Jumlah Kamera di Motor MotoGP

RPMSUPER.COM – Moto Grand Prix atau yang sering dikenal dengan MotoGP adalah balapan yang tersohor di dunia ini. MotoGP berisi pembalap-pembalap dengan kelas elite, karena MotoGP adalah balapan dengan kasta tertinggi. MotoGP memiliki beberapa hal yang yang seru untuk diikuti.

Salah satunya adalah perkembangan teknologi. Tidaknya hanya perkembangan teknologi motornya saja, tetapi juga teknologi pendukung-pendukung MotoGP juga sangat menarik untuk diikuti salah satunya perkembangan kamera yang menempel di motor MotoGP. Kamera MotoGP sendiri digunakan pertama kali pada tahun 1985 di Sirkuit assen dan digunakan oleh pembalap bernama jaman dulu yaitu pembalap dari Amerika Serikat – Randy Mamola.

kamera pertama

 

Ide memasang kamera pada motor tercetus karena pada masa itu motoGP mulai disiarkan langsung ke televisi, agar lebih menarik maka dibuatlah kamera on board motor. Pada saat itu kamera hanya menggunakan satu kamera saja yaitu di bagian belakang motor dan terdapat penyangga di sana. Dikarenakan semakin berkembangnya teknologi, kamera MotoGP semakin kecil dan semakin menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Dulu kamera motoGP memiliki berat dulu 1325 gram, dan sekarang hanya berbobot 78 gram dengan kualitas gambar jauh diatasnya.

kamera gp

Pada awalnya MotoGP hanya menggunakan satu kamera, kemudia bertambah menjadi dua buah (depan dan belakang), kemudian bertambah 4, kemudian bertambah dan bertambah lagi hingga sekarang menjadi banyak kamera. Untuk aturan resmi menggunakan kamera ini adalah tahun 1998. Semua kontestan wajib memasang kamera di motor mereka.

Nah yang jadi pertanyaan, berapakah jumlah kamera yang menempel di motor MotoGP saat ini ? Jawabannya adalah 13 kamera. Kamera itu sendiri ditempatkan di tempatnya masing-masing memang terlihat banyak tapi karena dimensinya sangat kecil kadang kamera tidak terlihat.

Untuk letak kameranya bisa disimak dibawah bro 😀 .

1. Bagian depan, menghadap depan

kamera gp1

 

2. Bagian depan, dibawah dashboard menghadap aspal dari arah depan

kamera aspal

 

3.  Bagian depan, menghadap ke pembalap.

kamera ke sempap

 

4. Bagian depan, menghadap dashboard motor.

kamera gp dashboard

 

5. Bagian samping, menghadap kopling motor.

kamera gp kopling

 

6. Bagian samping, menghadap rem motor.

DCIM104GOPROG0016140.

 

7. Bagian samping, pada bagian fairing bawah menghadap kaki kiri pembalap.

8. Bagian samping, pada bagian fairing bawah menghadap kaki kanan pembalap.

kamera gp fairing

 

9. Bagian samping, menghadap bagian ban depan sebalah kanan.

 

10. Bagian samping, menghadap bagian ban depan sebalah kiri.

11. Bagian belakang, dipasang di buntut motor menghadap punggung dan vantat pembalap :mrgreen: .

kamera gp vantat

 

12. Bagian belakang, menghadap bagian belakang.

kamera gp belakang

 

13 . Bagian belakang, dipasang di bagian knalpot.

kamera gp bawah knalpot

 

Last…penggunaan kamera di motor agar aksi pembalap MotoGP di atas motornya langsung bisa dilihat langsung dan penonton dapat merasakan feel yang lebih dan juga berguna untuk menginvestigasi jika ada kejadian-kejadian yang memerlukan pengawasan yang diluar batas mata manusia. Sekaian artikel kali ini semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM –

-Note : letak tiap tim kadang berbeda. Maaf ada beberapa bagian yang tidak saya temukan gambarnya :mrgreen: . Jumlah kamera bisa lebih dari yang disebutkan. 

Source : media2give.blogspot.co.id/sports.sindonews.com

  

Baca juga bray

11 Comments

Masukan komentar Anda