Sumber Pendapatan Balap MotoGP

adsense-fallback

RPMSUPER.COM – HALO BRAY. Siapa yang tidak kenal dengan balap MotoGP. Balapan motor dengan kasta tertinggi di dunia. Terkenal dengan biaya yang super mahal, lalu dari mana sumber Pendapatan Balap MotoGP ?

Mengingat  balapan MotoGP adalah salah satu olahraga terbesar dan memiliki penonton yang tinggi. Kali ini akan kita bahas sumber Pendapatan Balap MotoGP yang didapatkan Dorna. Dorna sendiri adalah penyelenggara ajang MotoGP.

Sumber Pendapatan Balap MotoGP

1.Kontrak Sirkuit

MotoGP memiliki belasan seri dalam satu musim. Untuk MotoGP musim 2018 memiliki total 19 seri. Hal ini berarti terdapat 19 sirkuit yang berbeda dalam setiap balapan MotoGP. Ternyata sirkuit yang ingin menghelat balapan ini harus membayar sejumlah uang kepada Dorna.

Menurut sumber yang saya dapatkan, manajemen sebuah sirkuit harus mengeluarkan sebanyak $ 10 – 12 juta untuk satu serinya. Jika kita ambil rata-rata sirkuit membayar $10 Juta x 19 seri berarti pendapatan dari kontrak denga sirkuit saja sudah mencapai $ 190 Juta.

Namun, tidak semua sirkuit membayar besaran yang sama. Misalnya untuk Valencia yang memiliki kontrak jangka panjang. Pada tahun 2010 dimana mereka meneken kontrak 6 tahun, manajemen sirkuit harus membayar 41 Juta Euro. Yang berarti mereka membayar 7 juta Euro untuk satu tahun.

adsense-fallback
2. Hak Siar

Sebagai olahraga yang memiliki jumlah penonto yang besar. Hak siar balap MotoGP pasti akan dibanderol dengan sangat mahal. Namun, ada banyak sekali chanel televisi yang membeli hak siar motoGP dari Dorna.

Misalkan saja untuk BT Sport yang membeli hak siar untuk ditayangkan di Britania Raya mengelurakan dana sebesar $ 100 Juta (hampir 150 milyar) untuk satu tahun penuh. Sedangkan untuk Trans7 kabarnya mengeluarkan dana tidak kurang dari 20 Milyar rupiah untuk menayangkan balap MotoGP dalam satu musim. Itupun berita tahun 2010, kemungkinan sekarang bisa jauh lebih mahal.

3. Sponsorship Deals

Sumber Pendapatan Balap MotoGP yang diterima oleh Dorna salah satu yang terbesar adalah dari sponsorship. Ada banyak sekali sponsor yang setia dengan balap MotoGP ini. Misalnya Tissot, DHL, Part Europe dan lainnya.

Pada tahun 2013, Sport Magazine memperkirakan pendapatan dorna dari sponsorship adalah $120 Juta. Kalau untuk sekarang mungkin bisa jauh lebih besar, karena semakin banyak sponsor yang masuk.

4. Produksi Motor Satelit

Salah satu badan di MotoGP, yaitu MSMA (Motorcycle Sports Manufacturers’ Association) ternyata memiliki andil dalam proses pembuatan tim satelit MotoGP. Mereka mendapatkan pendapatan sekitar $ 10 juta atau $ 2 juta untuk setiap produksi motor satelit.

So itulah Sumber Pendapatan Balap MotoGP oleh Dorna dan badan yang terkait. Memang jika dilihat secara angka sangatlah besar. Namun, pengeluaran mereka juga tidak kalah besar. – RPMSUPER.COM

Referensi : tsmsportz.com, kaskus.co.id

 

adsense-fallback