Cara Membuat Cat Motor Awet

Diposting pada

Cara Membuat Cat Motor Awet

RPMSUPER.COM – TAMPILAN motor yang bersih akan membawa rasa percaya diri punggang motor tersebut dan juga akan menjadi pusat perhatian orang lain. Berikut adalah Cara Membuat Cat Motor Awet

Cat motor yang pudar dapat disebabkan banyak hal seperti terlalu sering dijemur dibawah terik matahari dan lain-lain. Selain cat yang pudar, bodi yang terdapat baret juga dapat mengurangi tampilan motor. Tapi jangan khawatir sobat, kita bisa mengetahui Cara Agar Motor Cemerlang. Tanpa lama-lama langsung saja kita bahas :D

Cara Membuat Cat Motor Awet

1. Tempat Parkir

KINCLONG - PARKIR

Cara Membuat Cat Motor Awet pertama adalah dengan tidak parkir di tempat yang terbuka akan menyebabkan kendaraan akan terkena paparan sinar matahari secara langsung dan terus-menerus. Apalagi paparan sinar matahari sedang menyengat akan menyebabkan cat kendaraan cepat memudar.

Selain paparan sinar matahari, tempat parkir yang terbuka juga berpotensi merusak cat karena kendaraan akan terkena kotoran hewan (contoh: burung). Jika dibiarkan dengan jwangka waktu yang lama akan dapat merusak cat kendaraan sobat.Tempat parkir yang ideal adaalah tempat parkir yang tertutup atau paling tidak teduh.

2. Bilas Setelah Menerjang Hujan

Jika tadi maslaah yang ditemui saat musim kemarau, kali ini masalah ketika musim penghujan. Jika kendaraan kita sudah digunakan uuntuk menerjang hujan sebisa mungkin kita bilas dengan air bersih atau lebih baik dicuci. Karena di dalam air hujan terdapat zat asam yang akan merusak cat dan menyebabkan karat di bagian motor yang terbuat dari logam. Selain itu, jika ada pasir halus yang menempel akan membuat bodi baret halus.

3. Cuci Secara Berkala

Cara Membuat Cat Motor Awet selanjutnya  adalah mencucinya secara berkala, tidak perlu setiahp hari dicuci, selain dapat menyita waltu sobat juga akan menyita tenaga sobat. Mencuci motor da[at dilakuakn seminggu sekali saat sobat tidak terlalu banyak aktifitas. Selain itu, cuci kendaraan kita saat cuaca agak teduh, sebaiknya sih di pagi hari dibawah jam 10 pagi atau sore diatas jam 3 sore.

4. Motor Shampoo

KINCLONG - MOTOR SHAMPOO

Walaupun kita sudah mencuci kendaraan kita setiap hari, cat motor kita malah cepat pudar, itu dikarenakan cairan yang digunakan untuk mencuci kendaraan kita kurang tepat. Contohnya menggunakan sabun colek maupun sabun detergen.

Tidak masalah sabun apa yang akan digunakan selain dua sabun tadi, atau bisa menggunakan sabun yang tidak panas saat berada d tangan. Lebih baik menggunakan cairan yang memang diperuntukan untuk mencuci kendaraan, karena sudah disesuaiakan dengan pH balance cat di kendaraan kita. Hal tersebut adalah Cara Membuat Cat Motor Awet paling ampuh.

5.Pembilasan

Saat mencuci kendaraan hendaknya tidak terlalu lama emninggalakan busa di bodi motor. Busa yang terlalu lama tidak dibilas akan menimbulkan plak yang akan mengganggu tampilan motor. Selain itu bilas motor dengan menyeluruh agar tidak meninggalkan busa dibodi motor.

6. Pengeringan

Setelah dicuci ada baiknya kita keringkan dengan lap yang meresap air (kebersihan lapnya juga wajib) atau kalau tidak ada cukup dijemur diluar ruanagan. Hal ini adalah salah satu Cara Membuat Cat Motor Awet.

7. Menggunakan Wax

kinclong - motor wax

Menggunakan wax akan menjadi  dan juga terlihat seperti basah. Tapi penggunaan wax juga harus benar karena wax terdapat berbagai jenis. Misal yang diperuntukan pada bodi yang terbuat dari metal (besi) jangan digunakan pada bodi yang terbuat dari plastik.

LAST.. Caranya cukup mudah bukan ? Memang jika dilihat cukup banyak, tetapi kuncinya ada pada perawatan yang kita lakukan untuk kendaraan kita. Perawatan yang rutin dan tepat akan membuat tampilan kendaraan kita akan selalu menarik. Sekian RPM mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat :D – RPM – RPMSUPER – – RPMSUPER.COM – Cara Membuat Cat Motor Awet