Helm dengan Airbag System

Helm dengan Airbag System

RPMSUPER.COM – HELM merupakan perangkat yang wajib digunakan saat mengendari sebuah sepeda motor. Helm akan melindungi atau mengurangi dampak dari benturan ke kepala. Menggunakan helm adalah salah satu cara preventif dalam berkendara.

Helm mempunyai beberapa jenis dan  mempunyai banyak standar dimasing-masing negara. Standar yang diterapkan tidak lain tidak bukan untuk keselamatan pengendara sepeda motor itu. Semakin bagus sebuah helm biasanya banyak standarisasi yang telah dilewati seperti SNI, DOT, SNELL dan lainnya.

Namun, perlindungan dari helm belumlah maksimal. Maka dari itu sebuah perusahaan asal Spanyol, APC System mencoba menambah sistem airbag yang bisa digunakan kesebuah helm yang digunakan untuk pengguna sepeda motor. Helm dengan Airbag System

Helm dengan Airbag System

Produk mereka sudah lama rilis, sekitar tahun 2010 (CMIIW). Helm ini akan berkerja saat terjadi benturan yang keras dari belakang maupun pergerakan leher. Tapi, airbag yang ada tidak mengembang saat terjadi crash tunggal. (source : click here )

Helm ini berkerja menggunakan hardware yang terpisah dari helmnya. Pada bagian terdapat airbag dan gas untuk mengembangkan airbag-nya, serta sensor untuk menerima perintah. Airbag akan mengembang pada bagian leher hingga pundak.

Pada hardware yang terpisah dari helm berisi sistem yang akan membaca situasi berkendara. Sistem ini bisa membedakan situasi kecelakaan yang terjadi. Bila sistem membaca telah terjadi kecelakaan, maka sistem akan mengirimkan sensor untuk mengembangkan gas di helm. Helm dengan Airbag System, sensornya bekerja sekitar 0,15 detik setelah terjadi crash.

Untuk harganya pada saat itu di jual seharga 899 Euro, entah barang ini masih dijual atau tidak karena websitenya juga tidak bisa dikunjungi. Perangkat ini menggunakan baterai, jadi sebelum digunakan berkendara harus mengecek keadaan baterai dahulu.

Kekurangan yang lain dari helm ini adalah beratnya. Dengan adanya tambahan perangkat airbag dan gas pada bagian helm, otomatis membuat berat helm meningkat. Jika digunakan untuk sepeda motor menunduk tidak akan terlalu bermasalah, tetapi bila digunakan pada motor tegak leher akan cepat lelah.

Video demonya bisa kalian cek di bawah ini 😀


Last.. inovasi ini digunakan untuk mengurangi resiko berkendara pada sepeda motor yang memang kendaraan paling rawan diantara yang lainnya. Mungkin bila dikembangkan lagi helm ini bisa mempunyai teknolgi dan hasil yang lebih baik.

RPMSUPER.COM – HELM DENGAN AIRBAG SISTEM

Sumber : http://modifikasiotomotifkeren.blogspot.co.id dan www.adac.de

Sosial Media : - Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM - Twitter : klik di sini - Instagram : klik di sini - Email : klik di sini - Google + : klik di sini - Youtube channel : Klik Di siniAnother blog :OtoBlade.com ( Blog tentang Mobik ) 

Baca juga bray

4 Komentar

Masukan komentar Anda