Kapan Ganti Ban

3 Indikator Kapan Ganti Ban Kendaraan

Diposting pada

RPMSUPER.COM – BAN merupakan perangkat yang wajib ada dalam semua kendaraan bermotor. Kali ini akan kita bahas 3 Tanda Kapan Ganti Ban Kendaraan. Ban memiliki beberapa fungsi yang penting seperti, digunakan untuk meneruskan kendali dari stang, menangguh segala beban yang ada disepeda motor. Termasuk pengemudi, meredam getaran dan sebagai suspensi kendaraan dan mungkin masih ada beanyak lagi .

Untuk sebagian orang, mengganti ban cukup melihat fisik saja. Jika kondisi ban sudah menurun drastis, seperti alur ban sudah tidak ada (malah kaya ban kering motoGP bro :mrgreen: ). Bahkan ada yang baru mengganti saat ban sudah kelihatan karetnya. Hal ini tidak saya anjurkan bray. Buat rekan-rekan yang penasaran kapan ganti ban yang tepat atau ciri-ciri ban harus ganti.

3 Tanda Kapan Ganti Ban Kendaraan

Tread Wear Indicator

ban indicator

Tread wear Indicator ini jurus paling ampuh untuk menentukan jangka waktu penggantian ban. Tread wear indicator terdapat pada bagian samping ban dan mempunyai bentuk segitiga kecil. Ada juga TWI yang letaknya ada pada alur ban dan berbentuk persegi.

kapan harus ganti ban
Contoh TWI dalam alur ban mobil

Jika kondisi sobat sudah mencapai atau bahkan melebihi tread wear indicator segeralah melakukan penggantian ban. Hal tersebut dibuat sebagai indikator kapan ban harus ganti yang dianjurkan oleh pabrikan ban. Untuk tiap produsen mungkin memiliki perbedaan. Apabila kondisi ban sudah melewati batas indkator tersebut maka akan kurang maksimal dalam menghasilkan traksi. Khususnya pada kondisi jalan basah saat hujan.

Alur Ban

ban aus

3 Tanda Kapan Ganti Ban Kendaraan selanjutnya dengan melihat alur ban. Jika sobat merasa tread wear indicator masih kurang sebagai  jaminan untuk mengganti ban.  Sobat bisa melihat alur ban pada kendaraan sobat. Namun jangan terlalu lama agar tidak membahayakan diri kita sendiri.

Bila dirasa alur ban sudah mulai habis atau bahkan sudah habis segeralah mengganti. Apa lagi hingga ban terlihat karetnya itu sangat berbahaya dan bisa berpotensi ban pecah atau meletus.

Tahun Pembuatan

Cara cek tahun ban

3 Tanda Kapan Ganti Ban Kendaraan yang terakhir adalah melihat tahun pembuatannya. Ban juga bisa kadaluarsa, bila usianya sudah renta. Umumnya, usia ban adalah sekitar 3-4 tahun. Setelah itu ban akan terasa lebih keras atau karet di dalam ban sudah getas. Walaupun alur masih bagus dan tread wear indicator masih jauh, tetapi ban sudah berusia 3-4 tahun wajib diganti.

Jangka Waktu Mengganti Ban Sebelum hal yang tidak diingikan terjadi. Ini terjadi untuk kendaran simpanan dan jarang dipakai, secara fisik masih bagus tetapi usianya sudah renta. Seperti yang saya alami sendiri pada ban Honda New Megapro saya. Secara alur masih sangat bagus tapi usia ban sudah 5 tahun. Akhirnya bannya hamil dan sudah wajib diganti.

Bagaimana kita mengetahui usia ban ? Bisa dilihat dari kode yang ada di ban (lebih tepatnya dibagian samping kanan kiri ban) terdapat empat angka dan dibingkai kotak. Untuk dua angka pertama adalah minggu dan dua digit terakhir adalah tahun produksi. Contoh pada gambar tertulis 0308 . Berarti, ban diproduksi pada minggu ketiga pada tahun 2008,sobat mengganti ban maksimal pada tahun 2012 .


Last…tepatnya waktu mengganti ban akan menghindarkan kita dari hal yang tidak diinginkan.Jangka waktu penggantian ban juga termasuk ciri-ciri ban sudah aus.Sekain RPM mohon undur diri,semoga berguna dan bermanfaat bagi sobat RPM semua :D – RPM – RPMSUPER – RPMSUPER.COM -3 Tanda Kapan Ganti Ban Kendaraan – Kapan harus ganti ban ?

5 thoughts on “3 Indikator Kapan Ganti Ban Kendaraan

Silahkan Masukan Komentar