Review Honda Supra GTR 150

Honda Supra GTR 150
Touring Kemerdekaan 2017
Blogger dan Vlogger Jawa Tengah Melakukan Touring Kemerdekaan Bersama Astra Motor Semarang

RPMSUPER.COM – Honda Supra GTR 150 adalah salah satu produk Honda yang cukup revolusioner. Mengingat nama besar Honda Supra sebagai motor bebek yang laris sepanjang masa. Honda Supra dikenal dengan motor yang irit dan memiliki ketahanan mesin yang bagus.

Kini image Honda Supra cukup berubah dengan adanya Honda Supra GTR 150. Mulai dari desain motor ini sudah cukup berbeda, apalagi dari konfigurasi mesin. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan melakukan Review Honda Supra GTR 150.

Saya berkesempatan mencoba Honda Supra GTR 150 pada acara touring kemerdekaan yang lalu. Saya mencobanya selama perjalanan yang lumayan jauh. Medan jalan dihadapi berbagai macam, mulai dari jalan yang mulus, jalan yang hancur dan tanjangan yang cukup tajam.

Tampilan Honda Supra GTR 150

Untuk tampilan dan detailnya silahkan tonton video di atas. Motor ini mengusung jenis bebek super. Namun, Honda menyebut GTR 150 dengan sebutan bebek touring. Memang sebuah segment yang cukup baru karena biasanya, motor touring identik dengan motor sport. Menurut saya, Supra GTR 150 memiliki tampilan yang elegan, tetapi tetap memiliki aura yang garang.

Performa Honda Supra GTR 150

Mesin Honda Supra GTR 150
Mesin Honda Supra GTR 150

Untuk mesin, motor ini memiliki mesin yang sama dengan saudaranya. Mesin yang ada pada GTR 150 ini sama dengan Honda Sonic, CB150R dan CBR 150. Walaupun memiliki basis yang sama, tetapi produsennya menyeting lagi mesinnya agar sesuai dengan karakter motornya.

Review Honda Supra GTR 150 untuk performa patut diakui jempol. Apalagi pada torsinya. Mesinnya mampu memuntahkan tenaga sebesar 15,74 dk di 9.000 rpm dan mampu mengeluarkan torsi sebesar 13,5 Nm pada 6.500 rpm. Tori motor ini sangat terasa diputaran bawah hingga menengah. Jika dipakai diputaran atas torsinya agak sedikit drop.

Walaupun tidak bisa mengetes berapa top speed yang mampu dihasilkan oleh motor ini. Namun, saya berani mengatakan bahwa motor ini memiliki top speed yang cukup tinggi. Saat menunggangi motor ini, saya memapu meraih kecepatan 90 km/h on speedometer pada gear tiga dan keadaan jalan agak menanjak.

Untuk performa, Honda Supra GTR 150 ini tidak mengecewakan. Torsinya yang ganas diputaran bawah hingga menengah memang cocok untuk digunakan diberbagai medan jalan. Misalakan di kota yang sering menghadapi kemacetan, dipegunugan dan lain-lain.

Fitur Honda Supra GTR 150

Untuk fitur, motor ini sudah memiliki fitur standar yang cukup komplit. Misalkan lampu LED pada headlamp, pengkabutan injeksi dengan PGM-FI. Pendinginan menggunakan air atau radiator atau istilahnya water cooling. Menggunakan rem cakram pada depan belakang yang masing-masing menggunakan sigle piston. Pengeremannya sangat mantap dan cukup sensitif.

Rem yang sensitif ini memiliki dua efek dan bisa bisa menjadi pisau bermatan dua. Bila digunakan dengan benar bisa memberikan efek pengereman mantap dan cepat. Namun, jika digunakan untuk panik brake rem akan dengan mudah mengunci roda baik dengan maupun belakang.

Speedometer menggunakan perpaduan antara digital dan analog. Putaran mesin menggunakan speedometer analog dengan jarum. Sedangkan, penunjuk kecepatan, odo trip, indikator bahan bakar menggunakan digital. Sayangnya pada speedometernya tidak ada indikator suhunya. Selain itu, background warna saat gelap kurang menarik karena berwarna merah. Mungkin akan lebih keren jika menggunakan warna lain.

Handling dan Suspensi

Handling Supra GTR 150

Untuk handling, Honda Supra GTR 150 memiliki handling yang ringan dan mudah digunakan untuk manuver cepat. Saat digunakan dijalan yang penuh dengan tikungan tajam motor dengan mudah menaklukannya. Sedangkan untuk suspensi. GTR 150 memiliki suspensi teleskopik pada suspensi depan dan monoshock pada suspensi belakang. Pada suspensi denpannya cukup nyaman dan pas tingkat kekerasannya. Sedangkan pada suspensi belakang, memiliki suspensi yang cukup keras, tetapi memiliki rebound yang bagus.

Konsumsi Bahan Bakar

Memiliki mesin 150 cc dengan DOHC enam percepatan pasti banyak orang beranggapan bahwa motor ini akan memiliki konsumsi bahan yang boros. Namun, yang cukup mengejutkan konsumsi bahan bakar Honda Supra GTR 150 ini sangat irit.

Dengan rute Boyolali Kota ke Selo dengan berbagai medan jalan. Sesekali digunakan dengan metode gas pol dan full to full. Perjalanan bolak-balik tidak membuat indikator bensin pada motor ini berkurang. Bahkan Wak Haji Taufik dari TMCblog pernah mengetesnya dan mendapatkan konsumsi bahan bakar 70 km per liter ! Wow 😮

“Baca juga : Touring kemerdekaan Blogger dan Vlogger Jawa Tengah bersama Astra Jawa Tengah

Kesimpulannya

Kelebihan Honda Supra GTR 150

  • Torsi mantap.
  • Fitur lumayan komplit.
  • Handling ringan.
  • Konsumsi bahan bakar sangat irit.

Kekurangan Honda Supra GTR 150

  • Joknya agak keras.
  • Tidak ada indikator suhu.
  • Tidak ada bagasi.

Last… Itulah Review Honda Supra GTR 150 dari saya. Kelebihan dan kekurangan Honda Supra GTR 150 murni atas opini saya. Jadi sobat bisa saja memiliki perbedaan opini. Sekain artikel kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat 😀 – RPMSUPER.COM – Review Honda Supra GTR 150 

Sosial Media : - Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM - Twitter : klik di sini - Instagram : klik di sini - Email : klik di sini - Google + : klik di sini - Youtube channel : Klik Di siniAnother blog :OtoBlade.com ( Blog tentang Mobik ) 

Baca juga bray

Masukan komentar Anda