Helm Dengan Wiper

helm-wiper

RPMSUPER.COM – HELM merupakan perangkat safety gear yang wajib digunakan oleh pengendara sepeda motor untuk keselamatan dan kenyaman pengendara motor sendiri. Helm akan melindungi dan meminimalisir resiko cidera  dari kecelakaan yang dialami oleh pengendara sepeda motor.

Namun, helm memiliki kelemahan ketika sedang menghadapi cuaca hujan karena rintik air hujan memenuhi kaca hingga menganggu pandangan pengemudi. Karena hal inilah kemudian dicetuskan wiper untuk kaca helm. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang wiper untuk kaca helm.

Helm dengan wiper yang akan dibahas kali ini adalah versi Cina dengan buatan Haihao Technology dan versi Eropa dengan brand Rainpal. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup menyolok. Wiper sendiri berguna untuk menyapu air yang ada di kaca agar tidak menghalangi pandangan pengendara. Yuk langsung saja kita bahas 😀 .

  • Versi Cina (Haihao Technology)

helm-wiper1

Untuk versi buatan Cina ini memiliki bentuk yang cukup ekstrim karena bentuknya yang cukup besar, walaupun cukup menyita perhatian orang lain yang melihat :mrgreen: . Wiper yang mereka ciptakan menggunakan daya dari baterai ukuran AA berjumlah dua dan diklaim mampu bertahan hingga 8 jam pemakaian. Ukuran karet wipernya sendiri adalah 6 cm saja.

Walaupun bentuknya cukup besar, tetapi berat total hanya  256 gram saja, jadi tidak memberatkan otot leher pengendara. Yang lebih asyik, wiper eksternal ini bisa portable alias bisa dipasang saat diperlukan dan dilepas saat sudah tidak diperlukan. Sapuan wiper sepanjang 120 derajat dan mampu bertahan hingga kecepatan 150 km/jam 😮 .

Eksternal wiper ini bisa digunakan pada suhu -2 hinga 60 derajat selsius. Meskipun bentuknya agak nyeleneh, tetapi bisa membantu pengendara membersihkan rintik air yang menempel pada saat hujan ringan hingga hujan deras. Untuk harga dibandrol sebesar Rp 650.000 saat Pameran automotif International Auto Parts Accessories & Equip Exhibition (Inapa) 2016 di JIExpo, Kemayoran.

 

  • Versi Eropa (Rainpal)

helm-wiper-en

Jika buatan Haihao Technology memiliki bentuk yang cukup mencolok. Berbeda dengan buatan orang Eroa dengan brand Rainpal yang bentuknya cukup munyil dan bahkan tidak terlihat jika ada wiper eksternal pada helm itu. Pencipta dan pematen karya ini adalah Adam Aarons, seorang pria asal London, Inggris. Wiper eksternal untuk helm ini memakan biasa riset hingga  GBP97.000 (Rp1,8 miliar).

Eksternal wiper ini bisa digunakan untuk semua helm, khususnya pada helm full face karena hanya ditempelkan pada bagian atas kaca saja. Tidak hanya menyapu air, wiper eksternal untuk helm ini juga bisa menyemprotkan 100ml air ke visor, untuk membersihkan kotoran karena ada fluida reservoirnya 😀 . Berbeda dengan versi dari Cina, Wiper ini menggunakan baterai rechargeble atau bisa diisi ulang dan juga dilengkapi dengan baterai cadangan.

helm-wiper-en1

Pada baterai penuh wiper ini mampu bekerja selama 2 jam non-stop. Tersedia pula lampu LED untuk memudahkan pengguna saat proses pemasangan ketika malam hari. Untuk dimensi sangatlah kecil, hanya memiliki lebar 1.3 cm dengan berat besih 150 gram dan ayunannya hingga 140 derajat serta tahan hingga kecepatan 160km/h. Untuk cara kerjanya bisa cek lewat video di bawah ini 😀 .

Yang lebih canggih kecepatan wiper bisa diatur menggunakan remot. Di sana terdapat tiga mode yaitu  delay, single sweep dan speed. Untuk harga dibandrol mulai  dari 49,99 poundsterling sampai 69,99 poundsterling atau sekitar Rp 900.000 sampai Rp 1,3 juta.Cukup mahal tapi biayar dengan teknologi yang disediakan.

helm-wiper-en2

Last.. Apakah anda tertarik dengan dua produk diatas ? Memang untuk versi Eropa lebih simple dengan teknologi yang jauh lebih bagus, walaupun harganya bagus juga :mrgreen: . Tapi, untuk versi Eropa belum dijual bebas di Indonesia. Untuk versi Cina lebih ke fungsinya saja. Sekian saya mohon undur diri, semoga berguna dan bermanfaat 😀 .

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

3 Comments

Masukan komentar Anda