Bahaya Menggunakan Semir Ban

Bahaya Menggunakan Semir Ban

RPMSUPER.COM – BAN adalah perangkat yang wajib ada dalam setiap kendaraan bermotor yang ada di jalan raya. Ban mempunyai fungsi vital untuk kendaraan. Contohnya, digunakan untuk mengendalikan arah kendaraan dan sebagai penahan goncangan sebelum di serap oleh absorb breaker.

Seiring berjalannya waktu, warna ban akan  mengalami pemudaran atau biasa disebut warnanya luntur. Hal ini memang hal yang wajar terjadi pada ban. Karena ban adalah perangkat yang berada di luar dan banyak sekali menghadapi segala cuaca dan kondisi jalan.

Cara untuk mengatasi ban yang sudah pudar warnaya adalah menggunakan semir ban. Harapannya agar ban dapat terlihat kinclong seperti baru kembali. Selain itu, menggunakan semir ban juga akan membuat ban terlihat wet look yang membuat tampilannya menjadi keren.

Tapi, tahukan Anda. Ternyata ada Bahaya Menggunakan Semir Ban yang berlebihan. Entah itu pada ban mobil, ban motor atau pada kendaraan lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang Bahaya Menggunakan Semir Ban. Yuk, kita bahas bersama 😀

  1. Membuat warna ban lebih cepat luntur

Bukannya menggunakan semir ban akan membuat warna ban menjadi kinclong bray ? Yup, memang benar, tetapi berbeda ceritanya jika menggunakan semir ban terlalu sering pada ban. Hal ini dikarenakan beberapa unsur yang ada dalam formula semir ban mempercepat pemudaran warna ban. Jadi, lebih baik warna ban pudar secara alami daripada warnanya menjadi lebih cepat pucat dari semestinya.

 

2. Membuat Dinding Ban Pecah

ban motor pecah

Bahaya Menggunakan Semir Ban selanjutnya adalah bisa membuat dinding ban menjadi pecah-pecah. Penggunaan semir ban secara berlebihan membuat usia ban menjadi lebih cepat aus. Kembali lagi unsur kimia pada semir ban penyebabnya. Apalagi menggunakan semir ban sehabis ban dicuci dan masih dalam keadaan basah. Hal itu akan membuat dinding ban menjadi retak dan lebih cepat bocor, seperti yang dilansir oleh autotekno sindonews.

 

3. Mengurangi Traksi

Kebanyakan formula semir ban adalah menggunakan ban agar mudah mendapatkan warna kinclong. Silikon biasanya digunakan pada bodi motor dan tidak boleh dipakai pada beberapa part. Kenapa ? Karena silikon mampu membuat tampilan menjadi wet look dan licin.

Jika silikon digunakan pada ban akan membuat ban menjad licin. Apalagi, pada tempat pencucian motor seringkali yang disemir bukan hanya dinding ban. Keseluruhan ban juga ikut disemir agar bisa terlihat kinclong dan bersih. Efeknya, ban akan kehilangan traksinya karena tertutupi oleh silikon.


Last… Menggunakan semir ban dengan cara yang benar dan jumlah yang wajar memang tidak masalah. Malah akan membuat tampilan ban seperti baru lagi. Tapi, berbeda cerita jika penggunaan yang asal dan berlebihan. Semir ban tidak beda dengan kosmetik.

Jika digunakan secara pas dan benar mampu membuat orang lebih cantik. Namun, jika digunakan secara berlebihan dapat membuat rusak penampilan. Sekian artikel kali ini, semoga dapat berguna dan beramfaat untuk kita semua :D. – RPMSUPER.COM – Bahaya Menggunakan Semir Ban –

Referensi : autotekno.sindonews.com otomotif.news.viva.co.id

Sosial Media : Facebook Fanspage : RPMSUPER.COM Twitter : klik di sini Instagram : klik di sini Email : klik di sini Google + : klik di sini Youtube channel : Klik Di sini Another blog : Miranto.id ( health and fitness )  lapak rpmsuper

Baca juga bray

3 Comments

Masukan komentar Anda