Kelebihan dan Kekurangan Oli Treatment

kelebihan dan kekurangan oli treatment

RPMSUPER.COM – OLI adalah salah satu cairan yang ada di dalam hampir ada dalam semua kendaraan bermotor karena memang fungsinya yang cukup vital bagi kendaraan. Oli sudah bagaikan darah pada sebuah kendaraan bermotor.

Oli mempunyai beberapa tipe dan jenisnya masing-masing. Tentu dari jenis oli yang beragam memunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Fungsi oli antara lain adalah sebagai penstabil suhu mesin, untuk menjaga agar komponen tidak saling bergesekan dan lain-lain.

Beberapa oli akan mengalami penguapan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi semakin encer oli yang digunakan, kemungkinan oli menguap cukup tinggi (tapi tergantung pada kualitas olinya sendiri 😀 ). Jika oli menguap otomatis kapasitas oli dalam mesin akan berkurang dan tidak akan maksimal dalam menjalankan fungsinya.

Nah, salah satu cara mengurangi tingkat penguapan oli adalah menggunakan cairan addiktiv atau tambahan berupa oil treatment. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang kelebihan dan kekurangan oli treatment. Jika, dilihat dari beberapa perspektif yang berbeda dan berdasarkan riset panjang (di google :mrgreen: ). Yuk langsung kita bahas 😀

Apa itu oli treatment ?

Oli treatment adalah salah satu cairan tambahan yang dituangkan bersamaan dengan oli pada mesin kendaraan bermotor. Menurut klaim beberapa brand produsen oli treadment, cairan ini mampu menjaga kualitas dan kekentalan oli agar tetap stabil walau digunakan untuk jangka panjang. Selain itu, oli treatment juga diklaim mampu memerpanjang masa pakai dari sebuah oli.  Oli treatment sendiri dapat digunakan pada mobil dan sepeda motor.

Bagaimana cara kerja oli treatment ?

oli treatment

Menurut salah satu brand, oli akan mengalami kenaikan tingkat keausan pada saat suhu oli lebih dari sama dengan 70 derajat selsius. Jika suhu oli berada di bawah itu, kualitas semua oli hampir 11-12. Nah, jika suhu sudah lebih dari sama dengan 70 derajat oli treatment baru akan bekerja.

Oli treatment akan bekerja dengan menjaga kekentalan dan kualitas oli agar selalu prima, atau dalam kata lain agar oli tidak mudah menguap. Jika kekentalan oli terjaga dengan baik, maka performa oli akan selalu prima untuk melakukan tugasnya. Yang berimbas pada performa kendaraan yang digunakan akan tetap prima juga.

Kelebihan dan kekurangan oli treatment

1.Kelebihan :

Harapannya menggunakan cairan tambahan pada oli, cairan itu dapat memimalisir penguapan oli. Menjaga agar suhu oli tetap stabil agar mesin tidak mudah overheat. Selain itu, jika penguapan oli minim dan suhu terjaga dengan baik bisa memerpanjang usia oli.

2. Kekurangan

Jika melihat ada kelebihan, pasti ada kekurangannya. Beberapa orang memunyai pengalaman yang kurang menyenangkan dalam menggunakan oli treatment. Beberapa orang yang ada forum detik, membagikan pengalam buruk mereka menggunakan cairan ini.

Saat awal menggunakan oli treatment memberikan kesan lebih halus pada mesin. Namun, setelah pemakaian ke-2 dan selanjutnya malah membuat endapan pada mesin yang berwarna seperti lumpur dan akhirnya membuat mesin ambrol.

Di sana ada anggapan bahwa oli dan oli treatment memunyai formula atau aditif yang berbeda dan terkadang formula yang satu dengan yang lainnya bisa saja bertentangan. Sama halnya oli yang memiliki golongan darah A, tiba-tiba dimasukan oli treatment yang memunyai golongan B pasti akan membawa dampak negatif.

Kapan penggunaan oli treatment yang tepat ?

Menggunakan oli treament yang paling tepat adalah ketika bersamaan dengan penggantian oli. Jadi, setelah memasukan oli baru ke dalam mesin kendaraan baru ditambahkan dengan aditif oli. Namun, jika ditengah perjalanan ingin menambahkan oli treatment juga tidak masalah.

Kesimpulan

Kelebihan dan kekurangan oli treatment memang tidak bisa pukul rata. Beberapa orang puas dengan menggunakan oli treatment ini. Namun, ada beberapa orang yang kapok menggunakan cairan ini karena membawa dampak yang kurang bagus.

Memang sebaiknya dalam penggunaan digunakan secara bijak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di sini juga disarankan mengecek warna oli dan dalaman mesin untuk memeriksa keadaan mesin. Jika tidak terjadi hal yang aneh maka oli tersebut memang cocok dengan formula yang ada di oli treatment.

Tapi, jika sudah mengalami hal yang janggal dalam mesin. Apalagi sudah terlihat dalam mesin sudah terdapat endapan segera hentikan sebelum terjadi hal yang tidak diinginakan. Jadi pilihan ada ditangan sobat sendiri karena masing-masing memunyai bukti yang cukup kuat. Walaupun, beberapa dari pernyataan kerusakan dalam menggunakan oli treatment belum ada butki dengan foto.


Last.. sekian untuk artikel tentang kelebihan dan kekurangan oli treatment semoga dapat membantu dan menambah wawasan. Mungkin di sini ada yang sudah pakai ? Silahkan di share dikolom komentar ya – RPMSUPER.COM – kelebihan dan kekurangan oli treatment –

Referensi : otomania.com, otomotif.grid.id

Baca juga bray

4 Comments

Masukan komentar Anda