kelebihan dan Kekurangan Slider Knalpot

es-scarlet

RPMSUPER.COM – KNALPOT berfungsi sebagai membuang gas sisa pembakaran yang dihasilkan oleh mesin atau meredam hasil ledakan yang terjadi di ruang bakar.  Ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam suara tersebut /gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari klep buang tidak langsung dilepas ke udara terbuka.

Saat terjadi crash, seringkali  knalpot mengalami kerusakan yang cukup besar (jika jatuhnya ke bagian yang terdapat knalpot), walaupun jatuh biasa knalpot juga bisa mengalami kerusakan. Apalagi knalpot memiliki harga yang cukup tinggi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikt membahas tentang  pemasangan slider knalpot atau exhaust slider pada motor. Karena letaknya yang sangat terekspos seringkali knalpot juga terkena imbas dari crash yang terjadi. Apalagi knalpot yang relativ mahal, seperti sudah kewajiban untuk memang slider knalpot agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Slider exhaust biasnya digabung dengan frame slider, untuk membaca artikel tentang frame slider bisa baca di sini <klik>

ngilu
Hal yang dihindari 😮

Slider knalpot sendiri ada dua macam slider knalpot, yang pertama terletak di atas knalpot dengan menggantikan baut penghubung antara pengikat knalpot dengan footstep belakang. Model ini biasa digunakan pada motor bebek dan sport, yang kedua model yang ada di bawah  dengan dua  buah slider dipasang menggunakan braket yang tersedia, biasanya dipasang untuk motor matik.

Untuk yang model pertama adalah model yang sering dilihat pada motor sport, entah itu naked sport bike atau fairing sport bike. Pemasangannya sangat mudah karena hanya mengganti baut yang menghubungkan antara knalpot dan footstep belakang. Proteksinya juga cukup lumayan dan untuk model yang ini harga relativ terjankau tergantung merk, dan bahannya. Harga mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

es-on-racing
Model pertama

 

Model kedua biasanya diperuntukan untuk motor matik, motor yang sering menggunakan adalah Yamaha N-max. Memiliki dua buah slider dipasangkan dengan braket, kemudian dipasang pada bagian swing arm memberikan keamanan ganda bagi knalpot. Karena modelnya lebbih rumit, model yang kedua ini harganya relativ mahal dan lebih tinggi daripada model biasa. Harganya mulai dari lima ratus ribuan keatas 😀 .

es-nmax

 

Dari dua model yang ada mana yang lebih baik ? Menurut pendapat saya model kedualah yang baik. Karena melindungi knalpot dari bagian bawah dan memiliki dua buah slider, ya walaupun harganya jauh lebih tinggi. Penggunaan slider knalpot sangat cocok untuk knalpot yang memiliki harga tinggi. Bisa juga mengurangi resiko terjepit pada motor saat terjatuh, khususnya untuk pembonceng.

Menggunakan slider knalpot bukan tanpa kekurangan. Karena panjangnya lebih lebar dari knalpot bahkan footstep pengemudi kadang bisa membuat bersenggolan dengan pengendara lain, atau malah menyangkut. Selain itu, jika crashnya terlelu keras juga dapat merusak pada bagian yang dipasangi slider knalpot. Dihal lain juga dapat membuat keseimbangan motor berkurang karena beban dari slider sendiri, apalagi yang terbuat dari alumium yang notabene mempunyai berat yang cukup lumayan.

Kelebihan menggunakan slider knalpot :

  • Melindungi knalpot dari crash.
  • Mengurangi resiko kaki terjepit saat crash.
  • Mempercantik tampilan.

Kekurangan menggunakan exhaust slider :

  • Bisa mempengaruhi keseimbangan motor.
  • Bila kurang waspada bisa bersenggolan dengan motor lain, bahkan menyangkut di kaki pengendara lain.
  • Merusak bagian motor yang digunakan sebagai braket (jika crash sangat keras)

Last.. Menggunakan slider knalpot atau exhaust slider memang memiliki kekurangan dan kelebihan, disamping dapat melindungi knalpot kadang bisa merusak hal lain. Sekain saya undur diri,  semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua. – RPMSUPER – RPMSUPER.COM – KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGUNAKAN KNALPOT SLIDER –

 

 

 

 

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

2 Comments

Masukan komentar Anda