Kanibalisasi Knalpot Yamaha R25

11

4

RPMSUPER.COM – MODIFIKASI jika kita diikuti memang tidak pernah ada habisnya, semua bagian dalam sepeda motor bisa di memodifkasi sesuai hati dan keinginan. Walaupun sudah dirubah hingga tidak berbentuk rupa asli motor, kadang sang modifikator masih tidak puas.

Modifikasi sendiri bisa meliputi  modifikasi visual atau tampilan, bisa juga memodifikasi mesin untuk mendapat performa yang diinginkan. Modifikasi tidak melulu harus menggunakan part yang berlabel racing, tetapi bisa juga menganibal atau sering disebut kanibalisasi.

Nah, pada kesempatan kali ini RPM ingin membahas tentang kanibalisasi knalpot, atau lebih tepatnya silincer milik Yamaha R25. Dikarenakan narasumber menggunakan Yamaha New Vixion, jadi yang akan diberi detail adalah kanibalisasi silincer knalpot Yamaha R25 ke Yamaha New Vixion. Tapi, untuk motor di luar itu juga tetap bisa menganibal silincer knalpot ini.

Untuk mengkanibaliasi silincer knalpot ini sangat mudah bro, siapkan saja unit part silincer knalpot Yamaha R25  dengan kode part 1WD-E4710-00 dan nama barang MUFFLER ASSY 1, yang bisa sobat dapatkan di dealer Yamaha dengan harga sekitar Rp 1.500.000 (sumber pertamax7.com). Tapi, dari narasumber membeli knalpot second copotan motor seharga Rp 900.000.

r25

pict credit : otomotifnet.com

Langkah kedua, pilih leher knalpot dengan panjang yang sesuai, agar tidak tidak terlalu panjang dan menyebabkan pemasangan silincer knalpot ke footstep belakang memperlukan braket tambahan. Untuk bahan knalpot bisa dipilih sesuai keinginan hati dan budget, mau galvanis, stainless steel ataupun titanium terserah sobat RPM 😀 . untuk motor ini menggunakan knalpot custom  seharga Rp 220.000 .

2

Jadi, total keseluruhan untuk mengkanibal silincer knalpot Yamaha R25 ke motor lain membutuhkan dana dari Rp 1.120.000 (jika second), atau bisa lebih dari Rp 1.700.000. Tergantung pada bagian leher mau menggunakan bahan yang apa, karena setiap bahan knalpot memiliki harga yang berbeda.

Nah, setelah pemasangan kita bahas performanya. Menurut om Indra, sebagai narasumber RPM. Performa yang dihasilkan dengan menggunakan silincer R25 ini tidak ada perubahan yang signifikan.

Malah, beliau merasa performanya sama saja dengan saat menggunakan knalpot original. Padahal, paling tidak akselerasi motor dapat meningkat, karena panjang knalpot (baik silincer ataupun leher) lebih pendek.

Memang, tujuan utama dari pemasangan silincer knalpot ini hanya untuk mengejar penampilan saja. Daripada menggunakan knalpot racing yang relatif lebih keras suaranya, dan tidak aman di saat operasi dari pihak kepolisian :mrgreen: . Tapi harus diakui, menggunakan silincer knalpot ini memang mendongkrak penampilan motor.

Untuk suara yang dihasilakan tidak jauh beda, apalagi saat idle, hampir sama dengan silincer original. Tapi, saat puataran menegah – atas ada sedikit perbedaan, yaitu lebih halus dan plong (mungkin karena digunakan pada motor dengan kubikasi lebih rendah CMIIW :mrgreen: ).

Untuk yang penasaran dengan suaranya bisa simak dengan video di bawah ini 😀 .

Last… Menggunakan silincer knalpot Yamaha R25 bisa menjadi opsi, untuk sobat yang ogah menggunakan knalpot racing, karena memang dapat mendongkrak penampilan motor. Harga memang tidak bohong :mrgreen: , mungkin sobat RPM ada yang kepengen ? . Sekian RPM mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat. – RPMSPEED – RPMSUPER.COM – PASANG KNALPOT YAMAHA R25 DI MOTOR –

Mini galery kanibalisasi silincer knalpot Yamaha R25

5

3

1

2

Narasumber : Indra Nugraha

 

Vote me on Voucher.id
Automotive Blogs Award 2017

11 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here