Cara Darurat Menghidupkan Aki Kering

0

RPMSUPER.COM – AKI adalah salah satu perangkat yang berperan vital dalam mengalirkan listrik yang ada di sepeda motor. Biasanya aki menjadi sumber utama dari semua lampu dan elektronik yang terdapat di sepeda motor.

Aki mempunyai beberapa  jenis. Untuk lebih jelasnya apa saja jenis-jenis aki bisa klik link ini. Namun, dewasa ini kebanyakan pabrikan menggunakan aki maintance-free atau aki kering.

Bukan tanpa alasan, menggunakan aki maintance-free atau kering memang lebih mudah dalam penggunaan. Tidak perlu cek cairan secara berkalan karena kebanyakan aki hanya sekali pakai.

Tapi, hal itu menimbulkan dilema baru. Dikarenakan aki maintace-free atau aki kering bisa saja mati diwaktu yang tidak bisa diduga-duga. Kalau masih dalam kota memang tidak masalah. Kalau sedang ada di luar kota dan uang tipis ini yang cukup menyusahkan.

Nah, pada kesempatan kali ini. Saya ingin berbagi tentang cara darurat menghidupkan aki kering atau aki maintance-free. Artikel ini bersumber dari tabloid motorplus edisi 947. Langsung saja kita bahas bray.

Sebenarnya anggapan aki maintance-free atau aki kering tidak menggunakan cairan adalah anggapan yang kurang tepat. Sebenarnya, aki tersebut masih menggunakan cairan atau gel di dalamnya.

Bagaimana cara darurat menhidupkan aki kering yang sudah mati. Pertama, kita ketahui dulu bagiaman keadaan aki itu. Jika cell yang ada di aki tidak rusak terlalu parah gunakan air aki yang botol biru. Namun, jika cel sudah cukup parah, bisa menggunakan air aki yang botol merah.

Kedua, silahkan buka tempat cairan aki. Biasanya di atasnya terdapat tulisan “Do Not Open”. Ya, karena keadaan yang darurat kita buka saja. Kemudian, masukan air aki ke dalam lubang-lubang yang ada.

Sumber tertera

Cara ini sebenarnya memang untung-untungan. Tergantung pada kondisi cellnya tadi. Jika memang sudah terlalu parah. terpaksa harus ganti dengan yang baru. Kalau memang belum rusak terlalu parah, cell yang ada di dalamnya akan terisi listrik lagi.


Last… Cara ini memang sangat membantu dalam keadaan kepepet atau darurat. Karena, harga air aki yang cukup murah. Tapi, yang perlu diingat, ini adalah cara sementara saja. Kalau sudah ada kesempatan, usahakan ganti dengan yang baru.

Sekian artikel kali ini semoga cara darurat menghidupkan aki kering ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua 😀 – RPMSUPER.COM – CARA MENGHIDUPKAN AKI KERING –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here