSUPER – RPMSUPER.COM – Kelebihan Menggunakan Aki Berampere Besar-

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

Be the first to comment

Masukan komentar Anda