Konfigurasi Mesin Motor MotoGP

RPMSUPER.COM – MOTOGP adalah ajang balapan motor dengan kasta tertinggi di dunia ini. Menyimpan banyak sekali hal-hal yang dinikmati oleh penonton. Tidak hanya saling sikut antarpembalap.

Tapi, juga  teknologi canggih yang selalu dihadirkan di balapan yang satu ini. MotoGP selalu menjadi kiblat untuk riset atau diaplikasikan ke motor daily-use. Tidak dipunggiri daya tarik motoGP sangat luar biasa.

Setiap kontestan motoGP selalu mempunyai senjatanya masing-masing. Mulai dari desain fairing, konfigruasi mesin dan pemilihan pembalap juga. Konfirgurasi mesin yang dipilih sesuai dengan pandangan mereka. Mana yang lebih baik bagi tim mereka.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas itu. Jenis mesin apa saja yang digunakan oleh pabrikan yang bertarung di MotoGP. Mungkin beberapa sobat yang sudah mengetahu hal ini.

Dikarenakan memang sudah dikeluarkan secara official di akun youtube motoGP. Tapi, untuk sobat yang belum tahu. Semoga artikel ini bisa membantu. Yuk langsung saja kita bahas bray 😀 .

  1. Honda

Salah satu pabrikan raksasa yang bertarung di motoGP. Juga merupakan juara bertahan pada musim 2015/ 2016.  Honda menggunakan konfigurasi mesin V engine dengan memiliki empat silinder.

2. Yamaha

Saingan terberat dari Honda, memiliki konfigurasi mesin yang berbeda. Yamaha memilih konfigurasi mesin inline atau empat silinder satu garis.

3. Suzuki Ecstar

Masih berkutat di pabrikan asal Jepang. Suzuki, juga menggunakan konfgurasi mesin yang sama dengan Yamaha, yaitu iline empat silinder.

4. Ducati

Pabrikan asal Italia ini memiliki konfigurasi mesin yang paling  beda. Menggunakan konfiguarsi L4 90 derajat model V engine. Sama dengan yang lainnya, menggunakan empat silinder juga.

5. Aprilia

Kontestan lain asalah Eropa, yaitu Aprilia. Aprilia menggunakan konfigurasi mesin yang sama dengan Honda. Aprilian menggunakan mesin konfigurasi V dan tentu saja menggunakan empat silinder.

6. KTM

Tim yang baru bergabung di musim 2017/2018, KTM. Merupakan kontestan brand yang berbasis di Eropa juga. Mereka juga menggunakan konfigurasi mesin V dengan memiliki empat silider.


Last… Tiap pabrikan memiki senjatanya masing-masing. Mana yang mereka anggap paling ampuh, itulah yang mereka pilih. Jika kita ambil kesimpulan, maka;

Konfigurasi V-engine digunakan oleh pabrikan Honda, Aprilia dan KTM.

Konfigurasi mesin inline digunakan oleh  tim Yamaha dan Suzuki.

Terakhir, konfigurasi mesin L4 V-90 derajat hanya digunakan oleh Ducati.

Sekian artikel ini, semoga bermnfaat dan bisa menambah pengetahuan sobat 😀 – RPMSUPER.COM – JENIS KONFIGURASI MESIN MOTOR DI MOTOGP – 

Yang ingin melihat dan mendengarkan suara mesinnya bisa cek video di bawah ini.

 

Baca juga bray

2 Comments

Masukan komentar Anda