Jenis-Jenis Oli Pada Kendaraan

9
oli
jenis-jenis oli pada kendaraan
sumber : otosia.com

RPMSUPER.COM – OLI adalah sebuah cairan yang sudah diibaratkan darah dalam sebuah kendaraanya. Memang dikarenakan fungsi vitalnya dalam sebuah kendaraan. Membuat kehadirannya tidak bisa lepas dari sebuah kendaraan bermotor.

Oli memiliki beberapa  jenis yang diklasifikan berdasarkan bahan pembentuknya. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas Jenis-Jenis Oli Pada Kendaraan. Mengetahui jenis-jenisnya bisa membantu sobat dalam menentukan jenis yang hendak digunakan pada kendaraan sobat pada ke depannya.

Jenis-Jenis Oli Pada Kendaraan

  1. Oli Mineral

oli mineral
contoh oli mineral source : bukalapak.com

Oli mineral adalah oli basik yang menggunakan bahan dasar minyak bumi asli. Namun, pada oli mineral sudah diolah agar dapat digunakan untuk melumasi mesin secara baik. Oli jenis ini memiliki harga yang paling murah untuk saat ini.

Tapi, oli mineral sudah mulai ditinggalkan karena dianggap sudah bisa melumasi dengan baik kendaraan sekarang ini yang semakin canggih. Salah satu penyebabnya karena terdapat sulfur di dalamnya. Selain sufur juga masih ada zak kimia lain yang membuat performa oli mineral kurang stabil.

2. Semi-Sinetik

oli semi sintetis terbaik
contoh oli semi-seintetis sumber : blibli.com

Jenis-Jenis Oli Pada Kendaraan selanjutnya adalah semi-sintetik. Oli ini adalah campuran dari oli mineral dan oli sintetik dengan presentasi atau kadar tertentu untuk meningkatkan performa oli. Sepertinya, oli semi-sintetik adalah oli yang paling sering digunakan pada saat ini.

Harganya yang tergolong masih terjangkau dan memiliki tingkat pelumasan yang cukup bagus. Sebenarnya oli jenis ini dibagi beberapa grup. Grup tersebut akan meminimalisir zat-zat seperti nitrogen, sulfur, oksigen, wax dan logam berat lainnya yang dapat mengurangi performa oli.

Jadi, jangan heran kalau ada oli semi-sintetik yang memiliki harga relatif lebih tinggi di kelasnya. Bisa jadi presentasi pencampuran oli sintetiknya lebih banyak. Bisa juga karena termasuk dalam grup tertinggi hingga bisa meminimalisir zat yang tidak bagus untuk mesin.

3. Full Sintetik

oli full sintetis
Contoh oli full sintetis sumber : otomotifnet.com

Selanjutnya ada oli full sintetik. Oli ini didapatkan dari pemisahan oli mineral secara bersih untuk menghilangkan zat yang kurang bagus untuk kendaraan. Hal itu membuat oli sintetik bebas dari bahan karbon reaktif yang dapat meninggalakn bekas karbon di dalam mesin.

Oli sintetik biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kedua oli sebelumya. Namun, hal itu tidak mutlak karena tergantung pada kualitas oli yang dimiliki. Oli sintetis dapat melumasi komponen secara menyeluruh dan minim penguapan.

Dalam oli sintetis biasanya juga mengandung deterjen yang dapat membersihkan kotoran yang ada dalam mesin. Sehingga menggunakan oli sintetis bisa sekalian membersihkan mesin. Selain itu, oli jenis ini juga memiliki daya tahan yang cukup tinggi.

4. Ester

oli ester
contoh oli ester sumber : bukalapak.com

Terakhir adalah rajanya jenis oli, yaitu ester. Oli ester adalah jenis oli dengan kasta tertinggi. Sebab oli ester biasanya digunakan untuk keperluan balap yang notabene membutuhkan performa dan daya tahan yang sangat tinggi.

Oli ester mampu menjaga performa dengan baik hingga tingkat kekentalan olinya bisa terjaga dengan maksimal. Walaupun selalu digunakan pada putaran mesin yang tinggi. Selain itu, oli ester mampu menjaga suhu stabil dan memberikan pelumasan yang terbaik untuk mesin.

Tingkat keausan yang dimiliki juga sangat minim bahkan bisa disebut 0% berdasarkan dari otomotif.grid.id. Selain itu, juga tidak terdapat zat yang tidak bagus untuk mesin. Hal ini kemudian membuat daya tahan atau lifetime dari oli ini adalah yang paling lama bray.

Sebagai timbal balik karena memiliki performa yang tinggi dan stabil oli ini memiliki harga yang mahal. Bahkan bisa jauh meninggalkan ketiga Jenis-Jenis Oli Pada Kendaraan  yang sudah disebutkan sebelumnya. Harganya yang paling murah biasanya ratusan ribu.


Last… Itulah Jenis-Jenis Oli Pada Kendaraan yang ada hingga saat ini. Semakin bagus jenis yang oli yang dipilih makan akan berdampak bagus juga untuk performa kendaraan sobat. Sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfat untuk kita semua. Jenis oli apa yang kalian gunakan sekarang ? Silahkan share di kolom komentar 😀 – RPMSUPER.COM  – Jenis-Jenis Oli Pada Kendaraan – Jenis-Jenis Oli Pada Kendaraan –

Referensi : otomotif.grid.id.

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here