Daftar MotoGP Versi Street Legal

RPMSUPER.COM – MOTOGP memang tidak pernah habis untuk dibahas. Dengan segala teknologi yang canggih, membuat motoGP motor yang paling kompetitif untuk digunakan balapan.

Kesempurnaan motor pada 

 MotoGP kemudian dibuat gimmick pada motor produksi massal, agar menarik perhatian pasar. Siapa yang tidak ingin punya teknologi yang sama digunakan pada motor MotoGP yang super canggih.

Sekarang, hal itu bukanlah suatu hal yang mustahil lagi, dan bukan hanya gimmick motoGP teknlogi, tetapi benar-benar replika dari sebuah motor di MotoGP. Ya memang, tidak 100% mirip, tetapi sudah mendekati aslinya.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sedikit pengetahuan seputar daftar motor replika MotoGP atau bisa disebut dengan daftar motoGP versi street legal yang dikeluarkan oleh pabrikan yang bersangkutan.

1. Ducati Desmosedisi RR

Motor replikasi MotoGP yang pertama, datang dari pabrikan Italia, Ducati. Yup, ini adalah motor MotoGP versi street legal atau diproduksi massal pertama, yang dibuat oleh pabrikan kontestan motoGP.

Motor ini mulai diproduksi pada Oktober 2007, tetapi hanya diproduksi hingga Desember 2008. Desmosedisi RR ini hanya diproduksi sebanyak 1500 unit saja, agar menjaga kesan ekslusif dan dapat mendongkrak harga :mrgreen: .

Desmo RR memiliki kubikasi mesin 989 CC, dengan konfigurasi mesin V4, empat langkah, dan mempunyai kompresi mesin 13,5:1. Power motor ini sebesar 197,26 daya kuda pada 13.800 rpm, sedangkan torsinya 116 n/m pada 10.500 rpm.

Klaim top speed dari Ducati Desmosedisi RR adalah 188 MP/h, atau setara dengan +- 302 km/h 😮 . Tidak hanya mesin yang keren, tetapi juga dilengkapi dengan part yang keren juga.

Seperti suspensi ohlins, pada depan dan belakang. Velg dari magnesium dan lain-lainnya. Untuk harga dulunya dipatok sebesar $250.000 saja, atau sekitar Rp 3,3 miliyar untuk kurs sekarang.

 

2. Honda RCV 213-S

Pabrikan dari Jepang juga tidak mau kalah dengan Ducati, yaitu Honda. Belum lama Honda memperkenalkan RCV versi street legal, dengan ditambah huruf “S” yang berarti street legal.

Motor ini sempat menjadi fenomenal, karena harga unitnya dis  Indonesia sangat mahal bray. Bandrol dari satu unit Honda RCV 213-S sebesar Rp 7 miliyar saja bray, dan bila mau ditambah dengan racing kit, cukup tambah +- Rp 800 juta saja.

RCV-S ini mempunyai spesifikasi yang cukup mendekati RCV versi motoGP, tentu pada motor ini sudah dilengkapi dengan panel-panel yang dibutuhkan, agar bisa digunakan di jalan. Seperti, lampu, spion dan lainnya.

Spesifikasi mesin 11-12 dengan versi asli, yaitu mengusung mesin V4, 999 CC DOHC dengan 6 percepatan. Perbedaannya, pada RCV-S sama sekali tidak menggunakan seamless shift gearbox.

 

3. Yamaha R1M

Berikutnya adalah musut bebuyutan dari Honda, yait Yamaha. Belum lama juga mengeluarkan motor MotoGP versi jalanan, dengan nama Yamaha YZF R1-M. Memang unutk nama tidak terlalu identik dengan YZF M1.

Motor ini dilengkapi dengan segudan fitur ala motoGP yang sebenarnya, seperti Cutting-edge MotoGP®-Derived Crossplane Crankshaft Engine, TCS (traction control system), SSC (slide control system).

Pada bodinya dibuat menggunakan karbon fiber agar tetap ringan, tetapi memiliki daya tahan yang bagus. Pada sisi engine mengusung 998 CC dengan Crossplane Crankshaft Engine, yang berbahan titanium alloy.

Untuk harga mungkin ini yang paling bersahabat, hanya sekitar Rp 650 juta untuk OTR Jakarta :mrgreen: .


Last.. Itulah daftar motor motoGP versi road legal atau street legal yang dikeluarkan oleh pabrikan kontestan motoGP. Mungkin, kedepannya pabrikan lainnya juga akan mengeluarkan produk-produk mereka.

RPMSUPER.COM – DAFTAR MOTOR MOTOGP VERSI SREET LEGAL –

fb gif

Sumber : wikipedia, pangben.wordpress.com, otosia.com, motorcomcom.blogspot.co.idwww.yamahamotorsports.com

Tulisan ini dipublikasikan di HOT, Info, MotoGP, Performa, RPMSUPER.COM, Teknologi, Yamaha dan tag , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Daftar MotoGP Versi Street Legal

  1. Biker mendowan berkata:

    R1M paling murah meriah dari ketiganya tp tetep aj mihil utk ukuran org indonesia hahahha
    http://bikermendowan.id/2017/04/16/geger-dugaan-curang-di-balap-asia-arrc-bully-di-media-sosial/

  2. seputar tutorial berkata:

    Saya lebih tertarik pada yamaha r1 daripada honda dan ducati..

  3. adifsultan berkata:

    Wew Keren

  4. darmawan33 berkata:

    wahh , kapan saya bisa beli motor kaya gitu haha

Tinggalkan Balasan