Cara Mudah Upgrade Performa Motor Dengan Tiga Pilar

speedo

RPMSUPER.COM – PERFORMA setiap sepeda sudah diukur sesuai kebutuhan dan dimensi motor. Akan tetapi, beberapa orang beranggapan  bahwa performa yang diberikan oleh stock engine dari pabrikan kurang menendang. Kemudian, orang tersebut melakukan modifikasi pada beberapa bagian motor mereka agar mendapat performa yang mereka inginkan.

Hal yang dilakukan juga cukup beragam, mulai dengan  modifikasi ringan saja, hingga melakukan perubahan ekstrim kepada kuda besi mereka. Modifikasi tersebut juga tergantung kebutuhan dan kemampuan (finansial dan mental 😀 ). Nah, pada kesempatan kali ini, Mas Riski ingin membahas tentang cara mudah upgrade performa motor dengan tiga pilar. Dari namanya 3 pilar, maka yang dilakukan hanya pada tiga sektor saja.

Sebenarnya upgrade tiga pilar ini lebih terkenal pada kalangan pengguna Suzuki Satria FU, tetapi tidak ada salahnya diaplikasikan ke sepeda motor lain, entah itu motor dengan teknologi fuel injeksi maupun sepeda motor yang masih menggunakan sistem karburator. Untuk pemilihan merk semuanya tergantung pada selera yang dipilih Anda ya :D. Langsung saja kita bahas yuk 😀 .

  1. Otak Sepeda Motor

otak motor

Dari namanya saja otak sepeda motor, pasti berfungsi sebagai kepala pengaturan yang ada dalam sepeda motor. Otak sepeda motor pada motor injek dan karburator berbeda, pada motor injeksi otaknya adalah ECU atau kepanjangan dari Engine Control Unit, sedangkan pada sepeda motor yang menggunakan sistem karburator otaknya adalah CDI atau kependekan dari Capacitor Discharge Ignition.

Kesamaannya adalah mengatur besar-kecilnya pengapian dan mengatur limiter putaran mesin. Mengganti dengan label racing akan membuat pembakaran dan konsumsi bahan bakar lebih efisien (jika setingan tepat). Apalagi beberapa merk menyediakan varian yang unlimeter (tanpa batasan putaran) atau ada juga yang menggeser ke sedikit lebih tinggi saja.

Merk ECU dan CDI yang terkenal antara lain, BRT, Cheetah dan lainnya. Untuk yang kurang puas dengan setingganya bisa memilih varian yang terdapat remot atau pengaturnya. Oh iya, jika menggunakan varian yang unlimeter jangan terlalu sering memaksakan putaran mesin terlalu tinggi, karena beradampak pada daya tahan mesin dan cukup mubazir jika digunakan pada mesin SOHC.

 

2. Pengapian

otak motor

Pengapian ini bertugas untuk membakar hasil campuran antara bahan bakar dan udara yang telah diracik. Peningkatan pengapian dengan mudah adalah mengganti koil dengan tegangan yang tinggi atau bisa menggunakan koil standar dengan ground strap. Jangan lupa pilih busi yang performanya lebih tinggi agar tidak keteteran melayani arus yang besar dari koil.

Dengan mengganti perangkat pengapian dengan daya yang lebih besar akan membuat pembakaran campuran bahan bakar dan udara akan lebih maksimal atau tidak meninggalkan campuran bahan bakar dan udara yang tidak terbakar. Mengupgrade bagian ini juga akan membuat penggunaan bahan bakar lebih efisein karena tidka ada bahan bakar yang terbuang sia-sia.

 

3. Knalpot

racing exh

Knalpot bertugas untuk membuang gas hasil pembakaran di ruang bakar. Mengganti knalpot tidak harus menggunakan knalpot free flow atau knalpot racing. Anda bisa gunakan atau kanibalisasi knalpot lain yang dikiria lebih plong, biasanya knalpot yang tidak memiliki katalitik konverter. Jika anda menggunakan knalpot racing juga tidak masalah, malah akan membuat buangan gas lebih plong.

Tapi ingat, jika menggunakan knalpot racing atau free flow pilih yang berkualitas jangan yang berkualitas abal-abal, sekarang sudah banyak knalpot merk lokal yang relatif lebih murah, tetapi berkualitas. Jangan lupa melakukan setingan yang tepat, agar lebih enak di dengar dan tidak menembak ketika sedang deselerasi. Kalau harian DB killer lebih dipasang walau mengurangi performa, tetapi untuk mencegah polusi udara yang berlebihan.

Last… mengganti tiga pilar tersebut akan mendongkrak performa motor dengan cukup signifikasi, jika masih kurang bisa kombinasikan dengan modifikasi lainnya. Kalau untuk harian sudah cukuplah untuk melampiaskan hasat kita :mrgreen: . Tidak harus menggunakan merk racing bro, tetapi bisa kanibalisasi dengan motor lainnya. Sekain Saya mohon undur diri, semoga berguna dan bermanfaat 😀 – RPM – RPMSUPER.COM –

 

Kunjungi juga :

Facebook Fanspage RPMSUPER - Untuk Daily update tentang dunia Otomotif.

OtoBlade.com - Untuk info seputar dunia mobil.

RPMSUPER - AutoChanel - Untuk video seputar dunia otomotif.

Otoblade.com instagram - Untuk Daily Update tentang Mobil.

Instagram pribadi saya - Untuk info tentang dunia otomotif.

www.miranto.id - untuk diluar berita otomotif.

Kontak RPMSUPER.COM - Juga selalu tersedia 😀

 


Baca juga bray

Review Wuling Confero S by RPMSUPER

Masukan komentar Anda