Bahaya Menggunakan Kampas Rem Palsu

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Kampas rem merupakan perangkat vital dalam pengereman, Namun, di pasar  sudah banyak sekali beredar kampas rem palsu. Lalu apa Bahaya Menggunakan Kampas Rem Palsu ?

Kampas rem palsu ada dua jenis, yaitu dengan mengkloning dari yang asli dan memasangkan merk yang bersangkutan. Kemudian ada juga dengan merek yang antah berantah.

Ciri-Ciri Kampas Rem Palsu

Pertama, harga. Ada harga ada rupa, masih menjadi istilah yang tepat untuk semua barang termasuk kampas rem. Untuk mengecek harga kampas rem asli sobat bisa ke dealer resmi yang motor yang terkait dan akan ditulis harga minimum eceran. Nah, apabila harganya di bawahnya bisa diindikasi barangnya palsu. Apalagi perbedaan harga yang sangat jauh.

Ciri-ciri kampas rem palsu adalah dari kondisi fisiknya. Tentu saja semua barang yang keluarkan pabrikan bersama vendornya sudah dibuat se-pas mungkin dengan motor. Apabila sobat menemui barang dengan suatu merek pabrikan dan saat dipasang tidak pas, berarti ada kemungkinan barangnya adalah palsu.

Bahaya Menggunakan Kampas Rem Palsu

Setelah kita mengetahui bagaimana ciri-ciri kampas rem palsu. Sekarang kita bahas efeknya bila menggunakan kampas rem yang palsu. Memang dari sisi harga bisa menghemat beberapa rupiah, tetapi apa saja efeknya ?

adsense-fallback
  1. Performa

Kebanyakan kampas rem palsu menggunakan bahan baku yang tidak bagus. Sehingga profil kampas rem menjadi keras sehingga performa pengereman jadi lebih buruk.

2. Brisik

Dikarenakan tidak presisi, ada kemungkinan kampas rem palsu akan mengeluarkan suara yang bising. Biasanya akibat gesekan antara kampas rem dan cakram karena ukurannya yang tidak pas.

3. Cakram Terkikis

Kembali lagi kepada profil kampas rem yang keras. Selain membuat rem tidak pakem, ternyata juga membuat cakram terkikis. Istilahnya cakram kemakan kampas rem. Kalau sudah seperti ini sobat malah harus keluar biaya lagi untuk mengganti cakram.

Ternyata memang berbahaya menggunakan kampas rem palsu pada kendaraan. Selain pengereman tidak baik, juga dapat mengkikis cakram pada motor. Untuk itu ada baiknya lebih selektif dalam memakai kampas rem agar tidak rugi di kemudian hari – RPMSUPER.COM

adsense-fallback