Jenis Filter Oli Pada Motor

RPMSUPER.COM – SEPEDA MOTOR memiliki banyak sekali bagian yang berguna untuk mendukung funsi dari sepeda motor itu sendiri. Dari semua spare part yang ada pasti ada masa pakai atau lifetimenya. Kali ini akan saya bahas Jenis Filter Oli Pada Motor dan Kelebihannya

Lifetime sendiri dibagi menjadi dua, yaitu  jangka pendek (fast moving) dan jangka panjang (slow moving part). Salah satui komponen fast moving ada filter oli.

Filter oli berguna untuk menyaring oli agar tetap bersih saat oli disirkulasikan di dalam mesin. Ternyata filter oli jenisnya tidak hanya satu, tetapi masih ada beberapa jenis lagi. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Jenis Filter Oli Pada Motor beserta kelebihan dan kekurangannya.

Jenis Filter Oli Pada Motor

Filter Oli Kertas

filter oli kertas

Filter oli ini adalah filter oli paling mudah kita temui. Biasanya filter oli dengan bahan kertas digunakan untuk motor kapasitas kecil (tetapi tidak hanya pada motor kecil saja). Contohnya pada Yamaha Vixoion.

Filter oli ini memiliki durabiitas yang paling rendah dibadingkan dengan filter oli jenis lainnya. Filter ini tertanan di dalam mesin alias tidak terkekspos. Jangka pengganti filter oli model kertas adalah 2 : 1.

Jadi bila kita sudah dua kali mengganti oli secara periodik. Dianjurkan sekalian mengganti filter oli dengan yang baru. Agar penyaringan oli dapat bekerja sebagaimana mestinya. Untuk harga jenis filter ini adalah yang paling murah.

BACA JUGA : 4 Jenis Oli Pada Kendaraan

Filter oli Tabung

filter oli tabung

Selanjutnya ada filter oli model tabung. Sebenarnya isi dari filter oli ini adalah sama, yaitu kertas. Hanya saja tambah cover alumunium dan bentuknya seperti tabung. Biasanya digunakan untuk motor diatas 250 cc.

Filter oli jenis ini juga sering digunakan pada mobil. Pemasangannya biasanya tidak di dlam mesin. Tapi terkespose diluar mesin sehingga dalam proses penggantiannya jad lebih mudah. Untuk durabilitas dia sama dengan filter sebelumnya.

filter oli stainless steel

kelebihan filter oli stainless steel

Terakhir ada filter oli yang menggunakan bahan alumunium. Untuk durabilitas dia adalah yang paling tinggi diantara kedua jenis filter oli sebelumnya. Jikapun filter ini kotor kita tidak harus menggantinya.

Filter ini juga bisa dibersihkan menggunakan bensin atau sejenisnya. Jadi bisa lebih menghemat pengeluaran. Bahkan kalau mau bisa dipakai seumur hidup asal mau memberishkannya. Tapi, memang untuk harga dia adalah yang paling tinggi dibanding yang lainnya.

filter oli stainless vs kertas

Lalu filter oli stainless vs kertas bagus mana? Jika dari sisi durabilitas tentu saja filter oli stainless lebih baik. Karena bisa digunakan berulang kali. Cukup dibersihkan saja setiap penggantian oli.

Namun, filter oli kertas harganya lebih murah. Sebenarnya durabilitas dari filter oli kertas juga lumayan baik. Karena bisa digunakan dalam dua kali siklus ganti oli.

Jadi penggantian filter oli kertas setiap dua kali ganti oli. Namun, jika sobat menggantinya setiap ganti oli juga lebih bagus.

Jika sobat ingin membeli filter oli untuk motor sobat. Sudah saya sediakan link pembelian via Shopee. Semua motor, dan jenisnya sudah tersedia.

BELI FILTER OLI DI SHOPEE (KLIK)

So.. Itulah Jenis Filter Oli Pada Motor beserta kelebihan dan kekurangnnya. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua ya :D RPMSUPER.COM – Jenis Filter Oli Pada Motor –

Referensi : otomotifnetnet

Artikel terbaru :

Bagikan:

Silahkan Masukan Komentar