Jangka Waktu Kuras Tangki Sepeda Motor

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – Tangki adalah tempat untk menyimpan persedian bahan bakar pada kendaraan mulai dari roda dan hingga lebhi dari sepuluh. Dalam sepeda motor tangki khusunya motor sport letak tangki berada diluar dan lebih rentan akan kemasukan air, dan menguap. Sedangkan air adalah pantangan dalam sistem pembakaran.

Jika air sudah masuk maka akibatnya  laju motor akan tersendat entah itu hanya untuk sesaat dan yang lebih parah adalah mogok :o . Selain itu air juga dapat membuat korosi tangki yang menimbulkan karat dan bisa mengakibatkan tangki berlubang (nah Lho :o ). Tidak hanya mengakibatkan tangki berlubang, namun juga dapat menimbulkan karat apa pelampung bahan bakar yang akan berpengaruh pada kondisi fuel meter yang ngawur.

Jangka Waktu Kuras Tangki Sepeda Motor

Jangka Waktu Kuras Tangki Sepeda Motor yang tepat atau yang direkomendasikan adalah tiap 6 bulan sekali. Paling minimal yang direkomendasikan adalah satu tahun sekali. Kuras tangki tidak hanya untuk membuang air yang masuk dalam tangki yang masuk dari berbagau keadaan. Bisa saja masuk saat keadaan hujan atau masuk saat motor di cuci.

adsense-fallback

Hal ini juga berguna untuk membuang kotoran dalam tangki. Sebab, kadang kala kita mendapatkan kualitas bahan bakar yang buruk. Apalagi saat tidak mengisi di tempat yang resmi.

Caranya kuras tangki motor

Caranya kuras tangki motor juga cukup mudah, kebetulan motor RPM yaitu NMP (Black Shadow) sudah tiga tahun dan belum dikuras juga. Langsung tancap kebengkel terdekat dan ternyata bisa dilakukan sendiri dirumah.

Beberapa alat yang dibutuhkan adalah kunci untuk membuka baut penyangga dan obeng untuk membuka shroud dan kunci untuk melepas jok motor. Tak lupa wadah untuk memampung bahan bakar nanti. Untuk cara kuras tangki motor bisa saja berbeda-beda. Namun, untuk ini bisa digunakan untuk setiap motor sport

Dimulai dari selang bensin dulu, putar kran bensin keposis ress (jika ada). Lalu lepaskan selang bensin kemudian arahkan ke wadah yang telah disediakan. Lepas dulu shroud pada motor jika ada,lalu buka jos motor. Lepas tangki dengan melepas baut pengikat dan lepaskan juga dari dudukannya. Hati-hati saat melepas dan sebelumnya sudah melepas kabel dari pelampung bahan bakar. Tambahan saat akan menguras tangki usahan bahan bakar tinggal sedikit.

Lalu kuras bahan bakar hingga habis jangan lupa pada kanan tangki. Setelah yakin sudah kosong, pada wadah akan terlihat mana bahan bakar dan mana air. Lalu buka kran bensin dan  membuang kotoran yang berada dimangkuk filter bensin. Jika ada air warna coklat itu adalah cikal-bakal karat.

Bersihkan filter dengan bensin hingga bersih dan kemudian rakit kembali seperti semula, Masukan bahan bakar yang telah dibeli dan masukan ke dalam tangki. Namun jangan sambung selang bensin dulu, biarkan hingga bensin keluar. Jika sudah pasang kembali ketempatnya dengan benar. Jangan sampai ada kebocoran dan jangan lupa kabel pelampung dipasang kembali.

Untuk NMP RPM sendiri masih bersih hanya ada sedikit air warna  kuning kecoklatan dimangkuk filter dan herannya malah tidak air yang masuk :o (aneh yak :mrgreen: ). Mungkin jenis bahan bakar juga mempengaruhi. Sedikit tips jangan lama-lama membiarkan tangki dalam keadaan kosong karena dapat membuat korosi dan karat.

Last.. Info diatas merupakan pengalaman RPM dalam menguras tangki sebulan yang lalu (ya walaupun dilakukan dibengkel :mrgreen:). Hal tersebut berlaku untuk semua jenis motor serta lakukan secara periodik minimal setahun sekali. Sekian tips dan info yang dapat saya sampaikan silahkan dibaca dan mohon komentarnya.Semoga bermanfaat dan berguna :D (RPM) – Jangka Waktu Kuras Tangki Sepeda Motor – Caranya kuras tangki motor

adsense-fallback